Ini 6 Ciri-Ciri Kepribadian Intuitif, Salah Satunya Sering Mendapat Ide Secara Tiba-Tiba
Orang yang intuitif seringkali tenggelam dalam pikiran mereka sendiri. (Freepik)
09:12
14 Mei 2024

Ini 6 Ciri-Ciri Kepribadian Intuitif, Salah Satunya Sering Mendapat Ide Secara Tiba-Tiba

- Dalam Tes kepribadian MBTI, ada satu indikator yang menilai bagaimana seseorang mengumpulkan dan memproses informasi. Tes MBTI membedakannya berdasarkan dua jenis, yakni sensing dan intuitive.

Orang yang tergolong dalam tipe sensing lebih suka mengumpulkan data dan fakta serta lebih suka sesuatu yang pasti. Sedang orang bertipe intuitive terbuka terhadap berbagai kemungkinan, imajinatif dan kreatif, serta menyukai sesuatu yang abstrak.

Selain ciri-ciri tersebut, orang-orang yang lebih mengandalkan intuisi juga memiliki tanda berikut. Dilansir dari Mbgrelationships dan Truity, berikut ciri-ciri kepribadian intuitif:

1. Peka Terhadap Orang Lain

Salah satu ciri-ciri intuitif ialah peka terhadap perasaan orang lain. Orang yang intuitif dapat memahami bahkan merasakan perasaan orang lain. Namun, kepekaan ini bisa sedikit merugikan, karena kamu juga bisa terbawa perasaan negatif jika orang di sekitarmu sedang tidak baik-baik saja.

2. Dapat Mengingat Mimpi dengan Jelas

Orang yang intuitif juga disebut punya keistimewaan, salah satunya mereka mampu mengingat mimpi-mimpi mereka dengan jelas. Beberapa mimpi mereka pun kadang menjadi kenyataan dan membuat mereka berpikir bahwa mereka bisa memprediksi masa depan.

3. Dapat Merasakan Hal Negatif dari Diri Orang Lain

Pernahkah kamu bertemu dengan orang baru dan kamu langsung merasa orang tersebut bukanlah orang yang cocok untuk dijadikan teman? Kamu seperti merasa ada hal negatif dari dirinya, padahal dia tampak normal dan bersikap baik kepadamu.

Seiring berjalannya waktu, kamu pun menemukan bahwa ternyata dia memang seperti apa yang kamu pikirkan pada saat pertama kali bertemu. Rasanya aneh, tapi itu benar-benar terjadi.

Jika kamu pernah atau sering berada pada situasi tersebut, maka kamu adalah orang yang intuitif. Intuisi yang tajam membuat seseorang dapat merasakan sesuatu secara tiba-tiba.

4. Mendapat Ide Secara Tiba-Tiba

Pernahkah kamu sedang bersantai dan mencoba mengistirahatkanmu, tapi tiba-tiba sebuah ide muncul di kepalamu, padahal kamu tidak sedang mencari ide sama sekali. Jika iya, itu merupakan salah satu tanda bahwa kamu adalah orang yang intuitif.

5. Tenggelam dalam Pikiran dan Imajinasi

Orang yang intuitif juga suka secara tak sadar atau membiarkan diri mereka tenggelam dalam pikiran dan imajinasi mereka. Mereka yang intuitif sangat suka memikirkan atau membayangkan hal-hal yang mungkin orang lain tidak terlalu memikirkannya, misalnya seperti kehidupan di masa depan, makna di balik lirik lagu, filosofi di balik sebuah film atau lukisan, dan masih banyak lagi.

6. Lupa Waktu

Ketika orang yang intuitif sedang ingin mencari tahu tentang sesuatu dan hal tersebut ternyata membuatnya tertarik, ia bisa tenggelam dan lupa waktu hanya untuk mencari tahu lebih banyak tentang hal tersebut.

Misalnya kamu sedang mendengarkan album terbaru Taylor Swift, kamu pun menyukainya dan merasa tertarik untuk mencari tahu kisah di balik album tersebut, kamu pun mencari jawabannya di internet.

Setiap informasi yang kamu dapat nyatanya membuatmu semakin penasaran, kamu pun jadi penasaran dan mencari tahu perjalanan karier Taylor Swift, album-album terdahulunya, kehidupan pribadinya, kisah asmaranya, dan segala hal tentangnya hingga membuatmu lupa waktu.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #ciri #ciri #kepribadian #intuitif #salah #satunya #sering #mendapat #secara #tiba #tiba

KOMENTAR