Profil Asep Adang: Sopir Fortuner Pelat TNI yang Tabrak Mobil Wartawan, Arogan Ngaku Adik Jenderal
Pengemudi Toyota Fortuner pelat TNI marah seusai menabrak mobil wartawan di Tol Japek KM 57. (Istimewa)
12:22
13 April 2024

Profil Asep Adang: Sopir Fortuner Pelat TNI yang Tabrak Mobil Wartawan, Arogan Ngaku Adik Jenderal

Seorang pengendara mobil Fortuner dengan pelat Mabes TNI marah-marah setelah diduga berselisih dengan pengendara mobil wartawan di Tol Jakarta-Cikampek KM 57. Tidak sampai di situ, pengendara mobil Fortuner itu juga sempat menabrakan mobilnya ke mobil wartawan yang berselisih dengannya.  Dalam video viral, pria itu mengendarai mobil Fortuner hitam berpelat nomor Mabes TNI 84337-00. 

Dalam narasi video, pengendara Fortuner itu marah-marah usai menabrak mobil lain hingga mengaku sebagai adik seorang jenderal. Awalnya pengendara Fortuner itu mengaku sebagai anggota TNI yang punya kakak seorang jenderal yang bertugas di Mabes TNI. Lantas siapa sebenarnya sopr Fortuner pelat TNI yang arogan tabrak mobil wartawan itu? Simak penjelasan berikut ini.

Profil Sopir Fortuner Pelat TNI yang Arogan Tabrak Mobil Wartawan

Pengendara Fortuner yang marah di Tol Jakarta Cikampek usai tabrak mobil wartawanPengendara Fortuner yang marah di Tol Jakarta Cikampek usai tabrak mobil wartawan

Mabes TNI telah menelusuri dan menyelidiki insiden pengendara mobil Fortuner berpelat nomor mabes TNI yang cekcok dengan warga di Tol Jakarta-Cikampek. Mobil Fortuner itu menggunakan pelat 84337-00 dengan pajak yang telah mati yakni 02-24.

Dari identifikasi Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI, pelat mobil Fortuner itu memang resmi milik Mabes TNI. Pemilik Fortuner itu adalah Asep Adang yang merupakan purnawirawan perwira tinggi atau pensiunan berpangkat jenderal.

Berdasarkan penelusuran, Asep Adang adalah pensiunan jenderal TNI AU. Dia purnatugas pada tahun 2020 lalu dengan pangkat terakhir jenderal bintang dua atau marsekal muda di TNI AU. Sementara itu jabatan terakhirnya adalah Sekretaris Utama BNPT.

Selain itu, Asep Adang adalah Guru Besar di Universitas Pertahanan (Unhan) di bawah Kementerian Pertahanan RI. Rekam jejak pendidikannya adalah lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1985 dari Korps Penerbang.

Dia memulai karier sebagai penerbang pesawat transpor dengan rating pada F-27 Troopship, CN-235 dan Boeing 737-200 VIP. Berbagai penugasan mulai dari bidang operasi, staf, hingga pendidikan, sudah dilakoni oleh Asep Adang.

Asep Adang pernah menjabat sebagai Komandan Skuadron Udara 2/Angkut Ringan, Kepala Dinas Operasi Lanud Halim Perdanakusuma, Komandan Korps Siswa Seskoau. Jabatan lainnya adalah Komandan Lanud Husein Sastranegara Bandung, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Wakil Komandan Kodikau hingga Kepala Dinas Survei dan Pemotretan Udara. 

Ketika menjabat Komandan Lanud Husein Sastranegara, Asep Adang memiliki peran penting terkait penyelenggaraan Bandung Air Show. Sementara itu ketika menjabat Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, dia mendirikan Museum Dirgantara sebagai tempat mempelajari sejarah singkat TNI AU, khususnya Lanud Halim.

Viral di Media Sosial

Mobil Fortuner berpelat dinas Mabes TNI  yang pengemudinya arogan di jalan, mengaku adik Jenderal TNIMobil Fortuner berpelat dinas Mabes TNI yang pengemudinya arogan di jalan, mengaku adik Jenderal TNI

Pria pengemudi Toyota Fortuner dengan pelat Mabes TNI diduga sengaja menabrakkan mobilnya dengan mobil wartawan di belakangnya di km 57 Tol Jakarta-Cikampek. Si pengendara, seorang wanita yang merasa ditabrak itu merekam sopir Fortuner itu hingga keduanya saling adu mulut.

Dia merekam percakapan itu dan videonya diunggah ke X melalui akun @tantekostt. Peristiwa yang viral itu terjadi Tol Jakarta-Cikampek (Japek) km 57, tanpa diketahui tanggalnya.

Keributan itu viral karena pengendara Toyota Fortuner menggunakan pelat Mabes TNI dengan nomor 84337-00. Dalam narasi video, pengendara Fortuner marah-marah usai menabrak mobil wartawan hingga mengaku sebagai adik seorang jenderal.

Awalnya pengendara Fortuner mengaku sebagai anggota TNI sekaligus memiliki kakak seorang jenderal yang bertugas di Mabes TNI. Pengendara Fortuner itu balik marah karena ditegur usai menabrak mobil milik perekam video yang merupakan seorang wartawan.

Dalam video selanjutnya, pengendara Fortuner itu sudah turun dari mobilnya dan merekam pengendara mobil yang dia tabrak menggunakan kamera ponsel.

Pengendara Fortuner itu mengaku sebagai anggota TNI sekaligus adik seorang jenderal. Kemudian pengendara Fortuner terlihat meminta kartu tanda pengenal orang yang merekam video yang tak lain seorang wartawan.

Namun pengendara Fortuner itu disebut menghilang padahal sebelumnya mengaku akan bertanggung jawab. Kronologi sebelum terjadi cekcok karena mobil Fortuner  melaju di bahu jalan sebelah kiri kemudian memotong ke kanan hingga menabrak mobil wartawan. 

Selain itu video juga memperlihatkan foto bagian depan mobil wartawan tampak ringsek akibat ditabrak bumper besi mobil berpelat TNI. 

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #profil #asep #adang #sopir #fortuner #pelat #yang #tabrak #mobil #wartawan #arogan #ngaku #adik #jenderal

KOMENTAR