Vicky Prasetyo dan Umi Pipik Siapkan Kain Kafan Sebelum Meninggal, Memang Apa Hukumnya Dalam Islam?
kolase foto Vicky Prasetyo dan Umi Pipik. [suara.com]
13:53
22 April 2024

Vicky Prasetyo dan Umi Pipik Siapkan Kain Kafan Sebelum Meninggal, Memang Apa Hukumnya Dalam Islam?

Belakangan ini kesiapan Vicky Prasetyo dan Umi Pipik terkait dengan hari kematian tengah menjadi sorotan. Pasalnya kedua selebritis itu sama-sama telah menyiapkan kain kafan yang tentu diperlukan untuk pemakaman mereka kelak.

Vicky sendiri mempersiapkan kain kafannya pasca berulangtahun yang ke-40. “Usia 40 tahun itu sudah penuh kekhawatiran ketika kita dihadapkan dengan Tuhan. Saya pun sudah siapkan kain kafan beberapa, kelak aku pengin dimakamkan dekat dengan ibu dan istriku yang pertama, ingin dijejerin,” tutur Vicky, dikutip pada Senin (22/4/2024).

Sementara Umi Pipik mengaku sengaja menyiapkan kain kafan dari jauh-jauh hari supaya tidak merepotkan keluarga dan kerabat yang akan ditinggalkannya nanti. “Kita sudah amanahkan ke anak-anak,” imbuh istri almarhum Uje tersebut.

Ilustrasi meninggalnya seorang santri Ponpes Al Hanifiyah Kediri. (Unsplash)Ilustrasi meninggal. (Unsplash)

Lantas bagaimana agama Islam memandang seorang Muslim yang sudah menyiapkan kain kafan sejak jauh-jauh hari seperti Vicky Prasetyo dan Umi Pipik?

Ustaz Abdul Somad pernah menjawabnya di salah satu kajian, sebagaimana dilihat di unggahan kanal YouTube Ainul Hayat. Dengan tegas, pemuka agama kelahiran 18 Mei 1977 itu memuji seorang Muslim yang sudah mempersiapkan hari kematiannya dengan baik, termasuk menyiapkan kain kafan.

“Apa hukum menyiapkan kain kafan sebelum meninggal?” tutur Ustaz Abdul Somad membacakan pertanyaan jemaahnya. “Baik, untuk siap-siap mati.”

Bagi Ustaz Abdul Somad, mempersiapkan kain kafan adalah peringatan agar umat Muslim senantiasa mengingat ajal. Karena itulah, Ustaz Abdul Somad juga menyarankan supaya para pejabat memakai kain kafan sebagai sorban di kepalanya sehingga tidak berani melakukan korupsi.

“Mengapa besar-besar sorban sultan Turki itu? Sorban sultan Turki itu bukan sorban, itu kain kafan, bagus. Kalau perlu gubernur, presiden, kasih kain kafan di kepalanya, biar takut dia korupsi, jangan makan (yang) haram,” pungkas Ustaz Abdul Somad.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #vicky #prasetyo #pipik #siapkan #kain #kafan #sebelum #meninggal #memang #hukumnya #dalam #islam

KOMENTAR