Contoh Khutbah Jumat Tahun Baru Islam, Mengingatkan Pentingnya Puasa di Bulan Muharram
Ilustrasi Khutbah Jumat Tahun Baru Islam ( Freepik)
21:08
3 Juli 2024

Contoh Khutbah Jumat Tahun Baru Islam, Mengingatkan Pentingnya Puasa di Bulan Muharram

Tahun baru selalu menjadi momen yang dinantikan oleh berbagai kalangan. Di dalam kalender Islam, peringatan tahun baru memberikan kesempatan bagi setiap muslim untuk merayakan dengan berbagai kegiatan ibadah dan perenungan diri. Salah satunya dengan mendengarkan khutbah jumat Tahun Baru Islam.

Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 yang diterbitkan oleh Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI, Tahun Baru Islam 1446 Hijriah atau 1 Muharam jatuh pada hari Minggu, 7 Juli 2024.

Memasuki tahun baru berdasarkan kalender Islam, setiap individu dapat melakukan introspeksi diri sekaligus memperkuat keimanan dan ketakwaan. Kalender Hijriah atau Kalender Islam terdiri dari 12 bulan, yaitu Muharam, Safar, Rabiul Awal, dan Rabiul Akhir.

Kemudian dilanjutkan dengan Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya'ban, dan Ramadan. Setelah itu ada bulan Syawal, Zulkaidah, dan Zulhijah. Berikut ini ada contoh khutbah Jumat Tahun Baru Islam yang bisa dijadikan referensi. 

Baca Juga: 25 Ucapan dan Poster Tahun Baru Hijriyah, Siap Pakai Langsung Upload di Media Sosial

Contoh Khutbah Jumat Tahun Baru Islam 2024

Alhamdu lillahi alladzi nawwara quluuba awliyaaihi bi-anwaari alwifaaq, warafa'a qadra ashfiyaaihi fil-afaak, wathayyaba asraara al-qaasidiina bithii bi thanaa'ihi fiddini wifaaq, wasaqaa arbaba mu'aamalaatihi min ladziidzi munaajaatihi sharaaban 'adzbal madzaaq, faaqbaluu lithalabi maraadiihi 'ala aqdaami assabaaq, wasshalaatu wassalaamu 'ala sayyidinaa Muhammad wa'alaa aalihi waashhaabihi albararah assabaaq, shalaatan wasalaaman ilaa yawmi atta-laaq.

Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, syahaadatan shafa mawriiduha wa raqaa, narjoo bihaa an-najaata min naarin syadiidatil ihaaraq, wa an yahuwna bihaa 'alaynaa kurba assiyaa, wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rasuuluhu asyraful kholqi 'ala al-ithlaaq, alladzii usriya bihi 'ala alburaaq, hattaa jaawaza assab'a aththibaaq.

Amma ba'du, ayyuhal ikhwaanu uushikum wa iyaaya bit taqwallahi wa thaa'atihi, bimtithali awamirihi wa ijtinaabi nawahihi. Qaala Allahu ta'aalaa fii kitaabihi al-kariim: yaa ayyuhalladziina aamanuu ittaqullaha haqqatuqaatihi wa laa tamuutunna illa wa antum muslimuun. Wa qaala aydhan: yaa ayyuhalladziina aamanuu ittaqullaha wal tanzhur nafsun maa qaddamat lighadin wattaqullaha innallaha khabiirun bimaa ta'maluun.

Jamaah Jumat, hafidhakumullaah...

Baca Juga: 3 Amalan Tahun Baru Islam 2024, Tak Hanya Baca Doa Malam Pergantian Tahun

Tahun baru Islam akan segera tiba. Setelah melewati tahun 1445 H yang penuh berkah, umat Islam akan memasuki tahun baru, yaitu 1446 Hijriah yang dimulai pada hari Minggu, 7 Juli 2024.

Pergantian tahun baru pada 1 Muharram 1446 H hendaknya dijadikan sebagai kesempatan untuk memperbaiki kekurangan, sekaligus meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

Ma’aasyiral muslimin rahimakumullaah...

Sebagaimana disebutkan dalam surah At-Taubah ayat 36, ada empat bulan yang dimuliakan dari 12 bulan yang ada. Muharram adalah salah satunya, selain Zulqa'dah, Zulhijjah, dan Rajab.

Segera, umat Islam akan memasuki bulan Muharram 1446 H yang menandai awal tahun baru. Sebagai bulan yang penuh kehormatan, umat Islam sebaiknya menjauhi perbuatan dosa seperti kezaliman, karena dosa akan dilipatgandakan, serta menghindari konflik atau permusuhan.

Jamaah yang dimuliakan Allah...

Menjelang tahun baru Islam 1446 H, salah satu ibadah yang bisa dilakukan selama bulan Muharram adalah berpuasa.

Menurut hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, ia berkata: "Rasulullah SAW bersabda: 'Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam,'" (HR Muslim).

Begitu mulianya bulan Muharram sehingga disebut sebagai waktu yang paling mulia untuk berpuasa setelah Ramadhan.

Bahkan, diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang berpuasa pada hari Arafah akan diampuni dosanya selama dua tahun, dan orang yang berpuasa sehari di bulan Muharram, maka baginya pahala setiap hari dari puasanya." (HR at-Thabarani).

Ma’asyiral muslimiin a’azzakumullaah........

Jelang berakhirnya tahun 1445 H, khatib kembali mengingatkan agar senantiasa menjaga amalan ibadah, baik yang wajib maupun sunnah.

Selama tahun baru Islam yang dimulai pada 1 Muharram 1446 H, mari kita berupaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dengan memperbaiki kekurangan kita dan menambah berbagai amalan ibadah. Keimanan dan ketakwaan harus selalu terjaga, seiring bertambahnya kesempatan hidup yang telah diberikan kepada kita.

Aquulu qawlii haadzaa wa astaghfirullaaha lii wa lakum, fa astaghfiruuhu, innahu huwa al-ghafuuru ar-rahiimu.

Demikianlah contoh khutbah Jumat Tahun Baru Islam yang bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #contoh #khutbah #jumat #tahun #baru #islam #mengingatkan #pentingnya #puasa #bulan #muharram

KOMENTAR