6 Tanda Pasangan Anda Tidak Sepenuhnya Berkomitmen pada Hubungan Menurut Psikologi, Sering Membatalkan Rencana
Ilustrasi pasangan yang tidak sepenuhnya berkomitmen dalam hubungan (freepik/gpoinstudio)
07:56
9 Mei 2024

6 Tanda Pasangan Anda Tidak Sepenuhnya Berkomitmen pada Hubungan Menurut Psikologi, Sering Membatalkan Rencana

Komitmen adalah kunci hubungan yang sehat dan langgeng. Setiap pasangan yang sudah memutuskan menjalin ikatan cinta tentu harus mengutamakan komitmen baik perasaan ataupun rencana masa depan.

Namun, realitanya kisah romansa cinta tidak ideal itu. Ada sebagian pasangan yang tidak sepenuhnya berkomitmen dalam hubungan sehingga kerap terjadi perselisihan.

Anda mungkin juga pernah mempertanyakan tingkat komitmen pasangan Anda. Hal ini tidak melulu tentang tindakan besar atau pernyataan cinta yang jelas.

Artinya pasangan yang tidak sepenuhnya berkomitmen bisa diketahui dari tanda-tanda yang ia tunjukkan. Lantas apa saja tanda-tanda tersebut?

Dilansir dari laman Global English Editing, Kamis (9/5), ada beberapa tanda yang menunjukkan pasangan Anda tidak sepenuhnya berkomitmen dalam hubungan. Simak selengkapnya sebagai berikut.

1. Menghindari membuat rencana jangka panjang

Dalam hubungan, komitmen sering kali diartikan menjadi kemauan untuk merencanakan dan membangun masa depan bersama.

Psikologi menunjukkan bahwa jika pasangan Anda terus-menerus menghindari berdiskusi atau membuat rencana jangka panjang maka hal ini menandakan kurangnya komitmen mereka.

2. Sering kali tidak tersedia secara emosional

Ketersediaan emosional adalah indikator kunci komitmen dalam suatu hubungan. Ketersediaan emosi seperti ini bisa menjadi tanda halus dan kurangnya komitmen.

Hal ini menunjukkan bahwa pasangan Anda mungkin tidak sepenuhnya berinvestasi dalam pertumbuhan emosional dan perkembangan hubungan Anda.

3. Menunjukkan bahasa tubuh yang salah

Bahasa tubuh adalah komunikator yang kuat. Hal ini sering kali mengungkapkan lebih dari apa yang dikatakan secara verbal.

Individu yang tidak berkomitmen penuh dalam suatu hubungan mungkin menunjukkan isyarat non-verbal.

Mulai dari menghindari kontak mata, menjauhi Anda selama percakapan, atau mempertahankan postur tertutup dengan tangan atau kaki bersilang.

4. Sering membatalkan rencana

Jika pasangan Anda terus-menerus membatalkan rencana atau membuat alasan di saat-saat terakhir maka hal ini menunjukkan bahwa dia tidak memprioritaskan hubungan sebagaimana mestinya.

Komitmen sering kali muncul dengan rasa tanggung jawab untuk menjaga dan membina hubungan. Pembatalan yang sering terjadi merupakan cara bawah sadar untuk menghindari tanggung jawab itu.

5. Memisahkan kehidupan pribadinya

Dalam hubungan yang berkomitmen, biasanya ada perpaduan kehidupan. Namun, jika dalam satu hubungan ada kesenjangan yang jelas antara kehidupan pribadi maka menunjukkan pasangan Anda tidak sepenuhnya berkomitmen.

Memisahkan kehidupan pribadi ini merupakan cara untuk mempertahankan kemandirian atau menghindari komitmen yang lebih dalam.

6. Tidak membalas usaha Anda

Dalam hubungan yang berkomitmen, biasanya ada saling memberi dan menerima. Artinya kedua pasangan berupaya untuk memelihara dan menumbuhkan hubungan.

Jika Anda mendapati diri Anda terus-menerus berusaha, membuat rencana atau menjadi orang yang selalu berusaha menjangkau maka menandakan pasangan Anda tidak memiliki komitmen.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #pasangan #anda #tidak #sepenuhnya #berkomitmen #pada #hubungan #menurut #psikologi #sering #membatalkan #rencana

KOMENTAR