7 Tanda Harga Diri Pria Sedang Terluka Meskipun Berusaha Disembunyikan, Salah Satunya Menjadi Sangat Pendiam
Ilustrasi pria mengisolasi diri dari komunitas yang mendukungnya sebagai salah satu tanda harga dirinya terluka. (pexels/ Andrea Piacquadio)
12:16
9 April 2024

7 Tanda Harga Diri Pria Sedang Terluka Meskipun Berusaha Disembunyikan, Salah Satunya Menjadi Sangat Pendiam

 – Sifat manusia memang kompleks baik pria maupun wanita ada potensi untuk merasa sakit hati dah terluka namun mereka terkadang bisa sembunyi di balik kekecewaan tersebut dengan alih kekuatan atau ketabahan.

Selama menyembunyikan hal tersebut tentu mereka dituntut untuk menekan emosi yang mana hal ini sangat rentan muncul rasa kesombongan yang tidak disadari.

Ada hal yang mampu melindungi seorang pria adalah sifat kebanggaan. Sifat ini bisa menjadi perisai hati terluka dan menjadi cara dia untuk menavigasi dunia.

Memahami tanda pria yang harga dirinya sedang terluka sangat penting bukan hanya sekedar membuka kelemahan namun tentang memupuk rasa empati dan hubungan otentik untuk mendukung orang yang Anda sayangi.

Dilansir dari laman The Vessel, terdapat beberapa tanda pria yang harga dirinya terluka meskipun sudah berusaha menyembunyikan diantaranya :

1. Dia menjadi sangat pendiam

Kebanggaan seorang pria terkait erat dengan kemampuannya untuk mengekspresikan diri dan berkontribusi secara bermakna dalam percakapan. Namun saat harga dirinya terluka, dia akan mundur dan lebih banyak diam.

Diam ini adalah caranya dia untuk melindungi harga dirinya yang terluka. Hal ini bisa dikenal dengan istilah mekanisme pertahanan diri untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Pria yang memunculkan tanda ini artinya dia membutuhkan waktu sendiri untuk memproses pikiran dan emosinya. Oleh karena itu, ketika Anda menjumpai pria seperti ini maka perlu memberikan ruang dan tidak perlu memaksa untuk berbicara.

2. Dia menghindari kerentanan

Pria yang sedang terluka harga dirinya biasanya menghindari situasi yang dapat mengungkap kelemahan atau kekurangan yang mereka rasakan. Hal ini dapat bermanifestasi sebagai keengganan terhadap percakapan mendalam, film emosional atau segala bentuk kritik.

Tak sedikit orang yang memaknai kerentanan ini adalah kelemahan termasuk untuk laki-laki. Namun kerentanan ini adalah bagian integral dari kemanusiaan yang sering dikenal dengan jalan menuju hubungan yang otentik.

Pada intinya, sangat penting untuk menghadapi situasi apapun dengan empati, pengertian dan kesabaran. Tidak lupa dengan menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong komunikasi terbuka sehingga Anda bisa membantu dalam menghadapi kerentanan tersebut.

3. Dia menjadi terlalu defensif

Ketika harga diri pria sedang terluka biasanya dia menjadi terlalu defensif yang artinya dia lebih menanggapi dengan tanggapan tidak seimbang pada sesuatu yang lelucon atau hanya kritik kecil.

Meningkatnya sikap ini sejatinya merupakan tanda adanya perjuangan yang mendasar. Pria tersebut merasa bahwa identitas sedang diserang dan sikap ini adalah salah satu cara untuk melindungi harga dirinya yang terluka.

4. Menunjukkan kurangnya belas kasihan pada diri sendiri

Welas asih atau belas kasihan merupakan sikap tentang memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan dan pengertian yang sama seperti yang Anda tunjukkan kepada teman baik.

Welas asih juga berbicara tentang mengakui rasa kemanusiaan dan memahami bahwa setiap orang mengalami penderitaan dan kemunduran. Namun pada saat harga diri pria terluka, dia menunjukkan kurangnya rasa belas kasihan terhadap diri sendiri.

Dia bisa saja bersikap keras terhadap diri sendiri sehingga mengabaikan pencapaiannya serta memperbesar kesalahan-kesalahannya.

5. Mengisolasi dirinya dari komunitas

Pria yang harga dirinya terluka biasanya mulai mengasingkan diri dari komunitas yang memberikan dukungan dan pengertian. 

Isolasi ini bukan tentang perlunya waktu menyendiri atau menjadi introvert namun ini adalah kemunduran dan penarikan diri dari interaksi sosial yang berpotensi mengekspos harga dirinya terluka.

6. Terlibat dalam sikap mencela diri sendiri secara berlebihan

Kerendahan hati adalah suatu kebajikan yang bisa mengenali keterbatasan kita, mengakui kesalahan dan terbuka terhadap pembelajaran.

Namun pada saat pria terluka harga dirinya maka dia akan menunjukkan sikap mencela diri sendiri secara berlebihan terlebih bisa merugikan diri sendiri.

Ini bukan tentang menjadi rendah hati atau memiliki selera humor yang baik namun tentang ekspresi terselubung dari harga dirinya yang sedang terluka. Dengan mencela diri sendiri merupakan mekanisme pertahanan diri terhadap potensi kritik atau penilaian.

7. Terlalu fokus pada kekayaan materi

Ketika pria sedang terluka harga dirinya, maka sudut pandang dia beralih untuk mengumpulkan kekayaan. Ini bukan tentang mengejar keamanan finansial atau kesuksesan namun ini adalah bentuk upaya yang salah satunya untuk memperbaiki egonya yang terluka melalui tanda kekayan dan pengakuan masyarakat.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #tanda #harga #diri #pria #sedang #terluka #meskipun #berusaha #disembunyikan #salah #satunya #menjadi #sangat #pendiam

KOMENTAR