Kenali 5 Tipe Kepribadian MBTI yang Paling Tidak Sensitif, Mereka Tidak Peka dan Cenderung Mengabaikan Perasaan
5 tipe kepribadian MBTI yang berada diurutan teratas yang paling tidak sensitif.(pexels/emre keshavarz)
14:52
11 April 2024

Kenali 5 Tipe Kepribadian MBTI yang Paling Tidak Sensitif, Mereka Tidak Peka dan Cenderung Mengabaikan Perasaan

Menurut Andre Sólo, salah satu penulis Sensitive dan salah satu pendiri Sensitive Refuge, otak sensitif sebenarnya terprogram untuk memproses semua informasi secara lebih mendalam.   Hal ini secara efektif akan menghabiskan lebih banyak waktu dan sumber daya mental. Artinya, orang yang sensitif cenderung memperhatikan setiap detail yang seringkali terlewatkan oleh orang lain.   Faktanya, meskipun salah satu dari 16 tipe kepribadian Myers-Briggers (MBTI) bisa jadi sensitif, ada beberapa tipe tertentu yang sering kali hampir tidak sensitif sama sekali.  

  Dilansir dari highlysensitiverefuge.com, Kamis (11/4), berikut 5 tipe kepribadian MBTI yang berada diurutan teratas yang paling tidak sensitif dibanding yang lainnya.   1. ISTJ   ISTJ berada diurutan pertama sebagai tipe kepribadian MBTI yang paling tidak sensitif. Mereka lebih suka berkonsentrasi pada kebutuhan materi daripada emosi. Namun, mereka berusaha keras untuk memastikan orang yang mereka cintai terlindungi.    Karena kurangnya kepekaan emosional, ISTJ sering kali memilih untuk menekan perasaannya demi mencapai tujuannya. Mereka sering mengabaikan sesuatu dan tidak mudah marah oleh orang lain.  

  2. ESTJ   Orang ESTJ lebih suka mengabaikan perasaannya sendiri dan memiliki keyakinan yang kuat. Mereka menghormati efektivitas dan ingin menyelesaikan tugas. Karena mereka tidak yakin bagaimana merespons emosi berlebihan orang lain, ESTJ sering kali merasa tidak nyaman.    Ketika seseorang yang mereka sayangi mengatakan atau melakukan sesuatu yang menyakiti mereka, mereka mungkin menjadi sensitif, namun mereka biasanya menanggapinya dengan amarah. Ketika seseorang memicu emosinya, ESTJ benci karena tidak bisa mengendalikan emosinya dan menjadi sangat marah.    3. ENTJ   ENTJ adalah orang-orang yang brilian tetapi mereka memiliki dua sifat yang bertentangan dengan sensitivitas. Pertama, mereka sering mendorong segala sesuatunya maju secepat mungkin, kebalikan dari pendekatan HSP yang lambat dan bijaksana.   

  Kedua, meskipun mereka bisa sangat hangat dan ramah, empati mereka sering kali bersifat transaksional – memberikan bantuan kepada orang lain saat mereka tahu bahwa orang tersebut akan membalas kebaikan mereka di masa depan.   Faktanya, ENTJ tidak terlalu menganggap dirinya sensitif, dan mereka sering kali menganggap penampilan emosional itu menjengkelkan. Mereka bahkan mungkin menekan emosinya sendiri dalam upaya berkonsentrasi pada hal yang paling penting bagi mereka.   Kuat dan bersemangat, ENTJ terus berupaya meningkatkan produktivitas dan tingkat upaya mereka. Mereka sangat marah ketika orang lain membiarkan emosi menguasai mereka karena mereka menganggap orang yang dapat melakukan tugas dengan kemampuan terbaiknya. Ucapan orang lain jarang sekali menggugah ENTJ karena mereka bukan orang yang terlalu sensitif.   

  4. INTP   Fakta bahwa INTP lebih menghargai nalar daripada perasaan tidak berarti bahwa mereka juga tidak sensitif. Mereka sering kali kurang memiliki kesadaran diri yang terkadang membuat mereka menekan emosinya.    INTP lebih suka mencari penjelasan logis atas suatu peristiwa, terutama jika menyangkut perasaan. Kecenderungan untuk menyimpan sesuatu di dalam hati kadang-kadang dapat melemahkan INTP secara emosional seiring berjalannya waktu.    Secara keseluruhan, INTP menunjukkan kepekaan dalam hal menjadi pemikir yang mendalam dan mungkin juga sangat kreatif. Namun, mereka mungkin kesulitan dalam berempati atau memahami emosi mereka sendiri, dan cenderung tidak dinilai sebagai orang yang sangat sensitif.  

  5. ESTP   ESTP cenderung bergerak secara terus-menerus, namun tetap menghargai masa kini. Mereka juga mengambil keputusan dengan cepat tanpa menghabiskan waktu terlebih dulu untuk merenung.   Hal ini menjadikan mereka kebalikan dari orang yang sensitif. Meskipun ESTP tidak terlalu mementingkan perasaan, mereka akan tetap bereaksi ketika orang yang mereka cintai melakukan sesuatu.    Meskipun ESTP adalah individu yang penuh kasih sayang, jika mereka melihat orang lain tidak menghargai mereka, mereka juga akan bereaksi keras dan melakukan hal yang sama kepada mereka.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #kenali #tipe #kepribadian #mbti #yang #paling #tidak #sensitif #mereka #tidak #peka #cenderung #mengabaikan #perasaan

KOMENTAR