Lagi Jadi Perbincangan Hangat di Media Sosial, Kenapa Roti Aoka Tahan Lama?
Ilustrasi Roti Aoka. (Tokopedia)
11:42
22 Juli 2024

Lagi Jadi Perbincangan Hangat di Media Sosial, Kenapa Roti Aoka Tahan Lama?

Roti Aoka tengah viral di kalangan masyarakat karena harganya murah, rasanya enak, dan tersedia dalam berbagai varian rasanya. Bahkan, roti Aoka juga cenderung tahan lama dibandingkan roti lain sejenis. Lantas, kenapa roti Aoka tahan lama? Berikut ini penjelasannya.

Diketahui bahwa roti Aoka merupakan jenis roti panggang. Selain viral, roti ini juga tengah jadi perbincangan hangat di media sosial lantaran umur simpannya yang bisa tahan lebih lama dibandingkan roti lainnya yang hanya tahan beberapa hari.

Hal ini pun mengundang pertanyaan, kenapa roti Aoka tahan lama dibandingkan roti-roti pada umumnya? Nah, untuk mengetahuinya, mari simak berikut ini penjelasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

Kenapa Roti Aoka Tahan Lama?

Baca Juga: Viral PNS Beli Bensin Cuma Rp10 Ribu, Pertamina: Jangan Becanda di SPBU

Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa roti Aoka tahan lama sampai berbulan-bulan dibanding roti-roti lainnya. Untuk ketahanannya ini bisa dilihat dari kandungan yang ada di dalam roti Aoka.

Pada kemasan roti Aoka, tertulis bahwa roti ini mengandung bahan seperti kalium sorbat dan kalsium propionat. Selain itu, ada juga askorbil palmitat, asam askorbat, tekoferol, TBHQ, BHA, dan BHT, yang mana zat-zat ini sebagai antioksidan.

Ada juga kandungan lainnya yaitu sorbitol, gliserol dan mono serta digliserida. Zat-zat ini bukan pengawet, namun zat ini memiliki fungsi mampu membuat roti bisa lebih tahan lama masa penggunaannya.

Bahan-bahan di atas memang banyak juga digunakan oleh roti-roti lainnya, hanya saja mungkin takarannya penggunaannya berbeda-beda. Ada brand yang memakainya dalam takaran maksimum, sedang, atau minimum. Takarannya inilah yang bisa mempengaruhi seberapa lama roti bisa awet.

Jika diperhatikan, kemasan roti Aoka ini juga sepertinya tampak sedikit menggelembung karena dibuat kedap udara. Kemasan roti ini sepertinya diinjeksi menggunakan gas nitrogen seperti pada snack, dan kemudian dipres.

Baca Juga: Profil Roti Aoka, Diterpa Isu Bahan Pengawet Berbahaya Gegara Kuat Tahan Lama

Cara pengemasan seperti ini membuat makanan dalam kemasan  tidak terkena udara bebas yang yang dapat memicu oksidasi makanan dan tumbuhnya jamur. Dalam kondisi normal, roti akan mulai berjamur jika sudah lebih dari seminggu.

Mungkin karena kombinasi kandungan bahan yang digunakan serta teknik pengolahannya yang tepat, serta teknik pengemasannya yang sesuai inilah sehingga membuat roti Aoka lebih tahan lama diibanding roti-roti pada umumnya,

Mengenai isu roti Aoka menggunakan bahan pengawet kosmetik seperti yang sedang ramai di media sosial, pihak roti Aoka sendiri sudah buka suara. Mereka menyampaikan bahwa roti Aoka aman dan sudah melalui pengujian BPOM dan sudah dapat izin edar.

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Vania Rossa

Tag:  #lagi #jadi #perbincangan #hangat #media #sosial #kenapa #roti #aoka #tahan #lama

KOMENTAR