6 Tanda Anda Bertumbuh dan Memiliki Kedewasaan Tinggi Menurut Psikologi, Salah Satunya Mampu Mengendalikan Emosi
Ilustrasi perempuan yang sudah bertumbuh dan memiliki kedewasaan (freepik/sergeycauselove)
09:26
8 Mei 2024

6 Tanda Anda Bertumbuh dan Memiliki Kedewasaan Tinggi Menurut Psikologi, Salah Satunya Mampu Mengendalikan Emosi

– Salah satu hal baik tentang bertambahnya usia adalah kesempatan untuk tumbuh dan menjadi pribadi yang dewasa baik dari perilaku hingga pola pikir.

Mengalami pertumbuhan pribadi dan dewasa berarti mengenal diri sendiri lebih baik dan berkembang secara emosional dan mental. Lantas bagaimana Anda bisa mengetahui apakah Anda sudah tumbuh dan dewasa?

Dalam ilmu psikologi, ada beberapa tanda yang bisa membantu Anda mengungkapkan adanya pertumbuhan pribadi dan sifat kedewasaan dalam diri Anda.

Dilansir dari laman Global English Editing, Rabu (8/5), terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda sudah bertumbuh dan memiliki kedewasaan. Simak selengkapnya sebagai berikut.

1. Anda bertanggung jawab atas tindakan Anda

Bagian penting dari pertumbuhan adalah belajar mengambil tanggung jawab atas tindakan Anda.

Seorang terapis berlisensi Loriann Oberlin, MS, LCPC menyatakan bahwa mengambil tanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan adalah ciri kedewasaan.

Jika Anda pernah mencoba menyalahkan orang lain dan menghindari tanggung jawab di masa lalu tetapi di belakang ini Anda mulai berani mengakui kesalahan maka hal ini menjadi pertanda bahwa Anda telah bertumbuh menjadi dewasa.

2. Mampu bersikap terbuka terhadap masukan dan melihat tantangan sebagai peluang

Seiring bertambahnya usia, jika Anda mulai bersikap terbuka terhadap segala masukan dan melihat tantangan sebagai peluang maju dan sukses itu tandanya Anda sudah bertumbuh menjadi dewasa.

Seorang psikolog Carol Dweck menjelaskan bahwa menyadari bahwa Anda dapat belajar dan meningkatkan diri dari pengalaman itu tandanya Anda memiliki pola pikir yang berkembang.

3. Mampu mengelola dan mengendalikan emosi Anda

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang lanjut usia sering kali menangani emosi mereka dengan lebih baik.

Hal ini bukan karena usia mereka namun karena mereka telah mempelajari strategi efektif untuk mengelola reaksi mereka terhadap berbagai hal seiring berjalannya waktu.

4. Memiliki kesadaran diri

Salah satu indikator terbesar pertumbuhan pribadi adalah kesadaran diri. Kesadaran diri adalah tentang mengenali kekuatan, kelemahan dan bagaimana tindakan Anda memengaruhi orang lain.

Seorang psikolog, Daniel Goleman mengidentifikasi kesadaran diri sebagai salah satu dari lima aspek kunci dari kecerdasan emosional (EQ).

Goleman menyatakan bahwa orang yang cenderung menjadi lebih cerdas secara emosional seiring bertambahnya usia dan kedewasaan.

5. Menunjukkan empati kepada orang lain

Selain kesadaran diri, berempati terhadap orang lain juga merupakan tanda pertumbuhan.

Menurut American Psychological Association, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemauan dan keterbukaan terhadap pertumbuhan pribadi mampu membantu menumbuhkan empati.

Jika Anda sudah menunjukkan empati kepada orang lain, itu tandanya Anda sudah dalam fase perjalanan pertumbuhan pribadi dan menjadi lebih dewasa secara emosional.’

6. Mampu menerima kerentanan

Brene Brown mengungkapkan bahwa kerentanan adalah tempat lahirnya cinta, rasa memiliki, kegembiraan, keberanian, empati dan kreativitas. Kerentanan juga menjadi sumber harapan dan akuntabilitas.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kerentanan adalah salah satu elemen kunci pertumbuhan pribadi.

Dengan Anda merangkul kerentanan dan melihatnya sebagai kekuatan maka hal ini menunjukkan bahwa Anda telah bertumbuh dan dewasa.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #anda #bertumbuh #memiliki #kedewasaan #tinggi #menurut #psikologi #salah #satunya #mampu #mengendalikan #emosi

KOMENTAR