Viral Lagi, Detik-detik Koper Alissa Wahid Diobrak-abrik Bea Cukai, Putri Gus Dur sampai Dibilang TKW Taiwan
Putri sulung Gus Dur sekaligus Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid. [ANTARA]
17:57
5 Mei 2024

Viral Lagi, Detik-detik Koper Alissa Wahid Diobrak-abrik Bea Cukai, Putri Gus Dur sampai Dibilang TKW Taiwan

Bea Cukai belakangan ini menjadi perbincangan panas di media sosial. Penyebabnya, banyak warganet yang curhat mengalami pengalaman tidak menyenangkan dengan Bea Cukai. Tak sedikit pula warganet yang bercerita seolah "dipalak" oleh Bea Cukai, tepatnya sanksi dan pajak dengan nominal tak wajar.

Di tengah ramainya sorotan terhadap Bea Cukai, kisah Alissa Wahid putri Gus Dur pun kembali viral. Anak Presiden RI ke-4 ini ternyata juga pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan dengan Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Kisah yang dulu pernah beredar ini kembali dibagikan oleh akun X @/yangmi3prnew. Akun ini membagikan momen saat koper Alissa Wahid diobrak-abrik oleh petugas Bea Cukai. Tak sampai di situ, Alissa Wahid bahkan dibilang Tenaga Kerja Wanita atau TKW Taiwan oleh petugas.

Alissa Wahid itu digeledah BC (Bea Cukai). Petugas Bea Cukai berani obrak-abrik isi koper anak mantan Presiden Indonesia ke-4 hingga sebut dirinya (Alissa Wahid) TKW Taiwan,” tulis akun ini dalam cuitannya.

Pemilik nama lengkap Qotrunnada Munawaroh Wahid ini memang sempat bercerita bahwa ia diperlakukan buruk dan disangka TKW oleh petugas Bea Cukai. Ia juga mengungkap bagaimana kopernya ikut diacak-acak petugas Bea Cukai.

Pengalaman tidak menyenangkan itu sempat diceritakan Alissa lewat akun X pribadinya, @alissawahid pada Senin, 20 Maret 2023 silam.

Alissa Wahid. [Suara.com/Somad]Alissa Wahid. [Suara.com/Somad]

Dalam cuitannya, Alissa mengaku tidak bisa memastikan tahun berapa kejadian tak menyenangkan itu menimpanya. Namun, ia mengira-ngira perlakuan tak menyenangkan ini terjadi pada 2019 atau 2020, di mana kala itu ia baru pulang dari Taiwan.

Alissa sendiri pergi ke Taiwan karena akan menghadiri konferensi. Namun betapa terkejutnya saat sampai di Bandara Soeta, Alissa malah mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari pihak Bea Cukai.

Suatu ketika saya pulang dari Konferensi di Taiwan. Di Cengkareng, saya diarahkan menuju meja pemeriksaan yang di dalam itu. Mbak petugas nanya, 'Kamu pulang kerja ya di Taiwan? Berapa lama kerja di sana? Bawa apa aja? Buka kopernya'," kata Alissa dalam cuitannya. 

Petugas wanita itu tampak mencurigai Alissa. Bahkan petugas itu mencecar Alissa karena membawa koper yang besar, serta cenderung menghina pekerjaan putri Gus Dur itu yang dikira TKW.

"(Petugas): Kerja apa 3 hari di Taiwan? Kok bawaannya koper gede? Beli apa aja? Emang dibayar berapa? Kok kamu bisa belanja dan bawa barang banyak? Kamu kerja apa?" cuit Alissa menirukan perkataan petugas Bea Cukai di Bandara.

Alissa kemudian menerangkan bahwa tujuannya ke Taiwan untuk mengikuti sebuah konferensi internasional. Alissa mengaku telah menghadiri kapasitas sebagai pengelola sebuah lembaga swayada masyarakat (LSM) di Indonesia.

Setelah menerangkan profesinya, kata Alissa, eskpresi petugas Bea Cukai berubah kecut. Petugas pun melepaskan koper Alissa. Sementara itu, Alissa mengaku sangat kesal karena kopernya diobrak-abrik petugas.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #viral #lagi #detik #detik #koper #alissa #wahid #diobrak #abrik #cukai #putri #sampai #dibilang #taiwan

KOMENTAR