Baru Tetapkan 500 Komcad di Kalsel, Langsung Persiapkan Pembentukan 500 Komcad di Kaltim
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Tandyo Budi Revita memeriksa 500 Komcad yang baru saja melaksanakan upacara penetapan pada Rabu (11/9). (Biro Humas Setjen Kemhan)
23:16
11 September 2024

Baru Tetapkan 500 Komcad di Kalsel, Langsung Persiapkan Pembentukan 500 Komcad di Kaltim

- Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Tandyo Budi Revita menyampaikan bahwa dalam waktu dekat Komponen Cadangan (Komcad) di wilayah Kalimantan akan ditambah lagi.

Informasi tersebut dia sampaikan usai memimpin upacara penetapan Komcad di Lapangan Murjani, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Rabu (11/9). 

Jenderal bintang tiga TNI AD itu menyampaikan bahwa pembentukan Komcad tersebut sudah mulai dipersiapkan.

”Dua minggu setelah ini kami akan bentuk lagi kurang lebih 500 orang. Nanti tidak di Kalimantan Selatan, tapi di Kalimantan Timur,” ungkap Tandyo Budi. Dia memastikan bahwa pembentukan Komcad di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) itu dilakukan dengan tekad untuk mewujudkan Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). 

Menurut Tandyo Budi, Sishankamrata merupakan sistem pertahanan yang luar biasa.

”Sishankamrata ini bisa aplikatif, bisa memiliki deteran efek yang luar biasa, dan sewaktu-waktu kita tidak tahu ancaman itu datang, kita sudah siap,” terang dia. Sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, pembentukan dan penambahan Komcad dilakukan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan). 

Tandyo Budi mengakui bahwa keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi salah satu alasan bagi Kemhan untuk terus menambah Komcad di wilayah Kalimantan.

”Saat ini kenapa fokus di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, karena ada IKN di situ, tentunya menjadi salah satu prioritas untuk pembangunan tahun ini di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan,” bebernya. 

Bukan hanya menambah, Tandyo Budi menyampaikan bahwa Kemhan dan TNI juga akan menjaga kemampuan Komcad tersebut. Sehingga mereka tetap dalam keadaan siap saat dibutuhkan.

”Secara periodik dalam satu tahun itu ada dua kali pemeliharaan kemampuan,” imbuhnya. Pemeliharaan kemampuan itu mencakup keterampilan dasar dan keterampilan regu. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #baru #tetapkan #komcad #kalsel #langsung #persiapkan #pembentukan #komcad #kaltim

KOMENTAR