Siapa Prathita Amanda Aryani? Dituding Pelaku Bullying di Undip, Trending di X
Ilustrasi dokter [shutterstock]
16:02
16 Agustus 2024

Siapa Prathita Amanda Aryani? Dituding Pelaku Bullying di Undip, Trending di X

Nama Prathita Amanda Aryani terpantau menjadi trending topic di X. Hingga berita ini dipublikasikan pada Jumat (16/8/2024), kata kunci Prathita Amanda Aryani sudah diperbincangkan lebih dari 6 ribu kali.

Berdasarkan penelusuran Suara.com, nama Prathita Amanda ramai dituding sebagai salah satu pelaku bullying di Universitas Diponegoro (Undip). Perguruan tinggi Semarang itu memang tengah menjadi sorotan usai kasus bunuh diri dokter muda mereka, Aulia Risma Lestari, saat menjalani PPDS Anestesi Undip di RS Kariadi.

Sebelumnya sosok Aulia Risma Lestari diduga bunuh diri akibat mengalami kasus perundungan. Kendati demikian, kasus kematian Aulia Risma memang masih dalam investigasi, khususnya terkait dugaan bullying.

Dokter muda Universitas Diponegoro (Undip) diduga bunuh diri. (X)Dokter muda Universitas Diponegoro (Undip) diduga bunuh diri. (X)

Kini, gantian nama Prathita Amanda Aryani yang menjadi perbincangan. Sosoknya memang tidak berkaitan dengan kasus Aulia Risma. Ia juga tidak melakukan bullying terhadap Aulia Risma.

Baca Juga: 4 Pesan Dokter Anak Soal Ajarkan Bayi Berenang, Memangnya Aman?

Namun ternyata, Prathita Amanda diduga melakukan perundungan kepada mahasiswa PPDS Bedah di Undip. Ia juga disebut-sebut menjabat sebagai Chief Bedah.

Kasus dugaan perundungan oleh Prathita Amanda ini diungkap oleh sejumlah akun di X. Mereka membagikan ulang tangkapan layar status Instagram Story sang dokter yang dinilai menyelepekan kasus bunuh diri Aulia Risma Lestari.

"Please gak usah ikut berpendapat orang-orang yang tidak langsung terlibat. Wong aku aja yang udah lama ya masih semangat menjalani hari-hari kok. Kalau memang gak tahu isinya seperti apa, ya gak usah koar-koar di IG Story. Kan bukan elu yang jalanin," tulis sosok diduga Prathita Amanda dalam tangkapan layar yang viral.

"Jadi kesel sendiri sama netizen yang memperkeruh suasana dengan opini-opini mereka dan baca berita-barita yang melebih-lebihkan di internet," sambungnya.

Sosok Prathita Amanda Aryani yang trending di X karena dugaan perundungan (X)Sosok Prathita Amanda Aryani yang trending di X karena dugaan perundungan (X)

Selain Instagram Story, warganet juga membagikan bukti berupa tangkapan layar percakapan grup WhatsApp. Dalam grup percakapan itu, Prathita Amanda diduga melakukan perundungan ke mahasiswa PPDS dengan memaksa mereka makan 5 bungkus nasi padang.

Baca Juga: Kasus Bunuh Diri Dokter Muda Undip: Apa yang Harus Diketahui Tentang Stres di Profesi Medis?

Tak sampai di situ, dokter senior itu juga menyuruh mahasiswa PPDS untuk merekam video mukbang nasi padang. Ia juga memerintahkan korban agar membagikan hasil video di grup WA tersebut.

"Nasi padang 1 utuh. Lauk: sayur nangka, telur bulat, ayam pop. Jumlah 5 bungkus per orang. Share video kalian lagi makan itu 5 bungkus per orang di sini jam 14.00 WIB. Mengerti?" perintah nomor dengan tulisan nama dr. Prathita Amanda Aryani tersebut.

Dalam kesempatan lain, nomor dengan tulisan nama dr. Prathita Amanda Aryani itu juga memaki sejumlah mahasiswa PPDS di grup WA.

"Sampah kalian. Kerja gak becus. Your competence are not even half of us! For fuck sake, idiot," tulisnya.

Sosok Prathita Amanda Aryani yang trending di X karena dugaan perundungan (X)Sosok Prathita Amanda Aryani yang trending di X karena dugaan perundungan (X)

Sontak bukti-bukti yang viral di medsos itu memicu kemarahan warganet. Nama Prathita Amanda Aryani pun langsung menduduki jajaran trending topic, serta ramai mendapat kecaman.

"Opini jelek, wawasan jelek, attitude jelek, badan jelek. Kok bisa dokter profesi yang mulia dimiliki oleh orang yang jauh dari keprofesiannya," kecam warganet.

"Orang pinter bukannya mikir gimana caranya mutus lingkaran setan, malah ikut jadi setannya. Para perundung semoga membusuk di neraka!" kecam warganet lainnya.

"Buset orang berpendidikan tinggi tapi hati nuraninya gak ada, padahal mereka ni ya jadi dokter, yang orang pandang bisa bantu nyembuhin penyakit dan jasanya gede banget, tapi kok kelakuannya kek iblis," kritik warganet.

"Waduh emang pendidikan tinggi engga menjamin lho ya, padahal kedokteran UNDIP pula? Salah satu yang terbaik walah dalah," komentar warganet.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #siapa #prathita #amanda #aryani #dituding #pelaku #bullying #undip #trending

KOMENTAR