Apakah Anak Kecil Wajib Zakat Fitrah? Ini Panduannya untuk Orang Tua
Apakah anak kecil wajib zkat fitrah (freepik)
16:49
9 April 2024

Apakah Anak Kecil Wajib Zakat Fitrah? Ini Panduannya untuk Orang Tua

Zakat fitrah merupakan zakat yang hukumnya wajib dikeluarkan saat Ramadhan. Namun, apakah anak kecil wajib zakat fitrah?

Sebagai salah satu rukun Islam, salah satu tujuan zakat fitrah adalah mensucikan jiwa, membersihkan harta, sekaligus menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan.

Apakah anak kecil wajib zakat fitrah?

Seperti yang disebutkan di atas, meski tak memiliki harta, selama datang dari keluarga yang mampu, anak-anak tetap wajib membayar zakat fitrah.

Bagi anak-anak yang belum baligh atau belum punya harta sendiri, kewajiban pembayaran bisa dilakukan oleh orang tua, tepatnya ayah.

Sejak umur berapa anak kecil wajib zakat fitrah?

Selama terlahir sebelum adzan maghrib 1 Syawal, anak-anak diwajibkan membayar zakat. Artinya, bayi yang lahir sebelum adzan maghrib puasa Ramadhan hari terakhir memiliki kewajiban membayar zakat.

Aturan ini sebagaimana yang tertulis dalam Fath al-Qarib oleh Qasim al-Ghazi berikut.

فصل (وتجب زكاة الفطر) ويقال لها زكاة الفطرة أي الخلقة (بثلاثة أشياء: الإسلام)؛ فلا فطرة على كافر أصلي إلا في رقيقه وقريبه المسلمين، (وبغروب الشمس من آخر يوم من شهر رمضان). وحينئذ فتُخرَج زكاة الفطر عمن مات بعد الغروب دون من وُلد بعده، (ووجود الفضل) وهو يسار الشخص بما يفضل (عن قوته وقوت عياله في ذلك اليوم)، أي يوم عيد الفطر وكذا ليلته أيضا


Artinya: Fasal (Wajib membayar zakat fitrah) diungkapkan dengan ‘ zakat fitrah’, yang artinya zakat badan (dengan tiga syarat: 1) Islam), maka tidak wajib menunaikan zakat fitrah bagi orang kafir, kecuali untuk budak dan kerabat muslim. (2) mendapati hingga terbenamnya matahari pada akhir bulan Ramadan) dengan demikian, wajib membayar zakat fitrah dari orang yang meninggal dunia setelah terbenamnya matahari, terkecuali bagi anak yang dilahirkan setelah terbenamnya matahari. (3) memiliki persediaan lebih) yaitu seseorang memiliki kemudahan/kesanggupan sehingga mampu melebihi dari bahan makanan untuk dirinya sendiri dan keluarganya di hari tersebut, maksudnya siang harinya hari raya Idul Fitri, begitu juga untuk malam harinya. [Fatḥ al-Qarīb al-Mujīb (Beirut: Dār Ibnu Ḥazm), hlm. 130]

Dengan begitu, apabila Anda melahirkan setelah adzan maghrib di hari terakhir puasa bulan Ramadhan, bay tersebut tidak mendapatkan kewajiban membayar zakat fitrah.

Niat zakat fitrah untuk anak laki-laki

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an waladii (nama anak) fardhan lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku (nama anak), fardu karena Allah Ta’aalaa.”

Niat zakat fitrah untuk anak perempuan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an binti (nama anak) fardhan lillahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku (nama anak), fardu karena Allah Ta’aalaa.”

Nah, itulah penjelasan apakah anak kecil wajib zakat fitrah dan bacaan niatnya.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #apakah #anak #kecil #wajib #zakat #fitrah #panduannya #untuk #orang

KOMENTAR