Simak 7 Alasan Introvert Perlu Meluangkan Waktu Sendirian, Salah Satunya Mulai Merasa Stres
Ilustrasi: Seorang introvert luangkan waktu sendirian. Sumber foto: Freepik
09:58
8 April 2024

Simak 7 Alasan Introvert Perlu Meluangkan Waktu Sendirian, Salah Satunya Mulai Merasa Stres

Mungkin tidak mengherankan jika orang introvert cenderung menghabiskan lebih banyak waktu sendirian dibandingkan ekstrovert. Alasan dibalik hal ini sebenarnya cukup rumit.

Introvert mengandalkan waktu sendirian untuk mengisi ulang baterai sosial mereka, melakukan refleksi diri, dan memproses pengalaman yang mereka alami bersama orang lain. Tanpa jumlah waktu menyendiri yang cukup, introvert bisa mudah tersinggung, lelah, kurang tidur, dan sulit berkonsentrasi.

Meskipun beberapa introvert menantikan waktu bersama teman-teman dan keluar rumah, mereka pasti perlu meluangkan waktu sendirian untuk kembali ke tingkat energi yang nyaman. Dikutip All About Introverts, Senin (8/4), berikut alasannya:

Baterai sosial terbatas

Meskipun ekstrovert mungkin lebih ekspresif dalam hal kegembiraan berada di dekat orang lain dalam lingkungan sosial, introvert sebenarnya cenderung merasa bahagia dalam situasi seperti ini juga.

Mereka mempunyai kapasitas lebih kecil untuk melakukan hal tersebut. Akibatnya, orang introvert memiliki daya sosial terbatas daripada mereka yang menunjukkan sifat-sifat ekstrovert.

Orang introvert mencapai kapasitas rangsangan lebih cepat, berarti mereka harus meninggalkan situasi tersebut lebih awal. Ini bisa berarti meninggalkan acara setelah satu jam, menolak keluar malam di akhir pekan, atau menetapkan batas waktu untuk makan malam.

Batasan-batasan ini penting dipertahankan untuk memastikan cukup waktu menyendiri demi mengisi kembali baterai sosial.

Butuh waktu untuk berproses

Salah satu dari banyak kualitas yang dimiliki introvert adalah empati. Hal ini mengakibatkan internalisasi kata-kata dan perasaan orang lain yang memerlukan waktu pemrosesan serius untuk memilahnya.

Ketika orang-orang di sekitar introvert mengalami tingkatan emosi, mereka mungkin mulai menerimanya. Hal ini terkait dengan kemampuan intuitif dan sensitif dari orang introvert.

Meskipun sifat ini membuat orang lain merasa diperhatikan dan nyaman, sifat ini sangat merangsang dan melelahkan bagi para introvert. Nah, kesendirian memungkinkan pemrosesan dan penyimpanan informasi yang dikumpulkan selama pengalaman sosial.

Mengalami kelelahan

Kelelahan terjadi ketika kelelahan emosional muncul dan tidak ada lagi yang bisa diberikan sejauh energi terkuras. Hal ini memiliki kemampuan untuk menyebar ke bidang kehidupan lain seperti pekerjaan, hubungan percintaan, dan keluarga.

Para introvert perlu mendapatkan waktu menyendiri untuk menghindari perasaan jenuh tersebut. Hal ini berkontribusi dalam menjaga keseimbangan antara aktivitas sosial dan waktu berkualitas dengan diri sendiri.

Perawatan diri itu penting

Tidak ada waktu yang lebih baik untuk memanjakan diri dalam perawatan diri selain saat sendirian.

Salah satu cara paling bermanfaat menjaga tubuh dan pikiran adalah dengan rutin mempraktikkan teknik perawatan diri. Beberapa cara paling efektif dengan melakukan aktivitas seperti membaca, mandi busa, meditasi, atau jalan-jalan di alam.

Apa pun metode yang dipilih, meluangkan waktu sendirian dan mencurahkannya untuk perawatan diri jadi metode terbaik mengisi ulang baterai seorang introvert.

Agar berfungsi dengan benar

Menemukan keseimbangan adalah kunci mendapatkan fungsi yang optimal terutama dalam hal pekerjaan dan hubungan pribadi.

Terlalu banyak waktu menyendiri mengakibatkan perasaan kesepian dan terisolasi, sedangkan terlalu sedikit waktu menyendiri menyebabkan rangsangan berlebihan dan kelelahan.

Ketika introvert mengalami keseimbangan antara waktu menyendiri dan rangsangan sosial, mereka cenderung berfungsi dengan baik dalam segala kapasitas. Hal ini membantu mengurangi stres yang timbul akibat perjuangan di tempat kerja atau di rumah, meningkatkan perasaan damai secara keseluruhan.

Harus memprioritaskan diri sendiri

Orang introvert cenderung berempati hingga melakukan kesalahan. Ketika seseorang terus mendahulukan orang lain sebelum dirinya sendiri dalam jangka waktu lama, mereka mungkin mulai menderita baik secara fisik maupun mental.

Contohnya terus mengiyakan permintaan teman yang membutuhkan sesuatu. Pada titik tertentu, mereka akan mulai kurang tidur, mudah tersinggung, dan membangun kebencian.

Memprioritaskan diri sendiri dan memastikan untuk menolak ketika waktu menyendiri diperlukan adalah kunci mengurangi risiko timbulnya perasaan negatif ini.

Mulai merasa stres

Siapa pun yang pernah berada dalam situasi ini tidak lagi merasakan keinginan untuk pergi dan memahami betapa tidak nyamannya perasaan tersebut.

Banyak introvert juga memiliki sifat menyenangkan, membuat mereka bertahan dalam situasi sosial lebih lama dari yang mereka inginkan. Ketika ini terjadi, perasaan stres mungkin mulai muncul ke permukaan. Stres merupakan reaksi negatif dalam tubuh dan harus diatasi.

Cara terbaik bagi para introvert untuk mencegah atau menangani stres ini dengan meluangkan waktu sendirian untuk kembali ke kondisi awal. Aktivitas seperti yoga atau jalan-jalan bisa mengurangi stres secara signifikan.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #simak #alasan #introvert #perlu #meluangkan #waktu #sendirian #salah #satunya #mulai #merasa #stres

KOMENTAR