7 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya dapat Memberikan Perlindungan Terhadap Kanker
Gambar klorofil sebagai senyawa alami yang memberikan warna hijau pada daun (freepik.com)
09:04
18 Januari 2024

7 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya dapat Memberikan Perlindungan Terhadap Kanker

- Banyak orang mengenal bahwa klorofil merupakan senyawa yang memberikan warna hijau pada daun.

Pada tumbuhan, klorofil berfungsi untuk proses fotosintesis dengan menggunakan sinar matahari untuk mendapatkan nutrisi dari karbondioksida dan air.

Lebih dari itu, manfaat klorofil dapat berguna bagi kesehatan tubuh, misalnya pada klorofil cair yang dapat berguna sebagai suplemen yang cukup populer penggunaanya.

Dilansir dari healthline.com, klorofil dapat mengurangi terjadinya kanker tumor hati sebesar 29 hingga 63 persen, sedangkan kanker perut sebesar 24 hingga 45 persen.

Lebih dari itu, berikut manfaat klorofil bagi kesehatan tubuh, yang dikutip dari beberapa sumber.

Manfaat Klorofil untuk Kesehatan

1. Mengurangi Inflamasi

Dilansir dari health.com, kandungan seperti fitol di dalam klorofil, dapat membantu mengurangi peradangan di bagian seluruh tubuh.

Mengonsumsi suplemen klorofil dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri pada penderita rheumatoid arthritis.

2. Antioksidan yang Kuat

Dilansir dari health.com, klorofil maupun suplemen klorofil dapat meningkatkan kesehatan dengan berbagai cara, salah satunya sebagai antioksidan. Kandungan klorofil yang memiliki sifat antioksidan, dapat memberikan manfaat mengurangi peradangan.

3. Mengobati Anemia

Dilansir dari health.com, penelitian menemukan kemiripan antara klorofil dan hemoglobin yang memungkinkan memiliki fungsi yang sama.

Hal tersebut memungkinkan bahwa klorofil dapat berfungsi sama seperti hemoglobin, yaitu membawa oksigen ke dalam tubuh, yang dapat membantu pengobatan pasien anemia.

4. Kesehatan Kulit

Dilansir dari healthline.com, klorofil memungkinkan memberi efek untuk mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri pada luka di kulit.

Beberapa penelitian sederhana menunjukkan bahwa klorofil dapat memperbaiki kulit rusak akibat sinar matahari, mengatasi jerawat, dan pori-pori besar.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang satu ini sangat populer karena klorofil cair dapat menurunkan berat badan. Akan tetapi, penelitian tentang ini masih terbatas.

Dilansir dari healthline.com, penelitian pada 2014, melibatkan 38 perempuan yang mengonsumsi suplemen membran tumbuhan hijau termasuk klorofil dengan dosis sekali dalam sehari

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mengkonsumsi suplemen membran tumbuhan hijau, dapat mengalami penurunan berat badan dibandingkan dengan beberapa orang yang tidak mengkonsumsi suplemen tersebut.

6. Sebagai Deodoran Alami

Dilansir dari healthline.com, klorofil dapat menetralisir beberapa jenis bau tertentu. Penelitian terbaru terhadap penderita trimetilamina.

Salah satu kondisi yang sangat langkah, gangguan tersebut membuat keringat, nafas, air liur dan kencing, berbau seperti ikan atau telur busuk.

Hasil temuan penelitian terhadap penderita trimetilamina, klorofil secara signifikan menurunkan jumlah trimetilamina.

7. Detoksifikasi dan Kanker

Dilansir dari healthline.com, dari hasil penelitian pada tikus yang telah melakukan transplantasi sel kanker pankreas manusia, menunjukkan bahwa mengkonsumsi klorofil oral setiap hari dapat secara signifikan mengurangi ukuran tumor.

Sejalan dengan penelitian yang lama telah lama di Tiongkok, yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi klorofil setiap hari, dapat mengurangi biomarker aflatoksin sebesar 55 persen dibandingkan dengan plasebo.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #manfaat #klorofil #untuk #kesehatan #tubuh #salah #satunya #dapat #memberikan #perlindungan #terhadap #kanker

KOMENTAR