Mengapa Berbicara Terasa Lebih Sulit Bagi Seorang Introvert? Simak Penjelasannya Dibawah Ini
Mengapa berbicara lebih sulit bagi Introvert?./introvertdear.com
11:08
18 April 2024

Mengapa Berbicara Terasa Lebih Sulit Bagi Seorang Introvert? Simak Penjelasannya Dibawah Ini

– Jika Anda seorang introvert, terkadang menyusun kata-kata terasa sangat sulit. Masalah bicara seorang introvert mungkin membuat mereka dicap sebagai orang yang pendiam atau pemalu. Padahal kenyataannya, mereka punya banyak hal untuk dikatakan.

Terkadang situasi ini berdampak negatif pada diri mereka para introvert, karena mereka terlihat seperti tidak tahu apa yang sedang orang-orang bicarakan.

Padahal, banyak introvert yang suka belajar dan sering kali menjadi ahli dalam bidang yang mereka pilih.

Namun, dalam masyarakat yang cenderung lebih menghargai pembicara yang cepat, sering, dan spontan, menjadi seorang introvert ditengah-tengahnya bisa jadi merupakan hal yang sangat sulit.

Seperti yang saya jelaskan dalam buku The Secret Lives of Introverts, “masalah kata-kata” para introvert mungkin ada hubungannya dengan ingatan jangka panjang.

Meskipun disimpan untuk jangka waktu yang lama (seperti namanya), informasi yang disimpan dalam memori jangka panjang sebagian besar berada di luar kesadaran mereka.

Terkadang informasinya cukup mudah diakses (seperti apa yang Anda makan untuk sarapan pagi ini), sementara kenangan lain sulit untuk diingat (seperti apa yang Anda makan untuk sarapan hari ini dua tahun lalu).

Bandingkan memori jangka panjang dengan memori kerja (terkadang disebut memori jangka pendek), yang terbatas dan menyimpan informasi hanya dalam hitungan detik.

Memori kerja menempatkan informasi di ujung lidah Anda. Mudah diakses, tetapi Anda tidak akan menyimpannya lama-lama, kecuali Anda memindahkannya ke penyimpanan jangka panjang.

Inilah yang menarik, introvert cenderung lebih menyukai memori jangka panjang dibandingkan memori kerja, sedangkan ekstrovert melakukan sebaliknya, menurut Dr. Marti Olsen Laney dalam bukunya tahun 2002, The Introvert Advantage. Dan preferensi terhadap ingatan jangka panjang ini dapat membuat ucapan menjadi sulit bagi kita sebagai “orang yang tenang”.

Alasan lain mengapa berbicara sulit bagi introvert adalah karena rasa cemas mereka. Memang benar tidak semua introvert mengalami kecemasan sosial, dan tidak semua orang yang cemas adalah introvert. Bahkan beberapa orang ekstrover pun merasakannya!

Namun demikian, tidak jarang para introvert mengalami tingkat stres dan ketidaknyamanan tertentu dalam beberapa situasi sosial, baik mereka didiagnosis menderita gangguan kecemasan atau tidak.

Lagi pula, zona nyaman mereka adalah kembali ke rumah, sendirian, dengan buku atau pertunjukan bagus.

Siapa pun yang pernah menderita kecemasan tahu bahwa hal itu menguras mental dan emosional. Pengurasan mental ini dapat membuat kita lebih sulit berpikir, fokus, dan mengingat informasi.

Selama masa-masa kecemasan, baik besar atau kecil ini, hormon stres kortisol dilepaskan. Dimana hal ini antara lain dapat mengganggu daya ingat dan konsentrasi Anda, sehingga membuat Anda lebih kesulitan untuk berbicara.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #mengapa #berbicara #terasa #lebih #sulit #bagi #seorang #introvert #simak #penjelasannya #dibawah

KOMENTAR