5 Tanda Seseorang Diam-Diam Punya Ego Besar Menurut Psikologi, Salah Satunya Suka Menyela Percakapan
Ilustrasi perempuan yang memiliki ego besar (freepik/pch.vector)
13:36
14 Mei 2024

5 Tanda Seseorang Diam-Diam Punya Ego Besar Menurut Psikologi, Salah Satunya Suka Menyela Percakapan

– Memiliki ego besar merupakan salah satu sikap seseorang yang cenderung mementingkan diri sendiri dan menonjolkan kemampuan pribadi secara sepihak bahkan mereka suka dengan penilaian orang lain.

Dalam berinteraksi dalam kehidupan sosial tentunya kita berhadapan dengan berbagai karakter orang tak terkecuali orang dengan sifat egois yang tinggi.

Bagaimana kita mengenali seseorang yang diam-diam mempunyai ego yang besar?

Dilansir dari laman The Vessel, Selasa (14/5), terdapat beberapa tanda yang menunjukkan seseorang diam-diam mempunyai ego besar diantaranya :

1. Mempunyai kebutuhan merasa benar sendiri untuk menjadi benar

Tanda pertama yang menunjukkan orang dengan ego besar adalah memiliki rasa kemampuan dan harga diri yang besar sehingga selalu merasa dirinya benar dan perlu diagung-agungkan.

Sikap egois ini cenderung menjadi kebutuhan mereka untuk mengakui bahwa dirinya selalu benar, kurangnya empati dan mengabaikan pendapat orang lain.

2. Terus-menerus menyela percakapan

Ketika Anda sedang fokus menyampaikan pendapat lalu rekan Anda secara terus-menerus menyela percakapan maka hal ini menjadi pertanda bahwa dia diam-diam memiliki ego yang besar.

Bahkan mereka yang memiliki jiwa egois besar sering mengubah topik pembicaraan untuk membicarakan dirinya sendiri. Hal ini dikenal dengan istilah narsisis percakapan.

Pada dasarnya orang yang menyela percakapan ingin mengkomunikasikan bahwa apa yang mereka katakana lebih diutamakan daripada pemikiran dan opini Anda.

Hal ini secara halus juga meremehkan dan membuat Anda merasa tidak hormati.

Selain itu, kebiasaan menyela percakapan bisa menjadi taktik yang digunakan oleh orang-orang yang melakukan pelecehan emosional sebagai cara untuk agar mereka lebih menonjol.

3. Memandang rendah upaya mereka untuk mencapai kemajuan

Tanda lainnya yang menunjukkan seseorang yang diam-diam memiliki ego besar adalah selalu ingin memulai sesuatu dari atas, bahkan ketika mereka terjebak dari bawah mereka tidak mengakui dan menganggap itu rendah.

Mereka memiliki gengsi yang besar untuk mengakui segala sesuatu yang terlihat sederhana namun sebenarnya memberikan efek luar biasa dalam dirinya sendiri.

4. Mereka melebih-lebihkan pencapaiannya dan iri terhadap pencapaian orang lain

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan ego yang besar tidak mempertanyakan rasa superioritas orang lain.

Bahkan mereka menyombongkan kelebihan dan kemampuan dirinya sendiri daripada memberikan apresiasi terhadap orang lain.

Parahnya, orang yang egonya besar memiliki rasa iri dan tidak suka atas keberhasilan dan pencapaian orang lain. Hal ini dalam psikolog dikenal dengan sebagai kecemburuan yang bermusuhan.

Intinya, kepuasan mereka berasal dari melihat orang-orang yang gagal dan terpuruk hingga hilang arah tujuan hidup.

5. Mereka kesulitan meminta bantuan

Ada perbedaan besar antara seseorang yang bermental kuat dan seseorang yang memiliki ego besar. Seseorang yang bermental kuat cenderung tidak takut untuk meminta bantuan dan mengakui kesalahannya.

Sedangkan orang yang memiliki ego besar sering kali menentang dan menolak mengakui kesalahan.

Bahkan mereka akan selalu menyangkal kelemahan sehingga mereka akan menghindari kerentanan dengan cara apapun.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #seseorang #diam #diam #punya #besar #menurut #psikologi #salah #satunya #suka #menyela #percakapan

KOMENTAR