Karier Mentereng Rieke Diah Pitaloka, Artis Anggota Dewan Desak Sandra Dewi Dicekal ke Luar Negeri
Rieke Diah Pitaloka di kawasan Tendean, Jakarta, Rabu (22/3/2023) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
13:21
4 April 2024

Karier Mentereng Rieke Diah Pitaloka, Artis Anggota Dewan Desak Sandra Dewi Dicekal ke Luar Negeri

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDIP, Rieke Diah Pitaloka menuai sorotan usai mendesak Kejaksaan Agung agar segera menindak tegas pihak-pihak yang terlibat dalam kasus korupsi PT Timah Harvey Moeis Cs.

Rieke mendorong Kejaksaan Agung segera melakukan pencekalan agar para pihak yang terlibat dalam kasus korupsi yang merugikan negara Rp271 triliun tersebut, termasuk keluarga para tersangka tidak melarikan diri.

"Saya mendukung Kejaksaan Agung untuk mengeluarkan surat pencekalan bagi siapa pun yang terindikasi kuat terlibat, termasuk para direksi dan keluarganya," terang Rieke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), Selasa (2/4/2024).

Atas pernyataannya ini, Rieke menuai banyak pujian. Pasalnya, ia juga menyetujui agar para tersangka korupsi tersebut dimiskinkan. Berbagai hal mengenai Rieke pun kini dikulik publik, termasuk dengan riwayat kariernya.

Rieke Diah Pitaloka di kawasan Tendean, Jakarta, Rabu (22/3/2023) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]Rieke Diah Pitaloka di kawasan Tendean, Jakarta, Rabu (22/3/2023) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]

Lantas, seperti apa riwayat karier Rieke?

Rieke mengawali kariernya di dunia seni peran. Ia banyak membintangi judul sinetron semasa malang-melintang di layar kaca. Salah satu sinetron yang pernah dibintanginya adalah Bajaj Bajuri.

Memiliki karier yang cemerlang di dunia seni peran, Rieke memilih untuk banting setir ke dunia politik. Hal ini lantaran ia merasa memiliki minat tersendiri terkait masalah politik semenjak kuliah.

Hingga akhirnya ia mulai mantap meniti karier di politik dengan bergabung ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kala itu, ia mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung tentang politik dengan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Tak lama, Rieke lantas pindah ke PDIP. Hal ini dilakukan atas permintaan dari Gus Dur yang kala itu sakit. Karier Rieke pun makin moncer di partai berlogo banteng moncong putih tersebut.

Melalui PDIP, Rieke mencalonkan diri sebagai DPR RI di Pileg 2009 melalui Dapil Jawa Barat II. Ia pun berhasil mendapatkan satu kursi di Senayan dan bergabung di Komisi IX selama periode 2009-2014.

Pada Pileg 2014, Rieke kembali mencalonkan diri sebagai DPR RI melalui Dapil Jawa Barat VII. Nasib baik pun kembali berpihak kepada pemilik nama lengkap Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari tersebut.

Lebih lanjut, Rieke lagi-lagi terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 melalui Dapil Jawa Barat VII di Pileg 2019.

Bicara soal pendidikan, Rieke memiliki riwayat pendidikan yang tinggi. Ia merupakan lulusan S1 Jurusan Sastra Belanda, Universitas Indonesia. Ia juga merupakan alumni S2 Filsafat di universitas yang sama.

Tak berhenti sampai di situ, Rieke diketahui mempunyai gelar S3. Pada 2022, ia berhasil menuntaskan kuliah doktoral di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #karier #mentereng #rieke #diah #pitaloka #artis #anggota #dewan #desak #sandra #dewi #dicekal #luar #negeri

KOMENTAR