Bangun Bisnis Kuliner Bareng, Adu Kekayaan Raffi Ahmad vs Kaesang Pangarep: Jomplang Abis!
Kolase Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep
12:12
26 Maret 2024

Bangun Bisnis Kuliner Bareng, Adu Kekayaan Raffi Ahmad vs Kaesang Pangarep: Jomplang Abis!

Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep berkolaborasi dengan Sinarmas Land membangun pusat kuliner di BSD City sejak Juli 2023 lalu. Proyek ini pun kini sudah selesai dibangun dan dibuka untuk umum sejak Jumat (22/3/2024).

Mengutip dari media sosial X, banyak netizen yang melontarkan komentar negatif terhadap Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep yang baru saja membuka pusat kuliner di kota yang baru saja ditetapkan sebagai proyek strategis nasional tersebut.

Salah seorang netizen berakun X @/bumbukuning bahkan tak segan membuat cuitan yang menyinggung soal Raffi Ahmad. Ia kembali mengungkit masalah pencucian uang. Seperti diketahui, suami Nagita Slavina ini sempat ditudung melakukan pencucian uang.

"Money laundry yang keberapa ini," tulis akun X tersebut dikutip Selasa (26/3/2024).

Unggahan ini tentu tak lepas dari sorotan netizen lainnya. Banyak yang kemudian melemparkan komentar negatif kepada Raffi Ahmad maupun putra bungsu Presiden Joko Widodo alias Jokowi tersebut yang berkolaborasi membangun bisnis baru.

"Modus laundry duit triliunan dibagi-bagi ke berbagai proyek. Banyak melahirkan artis gembel ngaku sultan baru di masa pemerintahan bapaknya," komentar netizen.

"Kaum bawah jangan sirik. Doi punya kuasa. MK aja diakalin, apalagi pembangunan strategi nasional," timpal netizen.

"Oh dekatan sama berita si bapak yang jadiin BSD dan PIK sebagai proyek strategis nasional. Perputaran uangnya biar enggak ke mana-mana gitu ya," imbuh netizen.

Terlepas dari banyaknya pro dan kontra akan Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep yang baru saja membuka bisnis kuliner bersama, menarik untuk diketahui masing-masing kekayaan dari artis dan politikus tersebut.

Kekayaan Raffi Ahmad

Raffi Ahmad [Instagram]Raffi Ahmad [Instagram]

Raffi Ahmad merupakan salah satu artis yang sudah lama malang-melintang di layar kaca hingga memiliki banyak gurita bisnis. Namun, rupanya sosoknya tidak masuk ke dalam daftar 50 taipan terkaya Indonesia yang dirilis oleh Forbes.

Absennya Raffi Ahmad dari daftar tersebut mencetuskan kesimpulan bahwa kekayaannya tidak mencapai Rp 9,97 triliun. Kendati demikian, bisa dipastikan jika suami Nagita Slavina itu memiliki harta jauh di atas kekayaan rata-rata masyarakat Indonesia.

Seperti diketahui, Raffi Ahmad memiliki banyak sumber penghasilan. Mulai dari dunia entertainment, bisnis, brand ambassador, endorsement, hingga YouTube. Dari kanal YouTube-nya saja, ia ditaksir bisa mendapat penghasilan Rp 8,29 miliar sampai Rp 132,02 miliar per tahun.

Kekayaan Kaesang Pangarep

Ketua Umum atau Ketum PSI, Kaesang Pangarep. [Instagram @kaesangp]Ketua Umum atau Ketum PSI, Kaesang Pangarep. [Instagram @kaesangp]

Kaesang Pangarep disinyalir memiliki kekayaan mencapai Rp92,2 miliar pada 2021. Jumlah tersebut diketahui dari pembelian saham PT Panca Mitra Multiperdana sejumlah 8 % dengan angka transaksi Rp92,2 miliar.

Namun, nominal kekayaan tersebut belum termasuk saham yang dimiliki Kaesang Pangarep di klub bola Persis Solo. Adik Kahiyang Ayu itu disebut-sebut memiliki 40 saham di klub yang diberi nama Laskar Sambernyawa tersebut.

Kemudian ditambah juga dengan aset-aset lain Kaesang Pangarep di bisnis-bisnis UMKM-nya. Seperti diketahui, putra terakhir Iriana Jokowi ini menjalankan beberapa bisnis, mulai dari Sang Pisang, Mangkok Ku, Ternak Kopi, Siap Mas, Chili Pari, Markobar, dll.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #bangun #bisnis #kuliner #bareng #kekayaan #raffi #ahmad #kaesang #pangarep #jomplang #abis

KOMENTAR