Budayakan Growth Mindset, 9 Cara Sederhana Menyiapkan Anak Tumbuh dan Sukses Menurut Psikologi
Ilustrasi anak sedang membaca buku sebagai bekal kesuksesan masa depannya (pexels/Mikhail Nilov)
14:16
5 April 2024

Budayakan Growth Mindset, 9 Cara Sederhana Menyiapkan Anak Tumbuh dan Sukses Menurut Psikologi

 

 – Pada masa pertumbuhan seorang anak, tentunya dibutuhkan strategi pengasuhan orang tua yang efektif dan tepat.

Bukan tanpa alasan, strategi pengasuhan ini sangat dibutuhkan untuk membekali sang buah hati dalam menata kehidupan di masa depan.

Namun, ilmu parenting tentunya tidak hanya diperuntukkan untuk anak saja, melainkan juga orang tua.

Oleh karenanya, orang tua juga perlu dididik untuk menjadi ayah ibu yang bisa memberikan pola asuh yang baik agar anak bisa tumbuh dengan cerdas dan bijak menghadapi masa kehidupan selanjutnya.

Tak sedikit orang tua yang hanya menuntut anaknya agar sukses namun mereka tidak mau belajar untuk cara mendidik anak yang benar, cara membiasakan anak disiplin dan sebagainya.

Untuk menjadikan anak sukses tidak melulu soal nilai akademik yang selalu unggul namun juga beberapa kebiasaan yang positif dan teratur yang sudah terbangun sejak dini.

Dilansir dari laman Hackspirit, Jumat (5/4), terdapat beberapa cara sederhana yang bisa disiapkan sejak dini agar anak sukses diantaranya yakni.

  1. Menetapkan rutinitas dan struktur

Hal pertama kali yang perlu disiapkan adalah soal rutinitas. Orang tua perlu memberikan rutinitas dan struktur yang jelas saat di rumah. Ketika anak diberikan rutinitas maka hal ini bisa membantu anak memberikan kehidupan yang teratur dan memiliki rasa prediktabilitas.

Untuk menetapkan rutinitas ini perlu sikap tegas dan komitmen serta prinsip kuat dari orang tua. Misalnya kegiatan rutin anak di pagi hari yang dimulai bangun jam 5 pagi kemudian mandi dan makan.

Awal-awal tentu anak akan menolak dan memberontak namun orang tua disini perlu ada prinsip dan komitmen untuk melaksanakan rutinitas tadi bukan justru mengubah aturan saat anak nangis atau tantrum.

  1. Mendorong pola pikir berkembang

Cara sederhana lain yang bisa disiapkan adalah mendorong pola pikir berkembang salah satunya biarkan anak bertanya apa saja yang ingin diketahui.

Dengan mendorong anak untuk aktif bertanya membuat pengetahuan dan wawasan mereka semakin luas sehingga lebih mudah menjadi orang sukses kedepannya.

  1. Mendorong permainan kreatif

Masa anak tentu suka explore segala permainan tak terkecuali mainan yang bisa meningkatkan daya kreativitasnya. Orang tua yang ingin anaknya sukses perlu mendorong anak dalam permainan kreatif.

Beberapa contoh permainan kreatif adalah bermain asyik di restoran, membangun gedung pencakar langit dengan lego, membuat kue dengan pasir, menciptakan lagu-lagu lucu dan sebagainya.

Manfaat yang didapat anak saat melakukan permainan kreatif yaitu memperluas kosakata anak, mendukung pengembangan keterampilan motorik kasar dan halus, menumbuhkan pemikiran kritis, anak bisa lebih mandiri dan percaya diri.

  1. Membiasakan anak membaca

Membaca adalah salah satu kebiasaan yang sederhana namun memberikan hasil yang besar untuk masa depan anak. Dengan membaca, anak lebih bisa fokus dan konsentrasi.

Sayangnya di era sekarang yang sudah didominasi perangkat digital baik video atau pun lainnya membuat anak enggan untuk membaca buku. Sehingga di sini sangat dibutuhkan peran orang tua.

  1. Mengembangkan kecerdasan emosional

Salah satu hal terpenting dalam kecerdasan emosional adalah empati. Banyak orang tua yang terlalu fokus pada prestasi akademik tanpa peduli dengan kecerdasan emosional anak.

Pasalnya, mencuat sebuah fakta bahwa 59% perusahaan tidak akan memperkerjakan seseorang dengan IQ tinggi namun EQ rendah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengembangkan kecerdasan emosional diantaranya membantu mereka mengidentifikasi dan menyebutkan perasaanya, mengajarkan anak strategi mengatasi saat-saat sulit dan memberikan ruang khusus untuk mengekspresikan emosinya.

  1. Mengajari anak untuk menetapkan tujuan

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa orang-orang yang menuliskan tujuan mereka mencapai lebih banyak pencapaian dibandingkan mereka yang tidak menuliskan tujuan mereka.

Anak-anak yang sudah mulai menuliskan tujuan mereka di buku catatan, membuat mereka mulai berpikir dengan tujuan, bukan melakukan sesuatu karena terpaksa atau hal lain.

  1. Memberikan anak serangkaian tugas

Membahas tentang kelanjutan menetapkan tujuan, orang tua bisa memberikan serangkaian tugas yang dimulai dari hal kecil misalnya pekerjaan rumah.

Cara ini memberikan dampak positif untuk anak seperti mereka menjadi lebih disiplin dan memahami manajemen waktu, belajar membuat rencana, dan belajar tentang kepuasan yang tertunda.

  1. Membiarkan anak melakukan kesalahan agar bisa belajar  

Cara ini merupakan bagian tersulit karena orang tua perlu membiarkan anak gagal dan membuat kesalahan. Namun orang tua perlu waspada dalam mendidik anak dalam menghadapi kegagalan tersebut.

  1. Mengajarkan literasi keuangan

Cara terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah mengajari anak tentang kebiasaan finansial yang sehat. Misalnya dengan membiasakan anak menabung, membuat anggaran dasar bersama dan membawa ke bank untuk membuat rekening.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #budayakan #growth #mindset #cara #sederhana #menyiapkan #anak #tumbuh #sukses #menurut #psikologi

KOMENTAR