Detik-detik Keanu Serahkan Hak Wali Nikah ke Mudjie Massaid Meski Sudah Balig, Ternyata Ini Alasannya
Keanu Massaid serahkan hak wali nikah untuk Aaliyah Massaid ke Mudjie Massaid. (YouTube/Keema Entertainment)
13:09
27 Juli 2024

Detik-detik Keanu Serahkan Hak Wali Nikah ke Mudjie Massaid Meski Sudah Balig, Ternyata Ini Alasannya

Adik kandung almarhum Adjie Massaid, Mudjie Massaid, menjadi wali nikah ketika Aaliyah Massaid resmi diperistri Thariq Halilintar pada Jumat (26/7/2024). Aaliyah diketahui telah dinikahi Thariq dengan mas kawin berupa uang tunai senilai Rp26.072.024.

“Ananda Muhammad Thariq Attamimi bin Halilintar Anofial Asmid, saya nikahkan dan saya kawinkan anak dari almarhum kakak saya, Aaliyah Annisa Jeffar Massaid binti Raden Pandji Chandra Pratomo Samiadji Massaid, dengan mas kawin uang tunai Rp26.072.024, tunai,” ujar Mudjie di Hotel Raffles, Jakarta.

Kekinian terungkap bahwa Mudjie bukanlah pilihan pertama untuk menjadi wali nikah Aaliyah. Ternyata Keanu Massaid yang merupakan adik Aaliyah lah yang semestinya menjadi wali nikah untuk sang kakak.

Momen Haru Akad Nikah Thariq dan Aaliyah (YouTube Thariq Halilintar)Momen Haru Akad Nikah Thariq dan Aaliyah (YouTube Thariq Halilintar)


Namun kewenangan menjadi wali nikah itu diserahkan Keanu kepada Mudjie, sebagaimana tergambar di tayangan akun TikTok milik Angelina Sondakh. Proses serah terima itu dilakukan Keanu dan Mudije di hadapan Penghulu KUA Setiabudi, Nasrullah.

Baca Juga: Arti Mitos Curi Melati Pengantin Seperti yang Dilakukan Alyssa Daguise - Al Ghazali


“Karena secara syariat saudari Aaliyah Massaid masih punya adik sebapak yang bernama Keanu, dan ketika seseorang sudah balig maka dia berhak menjadi wali. Kemarin saya sudah nanya, dia sudah balig, maka dia berhak menjadi wali,” tutur Nasrullah, dikutip pada Sabtu (27/7/2024).

Dari penjelasan itu terungkap bahwa Keanu lah yang semestinya menjadi wali nikah Aaliyah, sebagaimana diajarkan dalam agama Islam. Lantas apa alasan Keanu akhirnya menyerahkan hak tersebut kepada Mudjie?

“Cuma karena keluarga menginginkan bahwa yang menjadi wali kan omnya, oleh karena itu nanti dari Keanu menyerahkan ke Bapak (Mudjie) secara syariat,” terang Nasrullah.


Sang penghulu lalu menuntun keluarga Aaliyah untuk membaca Surat Al Fatihah. Terdengar lantunan merdu dan fasih milik Angie, sebelum Nasrullah memimpin jalannya proses serah terima kewenangan sebagai wali nikah antara Keanu dan Mudjie.

“Keanu jabat tangan, menghadapnya ke Om,” ujar Nasrullah lalu mulai menuntun Keanu untuk menyerahkan haknya sebagai wali nikah kepada Mudjie.

Baca Juga: Buktikan Hubungan Baik, Fadly Faisal Peluk dan Joget di Nikahan Thariq Halilintar

“Om Mudjie, saya berwakil kepada Om untuk menikahkan kakak saya yang bernama Aaliyah Massaid binti almarhum Bapak Chandra Pratomo Samiadji Massaid dengan mas kawin uang sebesar Rp26.072.024. Saya ikhlas, saya ridho, berwakil kepada Om Mudjie,” kata Keanu sebagaimana tuntunan Nasrullah.

Ucapan ini pun dibalas oleh Mudjie, “Saya terima perwakilan Keanu untuk menikahkan Aaliyah Massaid.”

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #detik #detik #keanu #serahkan #wali #nikah #mudjie #massaid #meski #sudah #balig #ternyata #alasannya

KOMENTAR