Spesial Bulan Ramadan, Museum Balai Kirti Ajak Masyarakat Ngabuburit sambil Belajar Sejarah
Koleksi Museum Kepresidenan RI Balai Kirti. (Dok.Indonesian Heritage Agency)
12:18
26 Maret 2024

Spesial Bulan Ramadan, Museum Balai Kirti Ajak Masyarakat Ngabuburit sambil Belajar Sejarah

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, sebuah institusi yang menjadi perwakilan Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (MCB) atau Indonesian Heritage Agency (IHA), menggelar sebuah acara menarik bagi para pecinta sejarah.

Dengan kolaborasi bersama Bogor Historical Walk (BHW), Museum Kepresidenan RI Balai Kirti mengadakan agenda Walking Tour bertema "Kisah Keberagaman di Kota Bogor" untuk mengajak masyarakat menikmati momen ngabuburit sambil menjelajahi objek-objek sejarah di Kota Bogor.

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, yang berlokasi di area Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, bukan hanya sekadar tempat yang mengabadikan jejak kepemimpinan para Presiden Republik Indonesia. Diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 18 Oktober 2014, museum ini menjadi tempat rekreasi dan edukasi bagi pengunjung untuk lebih memahami sejarah dan prestasi para pemimpin negara.

Pustanto, Ketua Tim Museum dan Galeri MCB, menyatakan bahwa kegiatan Walking Tour ini merupakan salah satu wujud dari komitmen IHA dalam menciptakan museum yang inspiratif dan edukatif di Indonesia. Dengan berbagai memorabilia yang menarik, museum ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengapresiasi serta meneladani peran dan prestasi yang telah dicapai oleh setiap Presiden Indonesia selama masa jabatannya.

"Memanfaatkan momentum Ramadan, kami berharap kegiatan Walking Tour ini terus diselenggarakan sebagai bentuk inovasi program museum yang menarik dan dapat menarik minat generasi muda untuk mempelajari dan menghargai sejarah bangsa," tuturnya dalam keterangan pada wartawan.

Kerjasama dengan Bogor Historical Walk (BHW), sebuah komunitas penggemar sejarah yang aktif mengadakan kegiatan Walking Tour untuk mengungkap kisah dan sejarah Bogor, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti mengajak generasi muda untuk menjelajahi beberapa lokasi sejarah Kota Bogor. Rute perjalanan dimulai dari titik kumpul di Lawang Suryakencana, kemudian dilanjutkan ke Vihara Dhanagun, Kantor Pos Bogor, Gereja Zebaoth, dan berakhir di Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti. Acara Walking Tour ini telah dilaksanakan pada Jumat, 15 Maret 2024, diikuti oleh 30 peserta tanpa dipungut biaya.

Linda Siagian, Penanggung Jawab Unit Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kolaborasi ini.

"Ke depannya agenda Walking Tour dan kolaborasi ini tentunya tidak berhenti di sini dan akan terus dilanjutkan demi menghadirkan program dan layanan yang inovatif untuk para anak muda yang tertarik untuk mengetahui dan mempelajari sejarah," terangnya.

Selain kegiatan Walking Tour, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti juga menawarkan koleksi dan informasi penting terkait dengan karya dan prestasi enam presiden Indonesia. Dalam enam klaster, pengunjung dapat menjelajahi berbagai memorabilia dan informasi yang menggambarkan perjalanan kepemimpinan mereka. Museum ini juga memiliki Perpustakaan Kepresidenan yang menyimpan beragam buku koleksi presiden dan buku tentang kepresidenan, dengan fasilitas yang nyaman bagi publik untuk membaca dan melakukan penelitian.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #spesial #bulan #ramadan #museum #balai #kirti #ajak #masyarakat #ngabuburit #sambil #belajar #sejarah

KOMENTAR