Buron 8 Tahun, Detik-detik Penangkapan Pegi 'Perong' Terduga Pelaku Pembunuhan Vina
Pegi Setiawan alias Perong (30), ternyata bekerja sebagai buruh bangunan di Bandung, Jawa Barat selama berstatus buronan kasus pembunuhan Vina Dewi Arsita (16) dan pacarnya Muhammad Risky Rudiana alias Eki (16) di Cirebon, Jawa Barat. (Foto dok. polisi)
19:53
22 Mei 2024

Buron 8 Tahun, Detik-detik Penangkapan Pegi 'Perong' Terduga Pelaku Pembunuhan Vina

Keluarga mendiang Vina Dewi Arsita (16) alias Vina Cirebon kini bisa sedikit lega usai ditangkapnya Pegi Setiawan alias Perong (30)

Polisi berhasil membekuk Pegi yang disebut merupakan salah satu pembunuh Vina dan Muhammad Risky Rudiana alias Eki (16) di Cirebon, Jawa Barat pada 2016 silam.

Setelah 8 tahun menjadi buronan alias DPO, Pegi akhirnya dijebloskan ke jeruji besi.

Lantas, seperti apa momen penangkapan Pegi yang turut serta dalam pembunuhan keji itu?

Baca Juga:Hotman Minta Polisi Periksa Keluarga Pegi Setiawan, Curiga Ada Unsur Obstruction Of Justice Di Kasus Vina Cirebon

Main 'petak umpet' dengan polisi di Bandung

Ternyata selama ini, Pegi Perong sembunyi di Bandung, Jawa Barat usai masuk ke dalam radar pencarian kepolisian setempat.

Polda Jawa Barat berhasil mengendus keberadaan Pegi di Ibu Kota Priangan tersebut dan menangkapnya pada Selasa (21/5/2024) malam.

"Iya atas nama Pegi Setiawan diamankan tadi malam di Bandung," ungkap Dirreskrimum Polda Jawa Barat Kombes Surawan kepada awak media, Rabu (23/5/2024).

Semenjak kabur dari Cirebon, Pegimmelarikan diri ke Bandung dan mengadu nasib di sana. Ia berhasil tak terendus polisi selama bertahun-tahun dan bekerja sebagai buruh bangunan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga:Pegi Buronan Kasus Pembunuhan Vina Cirebon Ditangkap, Hotman Paris Minta Keluarga Diperiksa

Kekinian, muncul dugaan bahwa Pegi Perong merupakan otak alias dalang pembunuhan Vina dan kekasihnya.

Namun, kepolisian urung seratus persen pasti dengan dugaan tersebut dan masih akan mendalami keterlibatan Pegi Perong. Polisi akan mendalami peran seperti apa yang diemban oleh Perong dalam insiden kematian Vina pada tahun 2016 silam.

"Saat ini teman-teman penyidik masih melakukan pendalaman dan pemeriksaan terkait keterlibatan dari yang bersangkutan kasus pembunuhan Vina," papar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Jules Abraham Abast, Rabu (22/5/2024).

Perong ikut diburu Hotman Paris

Perong dan ketiga rekannya sebenarnya sudah lama masuk ke dalam pencarian polisi. Keluarga Vina Dewi Arsita tak puas dengan hasil penyelesaian kasus yang menimpa putri tercinta mereka.

Akhirnya, mereka bertemu dengan sosok pengacara kondang Hotman Paris untuk mendapatkan bantuan hukum. Sosok advokat kenamaan tersebut akhirnya membantu keluarga Vina untuk mencari pembunuh Vina.

"Ada tiga orang yang diduga sebagai pelaku penganiayan menimbulkan meninggalnya Vina, dan dugaan pemerkosaan, katanya berasal dari desa kalian, yaitu Pegi alias Perong, Andi, dan Dani," bunyi pernyataan Hotman Paris ke awak media, Kamis (16/5/2024).

Awalnya, para tersangka yang ditangkap membeberkan bahwa geng motor yang menganiaya Vina ada 11 orang. Namun, tak satupun ada yang menyebut nama Pegi Perong dan kedua rekannya. 

Hotman sontak menduga bahwa ketiga sosok pelaku tersebut memegang peran penting dalam kasus Vina Cirebon.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #buron #tahun #detik #detik #penangkapan #pegi #perong #terduga #pelaku #pembunuhan #vina

KOMENTAR