Wajib Dicoba Ketika Bad Mood Melanda, Kenali 5 Tips Mudah untuk Meningkatkan Suasana Hati
Ilustrasi orang sedang bad mood (freepik)
06:44
25 Maret 2024

Wajib Dicoba Ketika Bad Mood Melanda, Kenali 5 Tips Mudah untuk Meningkatkan Suasana Hati

 – Bad mood merupakan kondisi suasana hati yang sedang buruk yang disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari PMS, kelelahan, ataupun adanya tugas yang menumpuk sehingga merasa terbebani.

Meskipun terkadang bad mood ini bisa dikendalikan, namun jika tidak segera diatasi tentu bisa memperburuk suasana lingkungan sekitar.

Bad mood bisa dipicu juga karena kondisi emosional yang kurang stabil sehingga lebih mudah terpancing dan sensitif ketika ada yang kurang nyaman dan menyinggung hati.

Dilansir dari laman Psychalive, Senin (25/3), berikut ada 5 tips mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi bad mood diantaranya :

  1. Memperbanyak bersyukur setiap hari

Bad mood kerap terjadi karena sering mengeluh saat menemukan kejadian-kejadian yang kurang diharapkan. Namun hal ini bisa diatasi dengan memperbanyak rasa bersyukur setiap harinya.

Dengan bersyukur, maka menumbuhkan keyakinan pada diri bahwa apa yang terjadi meskipun tidak nyaman sekalipun itu adalah yang terbaik.

  1. Menerapkan self love

Self love adalah lebih mencintai dan peduli dengan diri sendiri. Ketika mood melanda biasanya meningkatkan rasa malas sehingga menjadi tidak produktif.

Hal ini tentu membuat hari demi hari menjadi semakin tidak bermanfaat. Sehingga salah satu caranya adalah menerapkan self love. Dengan mencintai diri sendiri tentu tidak ingin menyusahkan diri baik karena malas ataupun efek lain bad mood.

  1. Melakukan hal yang positif

Cara ketiga untuk memperbaiki bad mood yaitu dengan melakukan hal-hal yang positif. Sehingga masih tetap produktif dan tidak membuang-buang waktu.

  1. Menerapkan pola hidup sehat

Bad mood kerap terjadi selain karena lingkungan luar juga bisa dipicu dari dalam diri sendiri salah satunya pola hidup yang kurang sehat.

Sehingga asupan yang dikonsumsi kurang memberikan vitamin untuk kesehatan tubuh. Salah satunya mudah lelah dan ngantuk. Hal ini bisa dipicu dengan kondisi kesehatan yang kurang baik.

Oleh sebab itu cara mengatasinya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Selain itu, pola hidup sehat bisa juga didukung dengan rajin olahraga sehingga membuat tubuh terjaga stamina dan sehat.

  1. Mencari hiburan dan memanfaatkan me time  

Me time adalah kegiatan yang penting dilakukan untuk menenangkan hati dan pikiran.

Ketika mengalami bad mood biasanya rasa malas juga meningkat sehingga cara mengatasinya dengan mencari hiburan dan meluangkan diri untuk me time.

Hiburan ini bisa mulai dari healing, mendengarkan musik, camping, dan kegiatan menyenangkan dan positif lainnya. ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #wajib #dicoba #ketika #mood #melanda #kenali #tips #mudah #untuk #meningkatkan #suasana #hati

KOMENTAR