Aaliyah Massaid Pilih Busana Adat Koto Gadang untuk Prewedding, Ternyata Punya Makna Spiritual yang Indah
Potret Prewedding Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar (Instagram/@thariqhalilintar)
15:16
17 Juli 2024

Aaliyah Massaid Pilih Busana Adat Koto Gadang untuk Prewedding, Ternyata Punya Makna Spiritual yang Indah

Pernikahan Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar sudah semakin dekat. Keduanya baru saja membagikan video prewedding berkonsep tradisional yang penuh makna.

Selain mengenakan adat Jawa, Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid terlihat tampil mempesona dalam balutan busana adat Minang Koto Gadang berwarna silver. 

Koto Gadang sendiri adalah sebuah nagari yang berada di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Busana adat satu ini memang kerap dipilih banyak selebriti, baik untuk prewedding hingga menikah.

Sebab, berbeda dengan busana adat Minang yang menggunakan suntiang, wanita Koto Gadang tampil anggun dengan tinkuluak tilakuang, yakni kain segiempat yang dikenakan di kepala.

Baca Juga: 10 Potret Prewedding Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar yang Estetik, Lokasinya di Keraton Solo Hingga Gurun Pasir

Terlihat, Aaliyah Massaid memadukannya dengan baju kurung tertutup dan kain songket silver yang begitu indah dalam kesempatan tersebut. 

Bagi masyarakat Minang, tingkuluak talakuang bukan sekedar kain atau aksesoris yang menghiasi kepala Anak Daro (julukan bagi pengantin wanita Minang), tetapi juga mempunyai makna filosofis yang mendalam. 

Dalam penggunaan bahasa Minang tingkuluak berarti penutup kepala, sedangkan talakuang adalah mukena yang dipakai oleh seorang wanita muslim untuk salat. Penggunaan tingkuluak talakuang menandakan bahwa masyarakat Minangkabau sangat menjunjung tinggi agama Islam.

Sebab, sebuah falsafah Minang terkenal mengatakan bahwa “Adaik basandi syarak, syarak basandi Kitabullah” yang memiliki makna bahwa adat yang diterapkan di dalam masyarakat haruslah berpegangan pada syariat Islam.

Karena itulah, baju kurung yang dikenakan pun tampak longgar dan tidak membentuk lekuk badan. Aturan ini tidak hanya diterapkan pada kegiatan biasa, tetapi juga diterapkan pada pesta pernikahan, yang membuat baju pengantin Koto Gadang didesain dengan bentuk yang besar dan tidak membentuk tubuh pengantin.

Baca Juga: Perbandingan Prewedding Aaliyah vs Aurel Hermansyah, Sesama Pakai Adat Minang tapi Beda Penampakan

Tentu saja penampilan memukau Aaliyah Massaid ini menjadi perhatian hingga pujian dari netizen yang melihatnya. Siapa sangka, gadis berdarah Jawa, tetap mempesona dalam balutan busana adat Minang.

"Wei cakep banget astaga dragon," kata @tya****.

"MasyaAllah Aal cantik banget. Lancar-lancar ya kalian," tambah @ira****.

"MasyaAllah Aal si gadis Jawa cantik banget dipakein Koto Gadang," ungkap @aal*****.

"Baru kali ini liat prewed di luar nalar begini best banget perpaduan Padang sama Jawa keren," ujar @sel****.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #aaliyah #massaid #pilih #busana #adat #koto #gadang #untuk #prewedding #ternyata #punya #makna #spiritual #yang #indah

KOMENTAR