Biodata Estella Loupatty, PSSI Lirik Winger Cantik Keturunan Belanda-Maluku-Argentina, Sehebat Apa Dia?
Estella Loupatty (instagram/estellaloupatty)
11:36
25 Juni 2024

Biodata Estella Loupatty, PSSI Lirik Winger Cantik Keturunan Belanda-Maluku-Argentina, Sehebat Apa Dia?

Sosok Estella Loupatty sedang menjadi sorotan setelah pihak PSSI akhirnya serius untuk menjadikannya pemain timnas putri Indonesia. Lantas seperti apa biodata Estella Loupatty?

Perlu diketahui, Estella Loupatty adalah pemain sepakbola wanita yang memiliki keturunan Belanda, Indonesia dan Argentina. Maka tidak heran, ketrampilannya mengolah si kulit bundar di atas rata-rata.

Selain itu, Estella memiliki kecepatan dribbling yang mumpuni. Insting untuk mencetak gol dan visinya memberikan umpan matang menjadi kelebihan lain dari sosok pesepak bola 20 tahun ini.

Hal itulah juga yang membuat PSSI akhirnya melirik Estella Loupatty dalam program naturalisasi pemain timnas Indonesia. Bahkan baru-baru ini, Ketum PSSI Erick Thohir mempertemukan pelatih timnas putri Satoru Mochizuki dan dua pemain wanita keturunan yaitu Estella Loupatty dan Noa Leatomu.

Baca Juga: Potret Estella Loupatty, Calon Tandem Noa Leatomu: Cocok Pacaran dengan Justin Hubner?

Mereka terlihat sedang menikmati jamuan makan malam bersama Erick Thohir di salah satu restoran. Ia pun menyebut sosok Estella dan Noa bakal menjadi rekrutan terbaru untuk timnas putri Indonesia.

"Ini lagi sama Coach Mochi, sama tim baru, tim nasional Indonesia. Kita doakan timnya makin baik terus," ucap Erick.

Pertanyaan selanjutnya muncul, Estella Loupatty keturunan dari mana? Seberapa kuat Estella Loupatty memiliki darah Indonesia?

Dalam sebuah wawancara di YouTube Yussa Nugraha, Estella Loupatty mengaku ia memiliki darah Indonesia dari sang ayah.

Ayah Estella Loupatty merupakan pria keturunan Belanda-Indonesia. Dimana orangtuanya berasal dari Maluku.

Baca Juga: Erick Thohir Pamer Dua Pemain Diaspora Timnas Putri Indonesia, Ini Sosoknya

"Mamaku Belanda-Argentina. Ayahku Belanda-Maluku. Mamanya ayahku dia berasal dari Maluku. Aku sudah tanya ke mereka dan kalau tidak salah mereka berasal dari pulau Tuhaha," ungkap Estella Loupatty kepada Yussa.

Perlu diketahui, Pulau Tuhaha adalah salah satu daerah di Maluku Tengah. Pulau ini masuk dalam wilayah administrasi kecamatan Saparua Timur.

Sementara itu, marga Loupatty yang disematkan dalam nama Estella memang berasal dari Saparua, Maluku Tengah. Mari mengenal Estella Loupatty lebih dekat dengan biodatanya berikut.

Biodata Estella Loupatty

  • Nama: Estella Loupatty
  • Tempat lahir: Belanda
  • Tanggal lahir: 14 November 2003
  • Klub: Telstar Vrouwen
  • Posisi: winger kanan, winger kiri
  • Tinggi badan: 161 cm
  • Instagram: @estellaloupatty

Karier Sepakbola

Nyatanya Estella Loupatty tidak sejak kecil bermain sepak bola. Awal mulanya ia berkenalan dengan bola dimulai sejak sekolah dasar.

"Dulu aku cukup lama (9 tahun) menjadi penari. Sampai aku umur 11 tahun waktu kelas 6 SD saat itu aku ingin mencoba hal baru tapi ingin tetap di bidang sport," kata Estella dikutip dari YouTube Yussa Nugraha (25/6/2024).

"Terus ayahku bilang coba kita main sepakbola. Dari situ aku mulai bermain di klub sepakbola. Aku masuk klub Buitenvelden," imbuhnya.

Buitenvelden merupakan klub sepakbola di Amsterdam. Estella Loupatty bermain untuk klub tersebut selama 3 tahun.

Setelah itu Estella, pindah ke klub AFC (Amsterdamsche Football Club). Sekarang ia bermain untuk klub lokal Belanda lainnya, Telstar Vrouwen.

"Aku bermain di winger kanan dan kiri. Posisi pertamaku adalah gelandang. Tapi pernah bermain hampir di semua posisi, back juga pernah," ujar wanita yang tahun ini akan berusia 21 tahun.

Namun Estella sekarang merasa nyaman bermain di posisi winger. Menurutnya itu adalah posisi terbaik untuk dirinya saat ini.

"Ayahku mengajari dasar-dasarnya (sepakbola). Banyak belajar bermain sepakboa di lapangan dekat rumah," ungkapnya.

Estella melanjutkan, "Aku pikir banyak dari keluargaku juga bermian sepakbola. Tapi aku enggak tahu mereka bermain di klub mana."

Selain Sepakbola

Potret Menawan Estella Loupatty Calon Pemain Timnas Putri Indonesia [Instagram]Potret Menawan Estella Loupatty Calon Pemain Timnas Putri Indonesia [Instagram]

Tidak hanya aktif di lapangan hijau. Sehari-hari Estella Loupatty juga sibuk dengan urusan perkuliahan.

Ketika ditanya soal kesibukannya sehari-hari, Estella menjawab, "Biasanya jam 2 siang aku selesai kuliah karena jam 3 aku sudah harus berada di klub. Dari kuliah aku pergi ke Haarlem. Aku berlatih dari jam setangah 4 sampai 5 sore".

Ia mengambil jurusan olahraga dan ingin fokus memberikan pelatihan kepada orang-orang tentang keolahragaan. Estella berusaha menyelesaikan kuliahnya hanya dalam waktu 3 tahun saja.

"Jadi aku belajar tentang cara mengajari orang tentang olahraga. Bisa mengajar di sekolah atau tempat fitness tergantung kita milih kemana," kata pemain sepakbola wanita keturunan Maluku.

"Aku sekarang lagi magang di tempat fitness, jadi aku memilih ke arah sana," imbuhnya.

Seperti itulah penjelasan lengkap tentang biodata Estella Loupatty, sosok pesepakbola wanita yang bakal dinaturalisasi menjadi pemain timnas putri Indonesia.

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #biodata #estella #loupatty #pssi #lirik #winger #cantik #keturunan #belanda #maluku #argentina #sehebat

KOMENTAR