Angkat Keindahan Warisan Budaya, The Palace Jeweler dan Samuel Wattimena Luncurkan Buku “Nusantara”
The Palace Jeweller Luncurkan Buku ''Nusantara'' 
16:45
9 Agustus 2024

Angkat Keindahan Warisan Budaya, The Palace Jeweler dan Samuel Wattimena Luncurkan Buku “Nusantara”

- The Palace Jeweler, bersama dengan maestro fashion ternama Samuel Wattimena, dengan bangga mempersembahkan buku “Nusantara”. Buku ini merupakan buah dari kolaborasi panjang kedua pihak dalam melestarikan dan mengangkat keindahan warisan budaya Indonesia melalui perhiasan.

Selain menceritakan ragam perhiasan koleksi Nusantara, buku “Nusantara” menyajikan kisah inspiratif para perempuan Indonesia yang telah berkontribusi dalam berbagai bidang. Melalui buku ini, The Palace Jeweler dan Samuel Wattimena ingin mengajak masyarakat untuk lebih menghargai kekayaan budaya Indonesia dan peran penting perempuan dalam memajukan bangsa. Buku ini juga memperlihatkan keindahan serta diversitas dari koleksi perhiasan Nusantara yang dikenakan oleh tokoh-tokoh perempuan inspiratif, yang mana menyampaikan sebuah pesan bahwa perhiasan yang diadaptasi dari siluet-siluet perhiasan kuno Indonesia dapat ditampilkan secara modern dan relevan oleh perempuan dengan latar belakang profesi serta preferensi gaya yang beragam.

Sebelumnya, The Palace Jeweler bersama dengan Samuel Wattimena menciptakan koleksi perhiasan Nusantara yang perjalanannya dimulai sejak tahun 2015. Koleksi perhiasan Nusantara tidak hanya menjadi sebuah koleksi perhiasan yang cantik dan berkualitas tinggi, namun juga bukti dari komitmen The Palace Jeweler bersama dengan Samuel Wattimena dalam melestarikan budaya Indonesia melalui perhiasan. The Palace Jeweler kembali menorehkan sejarah. Kali ini dalam ranah edukasi dan pemberdayaan masyarakat Indonesia. Terbukti melalui buku Nusantara yang disusun bersama Samuel Wattimena yang menampilkan profil-profil perempuan inspiratif Indonesia yang mengenakan perhiasan koleksi Nusantara, hasil kolaborasi The Palace Jeweler dengan Samuel Wattimena.

Jelita Setifa selaku General Manager The Palace Jeweler mengungkapkan, “Melalui buku Nusantara kolaborasi The Palace Jeweler dan Samuel Wattimena ini, kami ingin membagikan cerita-cerita pelestarian perhiasan Nusantara serta cerita perempuan-perempuan inspiratif Indonesia, sebuah perjalanan menembus rentang masa, demi melestarikan perhiasan juga budaya Indonesia”.

“The Palace Jeweler sendiri merupakan sebuah brand yang selalu konsisten dalam berinovasi, baik dalam ranah pengembangan konsep serta bisnis ritel yang semakin efisien dan mutakhir, hingga dalam desain-desain serta material perhiasan yang semakin mengedepankan keterlengkapan, keterjangkauan, serta keterjaminan sesuai dengan konsep kami yang adalah 3T “Therlengkap, Therjangkau, Therjamin”. Buku Nusantara ini juga merangkum kiprah The Palace Jeweler dalam terus mempertahankan konsep 3T ini dari tahun ke tahun.”

Sementara itu, Samuel Wattimena, perancang busana dan kolaborator dari koleksi perhiasan Nusantara serta buku Nusantara mengatakan, “Perjalanan saya bersama dengan The Palace Jeweler dimulai dari tahun 2015. Sebuah perjalanan yang sangat luar biasa. The Palace Jeweler-lah yang berhasil mewujudkan visi kreatif saya mengenai bagaimana perhiasan Indonesia itu harus dipresentasikan serta didokumentasi. Bahwa desain warisan budaya Nusantara dapat diadaptasi menjadi modern dan relevan, sesuai tema kita hari ini, Perjalanan Menembus Rentang Masa.”

Ditemui dalam konferensi pers dari peluncuran buku Nusantara, Ni Made Ayu Marthini selaku Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) mengatakan, “Selamat atas launching buku Nusantara dari The Palace dan Samuel Wattimena. Kami dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI tentu sangat bangga bahwa ada satu peluncuran buku, yang menampilkan 21 tokoh wanita inspiratif Indonesia yang direfleksikan di sini. Hal-hal ini diperlukan bagi bangsa ini. Karya, inovasi. Kreasi, kolaborasi. Sangat penting dan harus, tanpa itu tidak mungkin menghasilkan kreasi baru. Semoga buku ini bisa menginspirasi semua orang untuk memajukan Indonesia. Semoga juga bersama-sama kita semua menjadi semakin mengenal budaya Indonesia, mungkin bisa semakin menarik orang-orang untuk mengunjungi parts of Indonesia. Jangan keluar negeri saja, tapi juga ke Indonesia.”

Andien Aisyah, musisi dan salah satu dari 21 perempuan inspiratif yang kisah dan profilnya ada di dalam buku Nusantara memberikan opininya, “Aku merasa kerja sama dengan The Palace Jeweler ini seperti berjodoh, The Palace Jeweler memiliki visi, nilai-nilai yang jelas, yang juga merupakan interest-ku. Kebetulan aku juga cinta sekali dengan budaya, dan sebagai perempuan cinta sekali dengan perhiasan, aku kemana-mana selalu berusaha untuk menyisipkan sesuatu yang ada ke-Indonesia-annya. Aku senang dan bangga sekali bisa menjadi salah satu dari 21 perempuan yang ada di dalam buku Nusantara. Buku Nusantara ini bukan hanya sekadar buku, tapi ini adalah buku yang serius, konten-kontennya dalam sekali, dengan foto-foto yang digarap begitu serius, dan menceritakan begitu detail. Ini adalah yang pertama kali terjadi di Indonesia ini. Aku berharap, semoga ketika seseorang itu membaca buku ini, bisa menjadi inspirasi bagi perjalanannya, dan menerapkan dalam kehidupannya. Aku berharap buku ini bisa menginspirasi sesama.”

Begitu juga halnya dengan Putri Tanjung, seorang creativepreneur dan juga satu dari perempuan inspiratif dari buku Nusantara ini berkata, “Aku selalu cinta sekali dengan budaya Indonesia dan senang sekali ketika bentuk kecintaan pada budaya Indonesia ini bentuknya bermacam-macam, yang mana untuk kali ini, ada bentuk buku dan ada jewelry-nya. Secara pribadi, aku juga selalu ingin ada identitas Indonesia yang menempel di diriku, yang terlihat. Karena aku biasa meeting memakai blazer, hal itu aku wujudkan dengan memakai perhiasan yang ada aksen Indonesianya.”

“Aku merasa bangga bisa berada di dalam buku ini. Semoga karya dari The Palace dan Pak Samuel bisa menginspirasi lebih banyak anak-anak muda, terutama teman-teman di industri kreatif. Sekarang banyak sekali local designer, anak-anak muda yang juga ingin bisa melestarikan budaya Indonesia. Semoga buku ini juga bisa menjadi inspirasi dan dorongan

untuk mereka. Aku ikut bangga, ingin ikut support buku ini, karena dari semua perempuan inspiratif yang ada di dalam buku, ceritanya berbeda-beda sekali, industrinya pun berbeda-beda. Jadi memberikan inspirasi yang sangat unik, di mana 21 perempuan ini punya privilege masing-masing, dengan timeline-nya masing-masing, dengan background yang sangat berbeda. Ini membuatku menjadi semakin bangga menjadi satu di antara mereka,” ujarnya lagi.

Perjalanan Menembus Rentang Masa

“Perjalanan menembus rentang masa” merupakan tema dari campaign Nusantara di tahun 2024 ini, yang menitikberatkan pada proses yang dijalani The Palace Jeweler bersama Samuel Wattimena dalam mempertahankan komitmennya untuk memberikan sumbangsih bukan hanya bagi industri perhiasan Indonesia namun juga bagi pemberdayaan insan-insan kreatif di Indonesia.

Komitmen tersebut terus berjalan secara konsisten melalui proses riset yang panjang dan menghasilkan karya perhiasan terinspirasi dari siluet-siluet perhiasan kuno dan diadaptasikan menjadi sesuatu karya perhiasan yang modern serta relevan, dengan tren dari masa ke masa. Hal ini juga didukung oleh inovasi teknologi serta inovasi desain yang dimiliki oleh The Palace Jeweler.

Tidak hanya menampilkan koleksi perhiasan Nusantara yang memukau, tetapi buku ini juga menyoroti proses kreatif di balik setiap desain. Dengan menggabungkan estetika tradisional dengan sentuhan modern, koleksi Nusantara berhasil menginspirasi banyak orang dan menjadi ikon perhiasan Indonesia.

Mengangkat 21 Perempuan Inspiratif dengan Tujuan Mulia

Buku ini tidak hanya sekadar memamerkan keindahan visual. Lebih dari itu, "Nusantara" ingin menginspirasi kita untuk terus berkarya dan berinovasi. Buku “Nusantara” menampilkan profil 21 perempuan inspiratif dari berbagai latar belakang. Mereka adalah para inovator, pemimpin, seniman, dan tokoh masyarakat yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi Indonesia. Mereka telah membuktikan bahwa tidak ada batasan bagi perempuan untuk meraih mimpi-mimpi mereka. Kisah-kisah mereka menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus berkarya dan berinovasi. 21 perempuan inspiratif tersebut terdiri dari:

-  Andien Aisyah

-  Angkie Yudistia

-  Du’anyam (Azalea Ayuningtyas, Hanna Keraf, dan Melia Winata)

-  Farwizah Farhan

-  Irma Hardisurya

-  Kamila Andini

-  Margie Segers

-  Mien Uno

-  Minarni Tanu

-  Okky Asokawati

-  Putri Tanjung

-  Rosiana Silalahi

-  Soimah Pancawati

-  Titi DJ

-  Vannie Astecat

-  Vera Ongko

-  Widyawati

-  Wiendu Nuryanti

-  Windy Setiadi

Melalui buku "Nusantara", The Palace Jeweler dan Samuel Wattimena mengajak kita semua untuk menjadi bagian dari gerakan pelestarian warisan budaya Indonesia. Dengan mendukung karya-karya anak bangsa dan menghargai keindahan yang ada di sekitar kita, kita telah ikut serta dalam menjaga kelestarian budaya Indonesia untuk generasi mendatang.

Kolaborasi The Palace x Samuel Wattimena

The Palace Jeweler sebagai “The National Jeweler” yang telah berkarya selama lebih dari 50 tahun selalu berupaya memberikan edukasi mengenai perhiasan emas dan berlian kepada masyarakat Indonesia. Buku bertajuk Nusantara ini memuat kisah mengenai koleksi perhiasan Nusantara, dan profil-profil tokoh perempuan di ranah internasional. Buku ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan memberikan pendalaman yang lebih menyeluruh mengenai industri perhiasan, karya perhiasan, serta pemberdayaan perempuan yang diharapkan dapat menyentuh masyarakat Indonesia.

Peluncuran buku Nusantara ini menunjukkan bahwa The Palace Jeweler terus berkembang dan berupaya untuk melestarikan kriya Indonesia. Peluncuran buku Nusantara yang diselenggarakan pada 8 Agustus 2024 ini dimeriahkan dengan acara fashion show dan mini exhibition. Informasi lebih lanjut mengenai gerai The Palace Jeweler dapat diakses melalui website www.thepalacejeweler.com. Update terkini mengenai ragam koleksi perhiasan dan event yang diselenggarakan oleh The Palace Jeweler tersedia di akun Instagram resmi The Palace Jeweler dan akun Tiktok @thepalacejeweler.

Editor: Sponsored Content <%2

Tag:  #angkat #keindahan #warisan #budaya #palace #jeweler #samuel #wattimena #luncurkan #buku #nusantara

KOMENTAR