10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Kreatif, Kamu Termasuk Enggak?
Ilustrasi orang kreatif yang penuh dengan ide. (Pexels)
06:52
29 Maret 2024

10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Kreatif, Kamu Termasuk Enggak?

Seseorang yang kreatif dikenal memiliki berbagai macam kebiasaan unik.

Daya kreativitas yang tinggi memengaruhi seseorang untuk berpikir dan terbiasa melakukan sesuatu dengan menggunakan cara-cara yang berbeda dari yang biasa dilakukan orang lain.

Menariknya, setiap orang sebenarnya memiliki satu atau lebih dari kebiasaan unik tersebut.

Kita menggunakan beberapa di antaranya sejak kecil, dan kita menjadi sadar akan yang lainnya saat kita memasuki dunia kerja.

Lalu, apa saja kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan orang yang kreatif. Mari kita lihat: dikutip dari Psychology Today pada Jumat (29/3):

1. Mencari Kemungkinan yang Lain
Orang kreatif mudah bosan dengan hal yang itu-itu saja. Bagi mereka, kehidupan kreatif adalah kehidupan yang penuh dengan pilihan, peluang, dan alternatif.

Mereka tidak selalu menerima apa yang orang lain lakukan, melainkan mencari berbagai pandangan dan kemungkinan lain.

Bahkan, pertanyaan paling kuat yang mereka ajukan secara rutin adalah pertanyaan yang diawali dengan kata "Bagaimana jika...?"

2. Pemimpi
Dari sudut pandang kreativitas, melamun adalah hal yang baik. Ini bukanlah sesuatu yang harus kita cegah saat kita melakukan tugas-tugas yang mengasah kemampuan otak.

Berkhayal adalah kesempatan untuk membiarkan kekuatan kreatif kita berkembang dan terus berkembang.

3. Menghabiskan Waktu di Luar Ruangan
Hal-hal yang ada di luar dunia kita mampu memancing rasa ingin tahu yang kemudian berdampak pada munculnya ide-ide baru.

Selain itu, hal-hal yang berkaitan dengan alam juga mampu membuat otak lebih rileks sehingga mampu mengeluarkan ide-ide cemerlang.

4. Terbuka Mempelajari Hal Baru
Orang yang kreatif punya rasa ingin tahu yang tinggi. Itu mengapa mereka sangat terbuka untuk mempelajari banyak hal baru, termasuk hal-hal yang mungkin tidak berkaitan dengan hobi, passion, atau pekerjaan mereka.

Mengetahui dan memahami hal baru dapat membuat orang kreatif merasa senang dan puas.

5. Melakukan Meditasi
Penelitian yang dipublikasikan Harvard Business Review menunjukkan bahwa hanya dengan meditasi 10 menit sehari dapat meningkatkan daya kreatif kita.

Tindakan sederhana ini mampu menenangkan pikiran dan memberikan kesempatan untuk berkreasi dan berinovasi.

6. Mandiri
Orang kreatif tidak selalu membutuhkan saran dan nasihat dari orang lain. Mereka dapat berpikir dan bertindak untuk diri mereka sendiri. Mereka merasa nyaman menghadapi tantangan baru tanpa intervensi orang lain.

Orang yang kreatif juga sering kali menganggap bahwa pekerjaan terbaik adalah pekerjaan yang diselesaikan secara mandiri, karena mereka bisa bebas menuangkan ide dan melakukan cara yang unik untuk menyelesaikannya.

7. Berpikiran Terbuka
Orang yang berpikiran terbuka selalu merangkul ide-ide baru dan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu.

Ketika dihadapkan pada sesuatu, mereka memikirkan berbagai kemungkinan yang bisa dilakukan daripada hanya fokus pada satu cara yang sudah pasti benar.

8. Passionate
Orang-orang yang kreatif cenderung memiliki semangat yang tinggi dalam melakukan hal-hal yang disukai.

Selain itu mereka juga bersemangat jika dihadapkan pada suatu hal yang menantang otak.

9. Berani Ambil Risiko
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, orang-orang kreatif suka mencoba cara berbeda daripada melakukan cara yang biasa dilakukan kebanyakan orang.

Cara yang berbeda itu tentu saja memiliki risiko, karena sudah pasti belum teruji. Namun, orang yang kreatif tidak takut mengambil risiko.

10. Melatih Kreativitas Setiap Hari
Bagi orang-orang kreatif, kreativitas bukanlah sesuatu yang kebetulan muncul.

Bagi mereka, kreativitas harus terus diasah secara rutin untuk melatih otak agar mampu mengatasi berbagai macam tantangan.

Kesimpulan
Kreativitas bukanlah sebuah bakat yang hanya dimiliki orang-orang tertentu.

Daya kreatif sebenarnya bisa dilatih, seperti orang-orang kreatif yang selalu mengasahnya setiap hari. Kamu juga bisa mengasah otakmu untuk berpikir kreatif dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas secara rutin.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kebiasaan #yang #sering #dilakukan #orang #kreatif #kamu #termasuk #enggak

KOMENTAR