Cek Weton Tulang Wangi 1 Suro, Apakah Kamu Pemilik Weton Ini? Jangan Keluar di Malam Sakral!
Cek Weton Tulang Wangi 1 Suro, Apakah Kamu Pemilik Weton Ini? Jangan Keluar di Malam Sakral! (freepik)
15:50
5 Juli 2024

Cek Weton Tulang Wangi 1 Suro, Apakah Kamu Pemilik Weton Ini? Jangan Keluar di Malam Sakral!

Malam 1 Suro bertepatan dengan peringatan Malam 1 Muharram dalam penanggalan Islam. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, Malam 1 Suro memiliki daya mistis tersendiri terkait dengan weton atau hari kelahiran seseorang. Cek weton tulang wangi 1 Suro di sini dan ketahui lebih jauh.

Mengenal Weton Tulang Wangi

Weton tulang wangi merujuk pada orang-orang yang lahir pada hari tertentu sesuai penanggalan kalender Jawa, dan dipercaya memiliki kemampuan khusus pada dunia gaib. Orang-orang ini dinilai peka dan punya daya tarik besar pada makhluk halus, sehingga bisa merasakan keberadaan makhluk tak kasat mata ini.

Beberapa hari lahir yang masuk dalam kategori weton tulang wangi sendiri adalah sebagai berikut:

  • Senin Kliwon
  • Senin Wage
  • Selasa Legi
  • Rabu Pahing
  • Rabu Kliwon
  • Kamis Wage
  • Minggu Pon
  • Minggu Kliwon
  • Senin Pahing
  • Sabtu Wage
  • Sabtu Legi

Penetapan hari ini juga memiliki dasar perhitungan yang jelas, sehingga setiap orang dapat mengetahui benar weton yang dimiliki dan termasuk dalam golongan apa weton yang mereka miliki ini sesuai dengan kepercayaan kuno orang Jawa.

Baca Juga: Malam 1 Suro vs 1 Muharram: Sama Tanggal Beda Tradisi, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Bagaimana Cara Hitung Weton?

Untuk menghitung weton sendiri ada acuan yang digunakan oleh masyarakat Jawa. Weton dibuat berdasarkan dar Saptawara, yakni tujuh hari dalam seminggu. Weton juga mempertimbangkan Pasaran, yakni lima hari yang ada di kalender Jawa.

Untuk Saptawara, masing-masing hari memiliki nilai angka yang berbeda. Senin memiliki nilai 4, Selasa memiliki nilai 3, Rabu memiliki nilai 7, Kamis memiliki nilai 8, Jumat memiliki nilai 6, Sabtu memiliki nilai 9, dan minggu memiliki nilai 5.

Sedangkan untuk Pasaran, Lebih memiliki nilai 5, Pahing memiliki nilai 9, Pon memiliki nilai 7, Wage memiliki nilai 4, dan Kliwon memiliki nilai 8.

Nantinya perpaduan Saptawara dan Pasaran dijumlahkan, kemudian hasilnya dilihat pada daftar yang telah tersedia. Beberapa jenis acuan terdapat pada kepercayaan Jawa untuk mengetahui berbagai hal terkait hari kelahiran ini.

Pantangan Weton Tulang Wangi di Malam 1 Suro

Masih menurut kepercayaan Jawa, orang dengan weton tulang wangi ini memiliki beberapa pantangan di Malam 1 Suro. Beberapa diantaranya adalah menikah, berbicara buruk, keluar rumah saat malam tiba, menggigit bibir, dan pindahan rumah atau renovasi.

Baca Juga: Cek Wetonmu! Apakah Kamu Termasuk Pemilik 11 Weton yang Dilarang Keluar di Malam 1 Suro?

Dipercaya hal-hal di atas akan membawa kesialan pada pemilik weton ini.

Itu tadi sekilas tentang  cek weton tulang wangi 1 Suro, mengenai cara menghitung dan pantangan apa saja yang tidak boleh dilakukan. Semoga berguna.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #weton #tulang #wangi #suro #apakah #kamu #pemilik #weton #jangan #keluar #malam #sakral

KOMENTAR