Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus Berlangsung Lancar, Uskup Agung Jakarta Haturkan Terima Kasih
Paus Fransiskus didampingi Uskup Agung Jakarta Ignasius Kardinal Suharyo, dan Ketua Konferensi Waligerea Indonesia Mgr Antonius Subianto Bunjamin saat melaksanakan audiensi di Gereja Katedral Jakarta, Rabu (4/9/2024). (Indonesia Papal Visit Committee/ Wisnu Widiantoro)
22:08
7 September 2024

Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus Berlangsung Lancar, Uskup Agung Jakarta Haturkan Terima Kasih

  - Empat hari kunjungan apostolik Paus Fransiskus di Indonesia berlangsung lancar. Semua agenda terlaksana dengan baik sesuai rencana. Sejak tiba di Jakarta pada Selasa (3/9), Paus Fransiskus langsung menghadiri sejumlah acara. Seluruhnya berlangsung aman tanpa gangguan hingga rangkaian acara tuntas dan Paus Fransiskus terbang meninggalkan Indonesia menuju Papua Nugini pada Jumat (6/9).

Karena itu, Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo menghaturkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia.  ”Karena ini peristiwa yang begitu mengesankan, kami khususnya dari Keuskupan Agung Jakarta, tetapi juga mewakili seluruh panitia penyambutan Paus, ingin menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih,” ungkap dia di kepada awak media di Jakarta pada Sabtu (7/9).

Menurut Kardinal Suharyo, itu yang paling penting. Sebab, kunjungan Paus Fransiskus tidak akan berjalan lancar tanpa bantuan masyarakat. ”Itu sebetulnya yang paling penting. Peristiwa ini sangat agung, peristiwa ini sangat bermakna dan dibalik itu semua pasti ada tokoh-tokoh, pemeran-pemeran yang memberikan yang paling baik, semuanya yang paling baik, sehingga pengalaman ini menjadi pengalaman kebersamaan, pengalaman iman, pengalaman kegembiraan,” kata dia. 

Walau tidak bisa menyebutkan satu per satu, Kardinal Suharyo secara langsung menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan seluruh jajaran menteri serta pimpinan lembaga, TNI dan Polri yang secara khusus menyiapkan pengamanan kunjungan apostolik Paus Fransiskus di Indonesia. ”Secara khusus mungkin nanti ada yang kelewatan, mohon maaf. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden,” kata dia.

Kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi momen bersejarah. Sebelum Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia awal bulan ini, terakhir kali pemimpin gereja Katolik dunia datang ke Indonesia pada 1989 silam. Tidak heran, kunjungan Paus Fransiskus mendapat sambutan hangat. Utamanya dari jemaat Katolik di Indonesia. Itu dibuktikan saat Misa Suci atau Misa Akbar di SUGBK, tidak kurang dari 86 ribu jemaat hadir dalam ibadah tersebut. (*)

 

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #kunjungan #apostolik #paus #fransiskus #berlangsung #lancar #uskup #agung #jakarta #haturkan #terima #kasih

KOMENTAR