Tanpa Disadari, 9 Perilaku Ini Sering Ditunjukkan oleh Orang yang Hidupnya Tidak Bahagia
Ilustrasi perilaku orang yang hidupnya tidak bahagia (sumber: Pixabay/darksouls1)
12:26
9 Mei 2024

Tanpa Disadari, 9 Perilaku Ini Sering Ditunjukkan oleh Orang yang Hidupnya Tidak Bahagia

- Ketidakbahagiaan seringkali merupakan emosi yang bersifat kompleks dan tersembunyi.

Seseorang yang tidak bahagia tidak selalu menyembunyikan emosinya, bahkan mereka sendiri terkadang tidak menyadari akan keberadaan emosi tersebut.

Meskipun mengenali tanda-tanda ketidakbahagiaan seseorang tidak selalu mudah, tetapi ada beberapa perilaku yang dapat mengisyaratkan adanya emosi tersebut pada diri seseorang.

Dengan mengidentifikasi perilaku-perilaku yang mengindikasikan ketidakbahagiaan seseorang, kita bisa menjadi lebih berempati dan memberikan dukungan kepada mereka.

Untuk mengetahui apa saja perilaku yang sering ditunjukkan oleh orang yang hidupnya tidak bahagia, JawaPos.com telah merangkum sembilan tanda-tandanya dari ideapod.com.

1. Ketidakpuasan yang terus-menerus

Ketidakbahagiaan dalam diri seseorang seringkali diwujudkan dalam bentuk ketidakpuasan secara terus-menerus. Bahkan mereka merasa tidak cukup puas dengan apa yang telah mereka capai.

Perasaan tidak puas tersebut mengakar dan terus-menerus membayangi persepsi mereka dalam hidup. Mereka tidak pernah merasa cukup dan selalu ada sesuatu yang perlu dikeluhkan.

2. Menghindari interaksi sosial

Menghindari interaksi sosial bisa menjadi salah satu indikasi ketidakbahagiaan seseorang. Mereka biasanya cenderung menarik diri dari interaksi sosial dan selalu membuat alasan untuk tidak bertemu orang lain karena dianggap terlalu mengurus tenaga.

Mereka akhirnya lebih memilih untuk menyendiri di rumah. Hal tersebut bukan merupakan me time dari seseorang yang introvert, melainkan perubahan perilaku drastis dari orang yang sebelumnya suka bersosialisasi menjadi lebih penyendiri.

3. Perubahan pola tidur

Salah satu perilaku yang umumnya ditunjukkan oleh mereka yang hidupnya tidak bahagia adalah adanya perubahan pola tidur.

Padahal tidur merupakan cara tubuh mengisi ulang energi untuk beraktivitas di hari esok.

Mereka yang tidak bahagia biasanya memiliki pola tidur yang buruk, sering mengalami insomnia hingga terbangun beberapa kali saat tidur.

Bahkan ada juga yang terlalu banyak tidur sehingga membuatnya sulit untuk bangun dari tempat tidurnya dan memulai hari.

4. Mekanisme koping yang tidak sehat

Mekanisme koping merupakan suatu cara yang dilakukan seseorang untuk menghadapi situasi yang membuat seseorang merasa tertekan atau stress.

Pada dasarnya setiap orang memiliki mekanisme yang berbeda untuk mengatasi stress. Namun, orang yang tidak bahagia seringkali menggunakan mekanisme yang tidak sehat.

Biasanya berupa makan dan minum berlebihan hingga penyalahgunaan zat. Mereka melarikan diri dari kenyataan hidup sejenak dan melampiaskannya pada kebiasaan buruk.

5. Mengabaikan perawatan diri

Seseorang yang tidak merasakan kebahagiaan dalam hidupnya seringkali mengabaikan perawan dirinya.

Seperti tidak memperhatikan pola makan, tidak menjaga kebersihan, hingga mengabaikan kesehatannya.

Mereka juga akan berhenti untuk melakukan aktivitas yang mereka sukai. Mulai dari olahraga, hobi, atau bahkan hal sederhana seperti membaca buku dan menonton acara favorit.

6. Hilangnya harapan

Hilangnya harapan merupakan salah satu tanda ketidakbahagiaan yang cukup mendalam. Orang-orang yang tidak bahagia biasanya akan kehilangan pandangan akan harapan hidup di masa depan.

Mereka cenderung akan membicarakan masa depan dengan cara yang negatif atau pesimis, serta rasa penuh keputusan asaan.

Mereka juga akan merasakan bahwa situasi mereka tidak akan pernah bisa membaik.

7. Kesulitan berkonsentrasi

Kesulitan berkonsentrasi juga merupakan salah satu tanda ketidakbahagiaan yang mendalam. Pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya mudah untuk dikerjakan menjadi sulit untuk diatasi karena kurangnya fokus.

8. Menjadi terlalu kritis

Orang yang tidak bahagia seringkali memproyeksikan perasaannya kepada orang lain dalam bentuk kritik.

Mereka akan manjadi terlalu kritis kepada orang lain, senang mencari kesalahan dan kekurangan orang lain padahal sebenernya tidak ada.

9. Mati rasa emosional

Tanda terkahir yang paling mencolok dari ketidakbahagiaan seseorang adalah mati rasa secara emosional.

Mereka yang mati rasa secara emosional tidak hanya merasa sedih atau kesal saja, melainkan tidak akan merasakan apapun.

Mereka yang mati rasa secara emosional biasanya akan mencapai titik di mana mereka terbebani oleh emosi sehingga menjadi sangat tertutup.

Bahkan mereka akan mati rasa terhadap perasaannya dan mengalami semacam kelumpuhan emosional.

Maka dari itu penting untuk kita mencari bantuan profesional apabila mendapati orang-orang yang memiliki gejala-gejala tersebut. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanpa #disadari #perilaku #sering #ditunjukkan #oleh #orang #yang #hidupnya #tidak #bahagia

KOMENTAR