Bacaan Zikir dan Doa Asyura Lengkap: Amalkan Usai Salat Subuh dan Magrib Tanggal 10 Muharam
ilustrasi Tahun Baru Islam 1 Muharam - 10 amalan 1 Muharam (Freepik)
10:08
11 Juli 2024

Bacaan Zikir dan Doa Asyura Lengkap: Amalkan Usai Salat Subuh dan Magrib Tanggal 10 Muharam

Hari Asyura merupakan hari kesepuluh Bulan Muharam dalam penanggalan Hijriah. Hari tersebut termasuk yang istimewa bagi umat Muslim.

Banyak peristiwa penting yang terjadi di Hari Asyura, mulai dari diterimanya taubat Nabi Adam AS, Nabi Nuh berlabuh di bukit Zuhdi usai banjir bandang, hingga selamatnya Nabi Ibrahim AS dari api yang membakarnya.

Begitu istimewanya Hari Asyura, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sunah. Banyak amalan yang bisa dilakukan. Hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa'i, Ibnu Majah, dan Ahmad menuturkan amalan yang bisa dilakukan.

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

Baca Juga: Bacaan Sholat Muhammadiyah Lengkap: Arti dan Panduan Praktis

Artinya: "Sebaik-baik puasa setelah bulan Ramadan adalah puasa bulan Muharram dan sebaik-baik salat setelah salat wajib adalah salat malam." (HR Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa'i, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Berikut ini niat puasa Asyura:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati 'Asyura lillahi ta'ala

Artinya: "Saya berniat puasa sunnah Asyura karena Allah Lillahi ta'ala."

Baca Juga: Amalan Malam 1 Muharram 1446 H: Bacalah Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriah

Selain puasa dan salat malam, ada amalan yang juga dianjurkan diamalkan, yakni zikir dan doa Asyura.

Pondok Pesantren (Ponpes) Asy Salafiah memberikan zikir dan doa yang bisa diamalkan di Hari Asyura. Berikut ini bacaannya:

(70x) حَسْبُنَااللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

سُبْحَانَ اللَّهِ مِلْءَالْمِيْزَانِ وَمُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَاوَزِنَةَالْعَرْشِ
لاَمَلْجَأَ وَلاَمَنْجَأَ مِنَ اللَّهِ اِلاَّ اِلَيْهِ سُبْحَانَ اللَّهِ عَدَدَالشَّفْعِ وَالْوِتْرِ
وَعَدَدَكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ كُلِّهَانَسْأَلُكَ السَّلاَمَةَبِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَاِلاَّبِاللَّهِ الْعَلِىِّ الْعَظِيْمِ
وَهُوَحَسْبُنَ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ
وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

“Hasbunallahu wani’mal wakiilu ni’mal maulaa wani’man nashiiru Subhanallahi mil-al miizaani wa muntahal ‘ilmi wa mablaghar ridhaa wazinatal ‘arsyi Laa malja-a walaa manja-a minallahi illa ilaihi subhaanallahi ‘adadasy syaf’ir wal witri Wa ‘adada kalimaatillahittaammaati kulliha nas-alukas salaamata birahmatika yaa arhamar raahimina Walaa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhiimi Wa huwa hasbuna wa ni’mal wakiilu ni’mal maulaa wa ni’man nashiiru Wa shallalahu ‘alaa sayyidina muhammadin wa ‘alaa aalihi washahbihii wasallam”

Artinya: “Cukuplah Allah menjadi sandaran kami, dan Dia sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik kekasih, dan sebaik-baik Penolong. Maha Suci Allah sepenuh timbangan, sesempurna ilmu, sepenuh keridhaan dan timbangan ‘arsy. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari Allah, kecuali hanya kepada-Nya. Maha Suci Allah sebanyak bilangan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat Allah yang sempurna, kami memohon keselamatan dengan rahmat-Mu wahai Dzat Yang Paling Penyayang diantara semua yang penyayang. Dan tiada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan Dialah yang mencukupi kami, sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik kekasih, dan sebaik-baik Penolong. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad, teriring keluarga dan sahabat beliau.”

Amalan tersebut bisa dibaca setelah Salat Subuh dan Magrib pada hari Asyura atau 10 Muharam.

Bacaan zikir dan doa Asyura. [Instagram/PP Salafiyah Pasuruan] Bacaan zikir dan doa Asyura. [Instagram/PP Salafiyah Pasuruan]

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #bacaan #zikir #asyura #lengkap #amalkan #usai #salat #subuh #magrib #tanggal #muharam

KOMENTAR