Pengaruh Big Five Personality yang Dapat Membentuk Kepribadian Seseorang dalam Hubungan Sosial
Ilustrasi seseorang dengan tingkat kepribadian neuroticism tinggi yang mudah stres. (Pexels)
13:34
15 Mei 2024

Pengaruh Big Five Personality yang Dapat Membentuk Kepribadian Seseorang dalam Hubungan Sosial

- Berdasar psikolog terdapat lima dimensi dasar kepribadian atau biasa disebut sebagai Big Five personality. Di antaranya adalah openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism.

Memahami lima kepribadian dasar ini, dapat membantu menambah wawasan terkait sifat-sifat yang dimiliki orang lain. Selain itu, juga mampu mengenal ciri kepribadian kamu yang berguna untuk bersosialisasi dengan orang lain secara efektif.

Kamu dapat mengidentifikasi masing-masing dari lima ciri kepribadian yang termasuk ke dalam karakter Anda. Dengan begitu dapat membedakan sisi positif yang harus dikembangkan, dan sisi negatif yang perlu dihindari terutama dalam hubungan sosial.

Dilansir dari Verywell Mind, berikut sifat-sifat Big Five yang perlu Anda ketahui untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi.

Openness (Keterbukaan)

Terbuka terhadap pengalaman yaitu senang melakukan hal-hal baru, seperti berpetualang, dan menyukai tantangan yang akan dihadapinya. Mereka cenderung memiliki minat yang luas untuk mempelajari hal baru dan mampu menikmati kegiatan baru.

Sebaliknya, bagi mereka yang tingkatnya rendah dalam keterbukaan cenderung tidak menyukai perubahan. Mereka juga tidak bisa menikmati pengalaman baru dalam hidupnya, dan kesulitan menerima pemikiran yang abstrak.

Conscientiousness (Kehati-hatian)

Hati-hati dalam artinya mampu membuat rencana dengan baik pada setiap hal yang dikerjakannya. Tingkat perhatiannya tinggi dan cukup detail dalam mengelola tugas penting sesuai dengan jangka waktu yang sudah diorganisir dengan baik.

Bagi mereka dengan tingkat yang rendah pada sifat ini hidupnya cenderung tidak terstruktur, contohnya dalam hal mengatur pengerjaan tugas dapat melebihi tenggat waktu. Tidak peduli terhadap hal penting dan gagal dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Extraversion (Ekstroversi)

Sifat kepribadian ini dapat dikenal sebagai orang yang mudah bersosialisasi dengan lingkungan baru. Mereka cenderung mendapatkan energi sosial dan bersemangat ketika dikelilingi oleh orang lain.

Sebaliknya, bagi mereka yang tidak memiliki sifat ini akan selalu merasa lelah saat berada di kerumunan. Sangat sulit untuk memulai percakapan, namun mereka lebih memikirkan baik-baik sebelum berbicara.

Agreeableness (Keramahan)

Ciri kepribadian ini mencakup sifat seperti kepercayaan, kebaikan, dan perilaku kasih sayang. Mereka cenderung kooperatif ketika mengatasi masalah tertentu, sedangkan bagi tingkat kepribadian yang rendah lebih kompetitif terhadap suatu hal. Bahkan rela untuk memanipulasi orang lain agar mendapatkan apa yang diinginkannya.

Neuroticism (Neurotisisme)

Sifatnya ditandai memiliki emosi yang tidak stabil, cenderung memiliki rasa cemas berlebihan dan mudah marah. Sebaliknya, tingkat kepribadian neuroticism yang rendah memiliki suasana hati yang stabil dan juga emosional yang tangguh.

Itulah definisi dari kelima sifat Big Five yang perlu kamu ketahui untuk membentuk kepribadian diri kamu.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #pengaruh #five #personality #yang #dapat #membentuk #kepribadian #seseorang #dalam #hubungan #sosial

KOMENTAR