Inikah Sosok yang Pertama Kali Kenalkan Shin Tae-yong ke PSSI, Ternyata Hater Sendiri?
Shin Tae Yong (Instagram/shintaeyong7777)
11:07
24 April 2024

Inikah Sosok yang Pertama Kali Kenalkan Shin Tae-yong ke PSSI, Ternyata Hater Sendiri?

Nama Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong (STY) makin bersinar di kancah sepak bola dalam negeri. 

Pasalnya, ia berhasil mengawal Timnas U-23 masuk ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024, setelah menang telak atas Yordania dengan skor 4-1.

Hal itu menempatkan skuad garuda muda sebagai runner-up grup A Piala Asia U-23 2024, di bawah Qatar sebagai juara grup.

Keberhasilan ini merupakan ukiran sejarah baru dalam dunia sepak bola Indonesia. Sebab tim asuhan STY itu baru pertama kali merumput di putaran final.

Karena itu pula, kini sosok Shin Tae-yong menjadi sorotan publik. Segala hal yang berkaitan dengan dirinya menjadi pembahasan hangat di medis sosial.

Salah satunya adalah menegnai awal mula pelatih asal Korea Selatan itu bisa berlabuh di Indonesia sebagai pengasuh tim nasional.

Hal itu sempat disinggung oleh artis Darius Sinathrya melalui akun X nya @Dsinathrya beberapa waktu lalu.

Masih inget siapa yang pertama kali kontrak STY? Siapa yang kasih rekomendasi ke federasi, sekaligus jalin komunikasi awal dan meyakinkan STY u/ bikin paparan program buat TimNas?” tulisnya pada Selasa (23/4/2024).

Unggahan itu mendapatkan banyak tanggapan dari warganet lainnya. Beragam komentar bermunculan. Tak sedikit yang menyebut nama pengamat sepak bola Tommy Welly sebagai sosok yang pertama kali merekomendasikan STY pada PSSI.

Tak lain dan tak bukan adalah bung Towel. Ratu Tisha hanyalah perpanjangan tangan dari bung Towel. Sekali lagi, terima kasih bung Towel,” tulis salah satu warganet.

Bung Towel sih, Ratu Tisha hanya perpanjangan tangan dari bung towel,” sambung warganet lainnya.

Darius yang juga seorang penggemar sepak bola tanah air menanggapi komentar tersebut dengan emoji tertawa, sebagai tanda setuju.

Menariknya, sekarang ini Bung Towel justru berseberangan dengan Shin Tae-yong. Bung Towel kerap mengkritik pedas permainan pasukan Timnas di bawah asuhan Shin Tae-yong, apalagi sejak banyaknya pemain naturalisasi. Tak sedikit yang menyebut Bung Towel sebagai hater nomor 1 Shin Tae-yong.

Lantas seperti apakah sosok Tommy Welly atau Towel yang disebut-sebut sebagai sosok yang merekomendasikan STY pada PSSI? Simak ulasan berikut ini.

Profil Tommy Welly

Tommy Welly dikenal publik dengan oanggilan Bung Towel. Ia merupakan komentaor olah raga yang kerap dijadikan rujukan media.

Tommy atau Bung Towel lahir di Bandung pada 5 Maret 1971. Seakan kebetulan, ia lahir dari keluarga yang tak jauh dari olahraga.

Ayahnya merupakan salah satu mantan pemain dan pelatih sepak bola. Karena itu pula, sejak kecil Bung Towel sudah akrab dan menyukai olahraga tersebut.

Namun ia tidak pernah berkecimpung langsung di dunia olahraga. Ia malah menekuni karier sebagai jurnalis sejak masih menjadi mahasiswa.

Ketika itu ia bekerja di Harian Umum Bandung Pos dan ditugaskan pada desk olahraga. Sejak itulah wawasan dan pengetahuannya mengenai olahragfa, utamanya sepak bola terasah.

Itu pula yang membuat dirinya dipercaya menjadi komentator dan pengamat sepak bola Indonesia, salah satunya ketika Bung Towel jadi komentator ajang Indonesia Super League (ISL) di salah satu tv swasta.

Tak hanya kompetisi dalam negeri, Bung Towel juga menjadi analis dalam kompetisi luar negeri, seperti Liga Champions dan liga Eropa lainnya.

Karier dan pengalaman serta wawasannya yang cemerlang sempat membawanya ke PSSI sebagai General Manager Football Development.

Tak hanya di televisi, Bung Towel juga memiliki channel YouTube GOCEK BUNG TOWEL yang memiliki subscriber 115 ribu. 

Channel itu memiliki lebih dari 300 video, kebanyakan berisi mengenai pandangannya terhadap olahraga sepak bola.                                                                                                                 

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #inikah #sosok #yang #pertama #kali #kenalkan #shin #yong #pssi #ternyata #hater #sendiri

KOMENTAR