Bukan Hanya IQ Tinggi, Ini 7 Ciri Seseorang Memiliki Kecerdasan di Atas Rata-rata Menurut Psikolog
7 Ciri orang cerdas menurut psikolog (Pexels/Andrea Piacquadio)
09:16
28 Maret 2024

Bukan Hanya IQ Tinggi, Ini 7 Ciri Seseorang Memiliki Kecerdasan di Atas Rata-rata Menurut Psikolog

 Kecerdasan datang dalam berbagai bentuk. Pikirkan tentang Albert Einstein, William Shakespeare, dan Marie Curie. Masing-masing memiliki kisah hidup yang berbeda dan memberikan kontribusi unik masing-masing untuk dunia.

Namun, ada kualitas tertentu yang dimiliki oleh hampir semua orang super pintar. Untuk mengetahui apa saja ciri-cirinya, simak penjelasan dibawah ini yang dikutip JawaPos.com dari weforum.org, Kamis (28/3).

  1. Mereka sangat mudah beradaptasi

Orang cerdas cenderung fleksibel dan mampu berkembang dalam berbagai situasi. Seperti yang ditulis oleh Donna F Hammett, orang cerdas beradaptasi dengan “menunjukkan apa yang bisa dilakukan terlepas dari kerumitan atau batasan yang dikenakan pada mereka.”

Penelitian psikologi terbaru mendukung gagasan ini. Dalam penelitian itu disebutkan, kecerdasan bergantung pada kemampuan Anda mengubah perilaku untuk dapat mengatasi lingkungan Anda secara lebih efektif atau membuat perubahan pada lingkungan tempat Anda berada.

  1. Mereka memahami betapa banyak yang belum dan tidak mereka ketahui

Orang cerdas akan berani mengakui ketika mereka tidak familiar dengan konsep tertentu. Seperti yang ditulis Jim Winer, orang cerdas “tidak takut untuk mengatakan: 'Saya tidak tahu.' Jika mereka tidak mengetahuinya, mereka dapat mempelajarinya.”

  1. Mereka mempunyai rasa ingin tahu yang tidak pernah terpuaskan

Albert Einstein pernah berkata, “Saya tidak punya bakat khusus, saya hanya punya rasa ingin tahu yang besar.”

Rasa ingin tahu yang menggebu-gebu terhadap dunia di sekitar Anda mungkin merupakan salah satu kunci kecerdasan. Orang-orang cerdas cenderung membiarkan diri mereka terpesona oleh hal-hal yang dianggap remeh oleh orang lain.

Kabar baiknya adalah, Anda dapat secara aktif memupuk rasa ingin tahu dalam kehidupan sehari-hari. Setiap kali Anda mendengarkan presentasi, tuliskan setidaknya tiga pertanyaan — meskipun Anda sebenarnya tidak sempat menanyakannya nanti.

  1. Mereka mengajukan pertanyaan yang bagus

 

Perbedaan mendasar antara orang yang benar-benar pintar dan orang lain, kata Justin Arvin, “adalah kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang tepat.”

Orang cerdas tahu bahwa mengajukan pertanyaan yang menggugah pikiran sama pentingnya dengan memberikan jawaban. Itu karena pertanyaan dapat menantang pemikiran Anda dan membantu Anda menemukan solusi baru terhadap masalah lama.

 

  1. Mereka peka terhadap pengalaman orang lain

Menurut Richard He, orang cerdas hampir bisa merasakan apa yang dipikirkan/dirasakan seseorang.

Beberapa psikolog berpendapat bahwa empati, yaitu menyelaraskan diri dengan kebutuhan dan perasaan orang lain dan bertindak dengan cara yang peka terhadap kebutuhan tersebut, merupakan komponen inti dari kecerdasan emosional.

Individu yang cerdas secara emosional biasanya sangat tertarik untuk berbicara dengan orang baru dan belajar lebih banyak tentang mereka.

  1. Mereka berpikiran terbuka

Orang pintar tidak menutup diri terhadap ide atau peluang baru. Hammett menulis bahwa orang-orang cerdas akan bersedia menerima dan mempertimbangkan pandangan lain dengan nilai dan wawasan yang luas, dan mereka terbuka terhadap solusi alternatif.

  1. Mereka skeptis

Meskipun skeptisisme mungkin tampak seperti musuh keterbukaan pikiran, kedua sifat tersebut nyatanya berjalan seiring. Kuncinya adalah bersedia mempertimbangkan ide-ide baru, asalkan didukung oleh fakta-fakta yang mendukung.

“Pikiran yang cerdas memiliki keengganan yang kuat untuk menerima segala sesuatu secara langsung dan karena itu menahan keyakinan sampai disajikan dengan banyak bukti,” katanya.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #bukan #hanya #tinggi #ciri #seseorang #memiliki #kecerdasan #atas #rata #rata #menurut #psikolog

KOMENTAR