7 Alasan Seseorang Menyukai Postingan Anda di Media Sosial, Salah Satunya karena Merasa Kasihan
Orang yang menyukai postingan (Pexels.com/Michael Burrows)
09:42
11 Mei 2024

7 Alasan Seseorang Menyukai Postingan Anda di Media Sosial, Salah Satunya karena Merasa Kasihan

Penggunaan media sosial di era saat ini seolah tidak pernah bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Semua postingan tersedia, mulai dari yang serius sampai yang sederhana.

Interaksi yang ada di media sosial seperti like, komen, atau repost sesuatu yang viral juga menjadi hal yang seolah-olah wajib dilakukan untuk tetap terhubung dengan orang lain.

Namun, interaksi virtual di media sosial tidak selamanya benar-benar jujur seperti yang terlihat. Salah satunya, tentang like atau tanda suka yang diberikan orang-orang terhadap postingan Anda.

Ternyata, ada 7 alasan di balik tanda suka yang diberikan oleh seseorang di postingan Anda. Jadi, mereka yang menyukai postingan tersebut, tidak selamanya benar-benar menyukainya.

Artikel ini akan membahas selengkapnya tentang alasan seseorang menyukai postingan Anda di media sosial.

Dilansir dari laman Grafdom pada (11/5), berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. FOMO

Takut ketinggalan (FOMO) mendorong banyak perilaku di ranah media sosial. Hal ini menjadi salah satu alasan seseorang menyukai postingan viral dan dengan antusias membagikan konten tersebut.

Alasan menyukai konten yang sedang tren biasanya muncul dari rasa ingin tetap terhubung dengan narasi atau tren yang sedang berlangsung.

Melalui gerakan virtual ini, orang-orang memanfaatkan kekuatan media sosial dan berusaha untuk menghindari keterpisahan dari kumpulannya.

Di era digital saat ini FOMO berlaku juga untuk interaksi media sosial sehingga memicu serangkaian tindakan responsif, salah satunya dengan menyukai atau mengelike postingan.

2. Tidak Disengaja

Memfokuskan diri secara dekat pada sebuah gambar yang menarik bisa memicu tindakan yang tidak diinginkan, yaitu mengetuk tombol 'like'.

Akibatnya, sebuah tanda suka yang tidak disengaja tetap tidak dapat dibatalkan. Notifikasi akan tetap masuk ke ponsel pemilik postingan tersebut.

Dalam upaya untuk mengamati gambar yang menarik, mengetuk tombol like secara tidak sengaja dapat menjadi tanda bahwa seseorang sedang meneliti, bukan berarti menyukai.

3. Rasa Suka yang Tulus

Seseorang yang menyukai postingan Anda mungkin memang menyukai hal-hal yang Anda bagikan di media sosial. Hal ini sama seperti ketika Anda menyukai postingan band favorit.

Postingan tersebut memperoleh banyak jumlah like karena memang memiliki banyak penggemar. Jadi, menyukai postingan di media sosial mungkin dilakukan seseorang karena memang menyukainya.

Ini menunjukkan bahwa di media sosial, hubungan dan apresiasi yang tulus akan tetap ada sebagai bukti sifat alamiah manusia.

4. Kesukaan jarak jauh

Media sosial berfungsi sebagai jembatan digital, yang tidak hanya menjangkau jarak geografis tetapi juga jarak waktu.

Hal ini memungkinkan kita untuk menghidupkan kembali hubungan dengan teman-teman dari masa lalu.

Dengan 'like' yang sederhana, kita menciptakan percakapan yang melampaui batas waktu dan lokasi.

5. Rasa kasihan

Melihat postingan seorang teman yang dibiarkan begitu saja tanpa tanggapan dapat membuat seseorang merasa kasihan dan seolah bertanggung jawab untuk memberikan respon.

Sebagai tanggapan, tindakan menyukai atau mengomentari postingan tersebut berkembang menjadi sesuatu yang terencana. Hal ini timbul karena empati dan rasa kasihan.

Menyukai atau menanggapi postingan orang lain menjadi sarana untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka dan menumbuhkan lingkungan yang inklusif.

6. Ingin postingannya dilike juga

Dinamika persahabatan yang rumit biasanya juga menyusup ke ranah virtual seperti media sosial. Teman yang secara konsisten memberikan like pada postingan Anda selalu memberikan reaksi timbal balik.

Hal ini menjadi aturan timbal balik yang tidak tertulis. Teman yang setia yang secara konsisten menyukai postingan Anda akan memicu interaksi timbal balik.

Jadi, salah satu alasan seseorang menyukai postingan Anda karena mereka ingin postingannya disukai juga.

7. Menegaskan eksistensi

Di dunia digital, batas antara interaksi yang asli dan tidak, menjadi semakin samar.

Memberikan 'like' virtual pada unggahan orang lain menjadi salah satu pertanda ingin mendapatkan pengakuan dari orang-orang yang berada di luar jangkauan kehidupan nyata.

Jadi, seseorang yang menyukai postingan Anda di media sosial mungkin ingin memperoleh pengakuan atas keberadaannya yang tidak bisa menjangkau Anda di dunia nyata.

Itulah 7 alasan seseorang menyukai postingan orang lain yang muncul di beranda media sosialnya. Jadi, tidak semua orang yang menyukai postingan Anda, benar-benar menyukainya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #alasan #seseorang #menyukai #postingan #anda #media #sosial #salah #satunya #karena #merasa #kasihan

KOMENTAR