Jarang yang Tahu, Ini Cara Simpan Apel Agar Awet dan Tetap Segar saat Disantap!
Ilustrasi apel. (Pexels.com/Skylar Kang)
10:02
21 Juni 2024

Jarang yang Tahu, Ini Cara Simpan Apel Agar Awet dan Tetap Segar saat Disantap!

Cara menyimpan buah dan sayur agar masih tantangan. Termasuk cara menyimpan apel yang tepat agar rasa buah tetap lezat untuk disantap.

Executive Chef Amuz Restaurant, Chef Gilles Marx membenarkan apel impor bagian luarnya dilapisi lilin untuk menjaga kesegaran apel hingga ke tangan konsumen. Tapi hanya sedikit lilin pada apel ini tetap aman dikonsumsi.

"Lapisan lilin pada apel aman untuk dikonsumsi dan berguna untuk menjaga kesegaran apel. Juga untuk mempercantik dan membuatnya lebih berkilau," ujar Chef Gilles dalam acara Taste and Create with Australia 2024 di Jakarta Selatan, Kamis (19/6/2024).

Ilustrasi apel (Pexels/Mareefe)Ilustrasi apel (Pexels/Mareefe)

Nah, kondisi apel dengan lapisan lilin ini bisa menjaga kualitas apel lebih tahan lama saat disimpan. Ini karena dasar penyimpanan buah-buahan seperti apel yaitu harus memilih apel yang padat dan berkulit halus.

Baca Juga: Tidak Melulu Buruk, Ini 9 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Diperkaya Kesehatan

Selanjutnya, apel bisa langsung dimasukan ke lemari pendingin tanpa dicuci untuk menjaga kesegaran apel.

"Saat panen, petani menyimpan apel di ruangan berpendingin yang terkontrol temperaturnya untuk memperlambat proses pematangan," jelas Chef Gilles.

Hal ini selaras dengan penjelasan Apple & Pear Australia Ltd (APAL), yang mengingatkan penyimpanan apel yang baik akan membuat apel lebih lezat sepanjang tahun.

Di sisi lain, Australia jadi salah satu negara dengan beberapa jenis apel unggulan. Beberapa jenis apel Australia ini sudah mudah ditemukan dan beredar di Indonesia. Beberapa apel tersebut di antaranya sebagai berikut:

1. Apel pink lady

Baca Juga: Setelah Makan Daging Sebaiknya Makan Buah Apa? Konsumsi Ini Penetralisir Sajian Idul Adha

Apel ini mudah dikenali karena terdapat dua sisi warna pada buahnya, yakni merah cerah dan kekuningan. Karakter apel ini cenderung berdaging padat, garing dan cocok dicampur dalam salad atau untuk dibuat isian pai.

2. Apel granny smith

Buah berwarna hijau satu ini sudah memiliki jumlah penggemar yang cukup banyak, karena rasa asamnya yang khas dan garing sekaligus. Rasa apel ini juga cenderung lembut dan cocok digunakan sebagai makanan penutup, campuran salad atau pai.

3. Apel bravo

Apel ini memiliki warna merah gelap, tapi kontras dengan dagingnya yang berwarna putih. Dari sisi rasa apel ini punya rasa yang manis, garing dan segar sekaligus.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #jarang #yang #tahu #cara #simpan #apel #agar #awet #tetap #segar #saat #disantap

KOMENTAR