Dion Wiyoko Ungkap Kesalahan Banyak Orang Usai Olahraga, Jadi Gampang Luka!
Aktor Dion Wiyoko berpose di depan kamera saat berkunjung ke Kantor Suara.com, Jakarta Selatan, Rabu (5/7/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
12:55
23 Juni 2024

Dion Wiyoko Ungkap Kesalahan Banyak Orang Usai Olahraga, Jadi Gampang Luka!

Aktor Dion Wiyoko mengatakan banyak orang melakukan kesalahan saat olahraga, yaitu tidak melakukan pendinginan atau cooling down. Kesalahan inilah yang menurut Dion meningkatkan risiko cedera setelah olahraga.

Dion Wiyoko bercerita setelah berperan sebagai Atlet Bulutangkis, Alan Budikusuma dalam film Susi Susanti pada 2019 silam membuatnya menjadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup sehari-hari. Dari mulai cukup tidur, konsumsi makanan sehat hingga rutin berolahraga sudah jadi kebiasaan Dion Wiyoko.

Nah, karena rutin olahraga selama beberapa tahun terakhir, Dion Wiyoko mengaku sering menemukan banyak orang tidak melakukan pendinginan setelah berolahraga.

Aktor Dion Wiyoko saat melakukan sesi wawancara di Kantor Suara.com, Jakarta Selatan, Rabu (5/7/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]Aktor Dion Wiyoko saat melakukan sesi wawancara di Kantor Suara.com, Jakarta Selatan, Rabu (5/7/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Sesudah berolahraga banyak orang itu, oke ingat pemanasan ingat, tapi banyak yang nggak inget pendinginan. Banyak yang 'oh oke beres olahraga' terus nongkrong atau pulang dan lupa pendinginan," ujar Dion Wiyoko  dalam acara peluncuran Hydroplus dengan kampanye Nonstop Plusnya di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2024).

Baca Juga: 3 Anime Olahraga Terbaik yang Punya Nuansa Kelam, Tetap Seru Ditonton!

Lelaki pemenang 2 medali dalam acara sportainment di Indonesia itu mengatakan saat seseorang baru saja melakukan aktivitas fisik tinggi seperti olahraga, lalu tiba-tiba berhenti maka akan mengganggu sirkulasi darah dan denyut jantung.

Itulah sebabnya tubuh juga perlu beradaptasi untuk mengembalikan denyut jantung normal secara perlahan setelah olahraga seperti jogging, badminton, tennis, sepakbola maupun berenang sekalipun.

"Jadi yang pendinginan itu mengurangi risiko cedera, dan jaga hidrasi sebelum, sesaat dan setelah berolahraga untuk menjaga cairan tubuh, salah satunya dengan minuman isotonik," papar Dion.

Menariknya, Group Brand Head Hydroplus, Yose Moriza mengatakan definisi minuman isotonik ternyata tidak sembarangan loh di Indonesia. Ini karena sesuai aturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), karena bisa dikatakan minuman isotonik jika mengandung 7 ion di dalamnya.

Adapun 7 ion utama dalam isotonik secara umum yakni natrium, kalium, klorida, magnesium, kalsium, fosfat dan bikarbonat.

Baca Juga: Ingin Gula Darah Terkontrol? Ini Waktu Olahraga Terbaik Menurut Studi

"Minuman isotonik itu tidak selalu hanya buat atlet. Bahkan aturan terbaru BPOM RI secara regulasi minimal harus ada 7 ion tersebut, karena kalau tidak, maka tidak bisa disebut minuman isotonik," jelas Yose di kesempatan yang sama.

Cara pendinginan olahraga yang harus dilakukan

Cooling down atau pendinginan olahraga adalah  serangkaian gerakan ringan yang dilakukan setelah aktivitas fisik yang intens untuk membantu tubuh kembali ke kondisi normal secara bertahap.

Adapun manfaat pendinginan setelah olahraga yaitu mencegah cedera, percepat pemulihan, menurunkan detak jantung dan tekanan darah hingga membantu tubuh lebih rileks.

Berikut ini cara pendinginan olahraga yang bisa dilakukan:

1. Lakukan gerakan ringan selama 5 hingga 10 menit. Gerakan seperti berjalan kaki, jogging ringan, atau peregangan statis dapat membantu tubuh kembali ke kondisi normal.

2. Fokus pada area tubuh yang paling banyak digunakan. Jika Anda berlari, lakukan peregangan pada kaki dan pinggul. Jika Anda mengangkat beban, lakukan peregangan pada lengan dan bahu.

3. Tarik napas dalam-dalam dan perlahan. Pernapasan dalam membantu tubuh melepaskan ketegangan dan stres.

4. Minum air putih membantu tubuh terhidrasi dan mengantarkan oksigen ke otot.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #dion #wiyoko #ungkap #kesalahan #banyak #orang #usai #olahraga #jadi #gampang #luka

KOMENTAR