Gaji Pratama Arhan di Suwon FC  Diperkirakan Dapat Segini, Tak Lebih Besar dari Pendapatan Azizah Salsha?
Pratama Arhan dan Azizah Salsha di TikTok Replay 2023. (TikTok)
15:09
17 Januari 2024

Gaji Pratama Arhan di Suwon FC Diperkirakan Dapat Segini, Tak Lebih Besar dari Pendapatan Azizah Salsha?

Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan resmi bergabung dengan Suwon FC, klub yang berkompetisi di K-League 1, liga profesional top Korea Selatan.

Kabar bergabungnya Arhan ke Suwon FC itu diumumkan oleh klub tersebut baru-baru ini lewat Instagram. Sebagai informasi, rumor bahwa Arhan bakal membela klub kasta tertinggi Korea ini berembus sejak 2023.

"Suatu kehormatan bisa bersama Arhan! Selamat datang di SUWON FC! Selamat datang, Arhan," tulis klub Suwon FC, dikutip Rabu (17/1/2024).

Dikabarkan bahwa durasi kontrak yang diberikan Suwon FC pada Arhan adalah satu musim dengan opsi perpanjangan satu musim. Sehingga Arhan diproyeksikan tampil di K-League 1 2024 yang dijadwalkan dimulai pada 1 Maret mendatang.

Bergabungnya Arhan ke Suwon FC membuat persoalan gaji kembali dibahas. Pasalnya jika dibandingkan dengan karier Arhan yang sebelumnya membela Tokyo Verdy di Jepang, tentu pendapatan di Suwon FC jauh lebih tinggi.

Pasalnya saat di Tokyo Verdy dikabarkan Arhan mendapat bayaran Rp500-600 juta per musim. Sedangkan mengutip dari Korean Times, gaji rata-rata pemain di Suwon FC mencapai 282,1 juta won atau setara Rp3,2 miliar per musim.

Dalam laporan itu disebutkan pula bahwa pemain lokal rata-rata menerima gaji sebesar Rp2,6 miliar per musim. Sedangkan pemain asing kategori Top bisa mendapatkan hingga Rp10 miliar per musim. Sehingga jika dirata-rata per bulannya, Arhan bisa mendapat Rp216 jutaan.

Menariknya, jika dilihat gaji Arhan per bulan tak lebih banyak dari sang istri, Azizah Salsha. Pendapatan wanita yang akrab dipanggil Zize lewat konten eksklusif Instagram ternyata cukup menggiurkan.

Hingga kini tercatat setidaknya sudah ada 5000 orang pengikut konten eksklusif Azizah Salsha. Jika dikalikan dengan biaya langganan Rp70 ribu per bulan, maka Azizah Salsha bisa meraup Rp350 juta.

Tentunya itu bukan satu-satunya sumber pendapatan Azizah Salsha. Pasalnya, ia juga menerima endorsement di Instagram maupun TikTok.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #gaji #pratama #arhan #suwon #diperkirakan #dapat #segini #lebih #besar #dari #pendapatan #azizah #salsha

KOMENTAR