Pahami 3 Kunci Kesuksesan Menurut Steve Jobs dalam Berbisnis, Salah Satunya Intuisi
Steve Jobs, salah satu pendiri Apple Inc./Goalcast
21:22
2 April 2024

Pahami 3 Kunci Kesuksesan Menurut Steve Jobs dalam Berbisnis, Salah Satunya Intuisi

Dalam dunia bisnis yang dinamis, pencapaian kesuksesan tidak hanya merupakan hasil dari kebetulan, tetapi juga merupakan hasil dari pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip kunci yang menggerakkan inovasi dan pertumbuhan.

Steve Jobs, sebagai salah satu tokoh bisnis paling ikonik dalam sejarah, telah meninggalkan warisan inspiratif tentang apa yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan dalam berbisnis.

Dilansir dari Read Write pada Selasa (2/4), dalam pandangan Jobs, ada tiga kunci penting yang membuka pintu menuju kesuksesan yang berkelanjutan.

Dengan memahami prinsip-prinsip ini, dapat memberikan pandangan yang berharga bagi mereka yang ingin memperjuangkan kesuksesan dalam dunia bisnis yang kompetitif.

1. Fokus

Jobs mengakui bahwa untuk mencapai keberhasilan, sangat penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak perlu dilakukan.

Jobs percaya bahwa memusatkan perhatian pada hal-hal yang benar-benar penting adalah salah satu kunci kesuksesan, baik bagi dirinya, perusahaan maupun produknya.

Contoh konkret dari fokus Jobs adalah ketika ia kembali ke Apple pada tahun 1997 dan menyederhanakan jajaran produk komputer perusahaan dari sekitar 40 menjadi hanya 4 model yang jelas.

Dimana 2 diantaranya untuk konsumen dan 2 lainnya untuk kebutuhan profesional. Pendekatan ini membantu Apple untuk berkonsentrasi pada pengembangan produk yang benar-benar penting dan memenuhi kebutuhan pasar.

Selain itu, Jobs juga menciptakan struktur organisasi di sekitarnya, di mana pembuat keputusan dalam perusahaan memiliki akses langsung kepadanya, dimana ini memungkinkan pengambilan keputusan yang cepat dan efisien.

Selama hidupnya, Jobs juga berbagi pandangannya tentang fokus dengan pemimpin lain, seperti Larry Page dari Google, yang menekankan pentingnya untuk menetapkan tujuan yang jelas dan fokus untuk mencapainya.

2. Transformasi (perubahan) berulang kali

Steve Jobs mampu mengubah dirinya dan perusahaannya secara berulang kali. Salah satu percakapan antara Jobs dan Mike Markkula (salah satu pendiri Apple Inc) adalah tentang pentingnya untuk terus memperbaharui diri.

Markkula mengungkapkan bahwa perusahaan yang bertahan lama adalah perusahaan yang mampu melakukan transformasi atau perubahan berulang kali. Jobs setuju dengan konsep ini, dan ini mengarah pada inovasi besar seperti iPod, iTunes, dan iPhone.

Awalnya, ide iPad sebenarnya muncul sebelum iPhone. Namun, Jobs memutuskan untuk menunda pengembangan tablet untuk fokus pada pengembangan antarmuka multi-sentuh yang kemudian digunakan dalam iPhone. Hal ini menunjukkan kemampuan Jobs untuk memprioritaskan ide-ide yang lebih penting.

Jobs menekankan pentingnya terus bergerak maju dan berubah. Dalam konteks ini, berarti bahwa untuk terus berkembang dan sukses, seseorang harus terbuka terhadap perubahan dan inovasi.

Dengan demikian, inlah pentingnya adaptasi dan transformasi dalam mencapai kesuksesan dalam kehidupan dan karir.

3. Intuisi

Intuisi, menjadi salah satu kunci kesuksesan Steve Jobs. Steve Jobs memiliki pandangan yang dipengaruhi oleh ajaran Budha dan Zen, yang membantu membentuk filosofi bisnisnya.

Intuisi, menurut Jobs, lebih penting daripada pemikiran logis dan analisis intelektual dalam membuat keputusan. “Saya mulai menyadari bahwa pemahaman intuitif dan kesadaran lebih penting daripada pemikiran abstrak dan analisis logis intelektual," ujar Jobs.

Jobs juga mengatakan bahwa “intuisi adalah sesuatu yang sangat kuat, lebih kuat dari pada kecerdasan, menurut pendapat saya. Itu memiliki dampak besar pada karya saya.”

Jobs menggunakan intuisinya untuk memprediksi kebutuhan dan keinginan pasar dengan merancang produk-produk revolusioner, seperti iPhone.

Pelatihan Zen yang diikutinya juga membantu dalam mengembangkan cinta terhadap kesederhanaan dalam desain produk.

Jobs juga sering memiliki wawasan yang secara tiba-tiba muncul dimana ini membutuhkan intuisi lebih dari kekuatan mental. Bagi Jobs, inilah pentingnya intuisi, kesederhanaan, dan pandangan yang unik dalam mencapai kesuksesan dalam kehidupan dan juga bisnis.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #pahami #kunci #kesuksesan #menurut #steve #jobs #dalam #berbisnis #salah #satunya #intuisi

KOMENTAR