Baru Mulai Berasuransi di Usia 40 Tahun? Tak Ada Kata Terlambat, Ini Saran dari Perencana Keuangan
Ilustrasi asuransi (Elements Envato)
17:42
28 Juni 2024

Baru Mulai Berasuransi di Usia 40 Tahun? Tak Ada Kata Terlambat, Ini Saran dari Perencana Keuangan

Memutuskan untuk memulai berasuransi di usia 40 tahun ke atas mungkin terasa terlambat, namun sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk melindungi diri dan keluarga Anda. Lalu, bagaimana cara memulainya, dan jenis asuransi apa yang tepat?

Nadia Harsya, Financial Planner, mengatakan bahwa untuk orang yang baru pertama kali memulai asuransi, ia menyarankan untuk memilih yang paling rendah risikonya.

"Sebisa mungkin, ketika baru mulai, ambil risiko yang paling konvensional," kata Nadia ketika ditemui di acara peluncuran Zurich Family Gen Assurance beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurutnya, berasuransi adalah sebuah pengalaman, sehingga jangan sampai seseorang merasa kapok di awal.

Baca Juga: Askrindo Cover Hampir Seluruh Aset Milik Peruri

"Jangan sampai kapok, jadi coba dulu versi konvensionalnya. Begitu sudah merasakan experience-nya, kemudian mau nyemplung, kan sudah tahu dinamika produknya," katanya lagi.

Di sisi lain, Chief Agency Officer PT Zurich Topas Life, Banie Zulvanshah, mengatakan bahwa tak masalah jika seseorang baru mau mulai berasuransi di usia 40 tahunan. Terlebih, sekarang produk asuransi semakin beragam jika dilihat dari sisi fleksibiltas dan juga risikonya.

Ketika ditanya mengenai jenis asuransi yang cocok, menurut Banie, itu semua tergantung pada profil dan kebutuhan individu tersebut.

"Di atas 40 tahun sudah punya keluarga atau lajang. Kemudian (dilihat) juga riwayat penyakit, ada keturunan keluarga penyakit genetik atau tidak," jawabnya.

Namun, Banie menekankan, bahwa yang terpenting adalah memiliki proteksi untuk melindungi pencari nafkah. Jadi, ia menyarankan kepada mereka yang baru mulai berasuransi ini untuk memilih asuransi dasar

Baca Juga: Pembatalan Pencabutan Izin Kresna Life Jadi Preseden Buruk Bagi Industri Asuransi

"Asuransi dasar hanya asuransi jiwa rasanya (premi) lebih murah daripada asuransi yang lebih lengkap," katanya.

Sedangkan untuk individu yang menginginkan asuransi lebih lengkap, bisa memilih asuransi yang memproteksi jiwa, kesehatan, dan sekaligus investasi, seperti Zurich Family Gen Assurance. Yang menarik, perlindungan untuk seluruh anggota keluarga dalam satu polis asuransi ini juga memungkinkan nasabah untuk mengalihkan polis tersebut hingga generasi ke tiga tanpa pemeriksaan ulang.

Produk asuransi terbaru ini juga dirancang dengan mengutamakan fleksibilitas untuk menentukan manfaat tambahan, mulai dari tambahan manfaat pertanggungan jiwa, manfaat rawat inap, penyakit kritis, tutup usia, hingga pembebasan premi. Selain itu, nasabah juga fleksibel menentukan masa perpanjangan asuransi hingga usia 99 tahun.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #baru #mulai #berasuransi #usia #tahun #kata #terlambat #saran #dari #perencana #keuangan

KOMENTAR