Berubah di Balik Jeruji Besi, Beda Perjalanan Hijrah Angelina Sondakh dan Reza Artamevia
Angelina Sondakh, Reza Artamevia [Instagram]
12:02
5 Juni 2024

Berubah di Balik Jeruji Besi, Beda Perjalanan Hijrah Angelina Sondakh dan Reza Artamevia

Angelina Sondakh tengah menjadi sorotan publik usai mengabarkan kini terjun ke dunia kuliner. Aktris sekaligus politikus yang sempat dipenjara karena kasus korupsi ini memberanikan diri untuk membuka usaha kue lapis dan sambal. Selain bisnis barunya, Angie, sapaan akrabnya juga membahas tentang perjalanannya jadi mualaf yang berawal ketika dipenjara. 

Sama seperti Angelina Sondakh, Reza Artamevia yang juga pernah menikah dengan mendiang Adjie Massaid juga punya perjalanan hijrah tersendiri hingga kini memutuskan untuk tampil berhijab. Lantas bagaimana beda perjalanan hijrah Angelina Sondakh vs Reza Artamevia? Simak penjelasan berikut ini.

Perjalanan Hijrah Angelina Sondakh

Angelina Sondakh [Instagram/@angelinasondakh09]Angelina Sondakh [Instagram/@angelinasondakh09]

Angelina Sondakh jadi mualaf alias masuk Islam ketika menikah dengan mendiang Adjie Massaid. Momen hijrah Angie ini sempat diungkapnya usai keluar dari penjara di YouTube Novel Baswedan dan Bambang Widjojanto.

Menurut Angie, pada awal-awal menjadi mualaf dia belum begitu mendalami Islam. Namun ternyata dia menemukan momen hijrahnya ketika terjerat kasus korupsi yang membuatnya mendekam di penjara.  

Baca Juga: Akurnya Angelina Sondakh dan Reza Artamevia Ngomongin Adjie Massaid: Beda Istri Lain Sikap

Angie mengaku mulanya menemukan hidayah dan mengenal Allah SWT ketika berada dalam momen sangat merasa benci dengan hukuman yang diberikan padanya saat itu.   

"Aku merasa ya Allah aku ingin mengatakan sebenarnya, kok rasanya ruangnya nggak ada gitu dan ternyata enakan sama Allah. Modalnya cuma sajadah, air wudhu terus mukena,” kata Angie dalam podcast.

Angie yang kini tampil berhijab ini menjelaskan ketika itu hanya bisa bercerita pada Tuhan yang selalu mendengarnya dan tak mengomentari balik ceritanya. Perlahan dia pun merasa nyaman dan menjadi orang yang apa adanya. 

“Aku cerita apa aja (sama Allah) nggak pernah ada judgement-judgement yang aku rasakan dan aku sangat nyaman, menemukan cahaya, di mana aku bisa menjadi Angelina Sondakh apa adanya,” ungkap wanita 46 tahun ini.

Setelah itu Angie menganggap bahwa dirinya telah ditakdirkan mengenal Allah SWT dengan mendapatkan hidayah lewat kasus yang menimpanya. Saat berada dalam penjara, Angie pun melakukan kegiatan menghafal Al Quran setiap hari. Bahkan dia sudah menghafal 15 juz yang membuatnya jadi Islam seutuhnya. 

Baca Juga: Sosok Widya Alias Jamet, Guru Ngaji Angelina Sondakh di Penjara hingga Hafal 15 Juz Alquran

Sementara soal alasan berhijab, Angie menegaskan bahwa dia melakukannya karena Allah SWT telah menutup aibnya, terutama selama dirinya terjerat kasus korupsi. 

"Aku memutuskan untuk menutup aurat aku karena aku merasa Allah sudah banyak menutup aibku. Ketika Allah meminta aku untuk menutup auratku, aku mencoba untuk melakukannya," ungkap dia.

Perjalanan Hijrah Reza Artamevia

Potret Terbaru Reza Artamevia Berhijab (Instagram/@_ummi_pipik_)Potret Terbaru Reza Artamevia Berhijab (Instagram/@_ummi_pipik_)

Sementara itu Reza Artamevia memiliki perjalanan spiritual cukup menegangkan. Mantan istri Adjie Massaid ini bahkan pernah viral karena diduga mengikuti aliran sesat Gatot Brajamusti dan berurusan dengan masalah narkoba.

Walau begitu, Reza berulangkali mendekatkan diri kepada Allah SWT lewat umrah bersama keluarganya. Sepulang umrah bersama Aaliyah pada Januari 2024 lalu, wanita 49 tahun ini akhirnya memutuskan tampil berhijab.

Salah satu alasan Reza mengubah penampilannya dengan berhijab karena usia yang tak lagi muda. Reza mendapat masukan soal berhijab itu dari sang ibunda.

"Ibu saya bilang, 'Teh, dimantapkan dong hatinya'. Akhirnya ya sudah, mau kapan lagi kan?' (berhijab)," ujar pelantun "Berharap Tak Berpisah" ini.

Reza pun berharap dapat mempertahankan hijabnya dan tetap konsisten dalam perjalanan berhijrahnya. Selain itu dia juga sering hadir dalam acara pengajian yang diadakan Umi Pipik, istri mendiang Uje.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #berubah #balik #jeruji #besi #beda #perjalanan #hijrah #angelina #sondakh #reza #artamevia

KOMENTAR