Tidak Sengaja Lihat Aurat Lawan Jenis, Puasa Langsung Auto Batal? Ustaz Adi Hidayat Beri Pencerahan
Ilustrasi mengintip, melihat aurat. (Envato)
07:10
3 April 2024

Tidak Sengaja Lihat Aurat Lawan Jenis, Puasa Langsung Auto Batal? Ustaz Adi Hidayat Beri Pencerahan

Saat berpuasa beberapa orang justru tidak sengaja melihat aurat lawan jenisnya saat di jalan atau melalui ponsel. Hal ini kerap menjadi pertanyaan karena puasa yang dijalankan dikhawatirkan menjadi batal. Namun, bagaimana hukumnya melihat aurat lawan jenis tidak sengaja saat puasa?

Menjawab pertanyaan ini, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan, saat berpuasa umat Muslim memang harus menjaga pandangan, pembicaraan, maupun pendengaran. Adapun hal yang jelas membatalkan puasa itu adalah makan dan minum.

Sementara, untuk beberapa hal lainnya yang membatalkan puasa ini yakni melakukan maksiat langsung. Ini adalah perbuatan-perbuatan seperti berhubungan istri saat siang hari di bulan Ramadan, ataupun menonton acara yang memperlihatkan aurat lawan jenis.

“Segala hal yang terkait dengan maksiat langsung atau misalnya pelanggaran-pelanggaran yang termasuk keadaan membatalkan puasa berhubungan suami istri dilakukan di bulan Ramadan, langsung melanggar ketentuan bahkan ada kafarat di situ,” jelas Ustaz Adi Hidayat dalam video yang diunggah di kanal Youtube Muslimah Hijah ID, tiga tahun lalu.

“Bahkan termasuk golongan jika sengaja bermaksiat kepada Allah SWT misalnya menonton acara-acara tidak benar sengaja mengamati aurat dengan sengaja itu membatalkan puasa,” sambungnya.

Namun, jika kondisi melihat aurat itu tidak sengaja, maka puasa yang dijalankan tidak batal. Hanya saja, setelah melihatnya orang tersebut harus segera memalingkan wajahnya. Ustaz Adi Hidayat menuturkan, setelah melihatkan, bisa segera memalingkan wajah disertai istighfar kepada Allah SWT.

“Berarti kalau misalnya lewat terlihat secara tidak sengaja, maka yang demikian tidak batal puasa dengan catatan Antum langsung memalingkan hal itu dengan pandangan yang lebih baik lag. Jadi kalau lewat kalau ada kabar-kabaran terbuka langsung palingkan, lalu istighfar di situ,” kata Ustaz Adi Hidayat.

Perkara ini juga tidak hanya berlaku bagi para laki-laki. Pasalnya, perempuan juga harus menjaga pandangannya dari aurat laki-laki. Mereka juga harus segera beristighfar dan memalingkan wajahnya.

“Dalam Alquran surat ke 3 ayat 133, ‘Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu...’ Jadi bergegaslah untuk istighfar kepada Allah, ini juga bukan hanya laki-laki kepada perempuan, tapi perempuan kepada laki-laki juga sama,” pungkasnya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #tidak #sengaja #lihat #aurat #lawan #jenis #puasa #langsung #auto #batal #ustaz #hidayat #beri #pencerahan

KOMENTAR