8 Tanda Pria Menjadi Pasangan Hidup yang Bisa Diandalkan Menurut Psikologi, Salah Satunya Konsistensi
Ilustrasi hubungan yang romantis dan bermakna karena memiliki unsur kepercayaan (pexels/ Lauren Hogue)
08:34
8 April 2024

8 Tanda Pria Menjadi Pasangan Hidup yang Bisa Diandalkan Menurut Psikologi, Salah Satunya Konsistensi

– Seorang psikolog menunjukkan bahwa setiap manusia memiliki stereotip yang bisa membedakan antara pasangan hidup yang baik dan tidak. Ada faktor yang lebih dari sekadar menjadi baik atau menawan.

Tak sedikit orang belum memahami apa yang sebenarnya dicari dalam diri seorang pasangan. Banyak mengira memilih pasangan yang hanya mencintai kita tanpa pertimbangan yang lain.

Memilih pria yang cocok sebagai pasangan hidup memang tidak boleh asal karena dia akan menjadi seorang pemimpin dalam rumah tangga. Apa jadinya jika pemimpin rumah tangga tidak bisa diandalkan?

Dilansir dari laman Expert Editor, terdapat beberapa tanda pria menjadi pasangan hidup yang bisa diandalkan diantaranya:

  1. Memiliki kecerdasan emosional yang baik

Indikator yang bisa membedakan antara pria yang bisa dan tidak diandalkan dari kecerdasan emosional. Pria yang menjadi pasangan hidup bisa diandalkan mempunyai kecerdasan emosional yang baik. Dia mampu mengelola dan memahami emosi dirinya sendiri.

Dengan mempunyai kecerdasan emosional yang baik, dia bisa mampu melewati pasang surut kehidupan tanpa membiarkan emosi yang menguasainya. Sehingga dia bisa mengungkapkan perasaannya dengan tepat dan memahami perasaan Anda tanpa harus menghakimi.

  1. Mempunyai konsistensi

Pria yang konsisten tidak akan membiarkan Anda menebak-nebak perasaan atau niatnya. Selain itu, dengan mampu mengandalkan konsistensi maka segala tujuan dan langkah yang diambil sudah tertata dengan baik sehingga tidak ada yang merasa kecewa.

  1. Mampu mengakui kesalahannya

Sebagai manusia tentu tidak bisa lepas dengan kesalahan termasuk pria. Namun pria yang bisa diandalkan sebagai pasangan hidup adalah dia yang mampu mengakui kesalahannya. Artinya dia bisa bertanggung jawab atas apa yang dia lakukan.

  1. Menghormati Anda

Tanda lain pria yang bisa diandalkan menjadi pasangan hidup adalah mampu menghormati Anda. Hal ini terbilang sederhana namun efeknya sangat luar biasa. Pria yang menghormati Anda tentu tidak akan mudah meremehkan kesalahan atau kekurangan Anda.

Rasa hormat ini juga salah satu pondasi dari setiap hubungan yang sehat dan lebih dari sekedar bersikap sopan atau baik. Dengan rasa hormat yang tinggi, maka dia mampu menghargai pula pendapat yang Anda sampaikan dan pemikiran-pemikiran Anda.

 

  1. Mampu menjadi pendengar yang baik

Pria yang bisa diandalkan tidak hanya sekedar mendengar perkataan yang kamu ucapkan namun mendengarkan untuk memahami apa yang Anda rasakan. Dia ingin memahami sudut pandang Anda sehingga memperlakukan Anda dengan sangat perhatian.

  1. Memiliki empati yang tinggi

Beberapa fakta penelitian menunjukkan bahwa empati dapat meningkatkan kepuasan hubungan secara signifikan. Empati juga menjadi indikator kuat yang menunjukkan pria bisa diandalkan sebagai pasangan hidup.

 

  1. Amanah atau dapat dipercaya

Ciri lain pria yang bisa diandalkan menjadi pasangan hidup adalah mereka dapat dipercaya. Pria yang amanah mempunyai jiwa yang bertanggung jawab yang mana hal ini merupakan sebuah komitmen yang sangat dijunjung tinggi.

Psikologi menjelaskan bahwa agar kita memiliki hubungan yang bermakna dalam hubungan romantis kita, harus ada unsur kepercayaan. Tanpa itu, selalu muncul konflik dan ketidakstabilan emosi.

  1. Mampu memprioritaskan hubungan

Tanda terakhir pria yang bisa diandalkan menjadi pasangan hidup adalah mampu mengutamakan hubungan. Dia selalu berupaya menjaga hubungan baik dari segi waktu hingga komunikasi bahkan saat dia sibuk.

Lebih tepatnya pria yang bisa diandalkan adalah dia yang memilih untuk mencintai Anda setiap hari.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #tanda #pria #menjadi #pasangan #hidup #yang #bisa #diandalkan #menurut #psikologi #salah #satunya #konsistensi

KOMENTAR