Apa Itu Ritual Ngareremokeun? Prosesi yang Dijalani Kim Go Eun di Garut Diiringi Lagu Sabilulungan
Kim Go Eun di Garut. (Dok. Instagram)
15:10
24 Mei 2024

Apa Itu Ritual Ngareremokeun? Prosesi yang Dijalani Kim Go Eun di Garut Diiringi Lagu Sabilulungan

Aktris Korea Selatan Kim Go Eun diketahui tengah mengunjungi Garut, Jawa Barat, dalam rangka proyek iklan salah satu brand kopi dunia. Menariknya, pemeran dukun di film Exhuma ini kedapatan melakukan ritual Ngareremokeun, prosesi apakah itu?

Momen sang aktris sedang melakukan prosesi ini dibagikan akun Instagram @raisyaahh76, dilihat suara.com, Jumat (24/5/2024). Nampak dalam video singkat itu Kim Go Eun yang mengenakan busana kasual berupa celana panjang denim dan mengenakan celemek itu diminta melakukan sesuatu pada bibit tanaman kopi.

"Ngareremokeun tangkal bersama brand Ambassador Nespresso Kim Go Eun," tulis keterangan vido tersebut, yang juga menyematkan lokasi video di ambil.

Kegiatan ini terlihat sangat sakral, karena prosesnya diiringi alunan Sabilulungan, musik tradisional khas masyarakat Sunda. Bahkan ada juga penari latar memakai kebaya dan kain batik, yang turut meliukan badannya khas Penari Jaipong.

Baca Juga:Kim Go Eun Raih Best Aktris, Ini Daftar Pemenang Baeksang Arts Award ke-60

Menurut Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi dan Tradisi yang diterbitkan Badan Litbang Kementerian Agama (Kemenag), ritual ngareremokeun adalah sebuah kepercayaan masyarakat adat Kasepuhan Cisungsang di sekitar lereng Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Ritual ngareremokeun adalah ritual menikahkan atau mengawinkan pare awewe (padi perempuan) dengan pare lalaki (padi laki-laki), atau yang biasa masyarakat setempat disebut sebagai ngareremokeun pare.

Sehingga ritual ngareremokeun merupakan bentuk kegiatan agar mendapatkan berkah pertanian, agar pertanian memiliki harkat atau tersisa banyak alias hasil pertanian bisa lebih melimpah.

Melalui ritual ini, masyarakat adat meyakini tanaman merupakan sumber kehidupan yang harus mereka jaga dan dilestarikan. Bahkan ritual ini juga dipercaya dilakukan untuk memanggil Dewi Sri untuk datang dalam ritual.

Tidak hanya itu, ritual ngareremokeun juga ditujukan untuk menghormati dan berterimakasih kepada Sang Pencipta dan leluhur, yang memberikan keberkahan dan kesuburan pertanian.

Baca Juga:Tentang Perjodohan dan Etika, Ulik 4 Pesan di Balik Drama Yumi's Cells

Potret Kim Go Eun mengunjungi Garut viral di media sosial, salah satunya seperti yang dibagikan akun Instagram @mineuncouple_45. Pemain drama film Goblin ini terlihat sederhana dengan dress floral di dalam foto tersebut

Akun Instagram tersebut juga membagikan informasi jika lawan main Gong Yoo di Goblin itu sedang berada di Sunda Hejo Coffee Garut.

Perempuan berusia 32 tahun ini juga terlihat membagikan momennya sedang berada di Garut melalui Instagram Story-nya. Diduga pemain film Exhuma ini sedang terlibat proyek iklan kopi, karena menampilkan salah satu logo brand kopi ternama internasional.

Dari Instagram Story yang dibagikan Kim Go Eun, ia tampak manis mengenakan boots hitam saat asik memotret dengan handycam miliknya. Selain itu perempuan kelahiran Seoul, 2 Juli 1991 ini tampak mengenakan menaiki mobil jeep biru sehingga nampak kece.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #ritual #ngareremokeun #prosesi #yang #dijalani #garut #diiringi #lagu #sabilulungan

KOMENTAR