Nadine Chandrawinata Bagikan Tips Menjaga Lingkungan Dari Rumah, Intip Yuk Caranya!
Nadine Chandrawinata. (Suara.com/Fajar Ramadan)
14:14
21 Maret 2024

Nadine Chandrawinata Bagikan Tips Menjaga Lingkungan Dari Rumah, Intip Yuk Caranya!

Masalah sampah plastik saat ini masih menjadi masalah di lingkungan masyarakat. Hal ini karena sampah plastik cukup sulit dalam proses penguraiannya. Oleh sebab itu, biasanya sampah plastik akan dipisah dalam prosesnya.

Namun, dalam penerapannya, masih banyak masyarakat yang belum sadar untuk memisahkan jenis sampah sesuai dengan bahannya. Bahkan, untuk membuang sampah ke tempatnya saja juga masih sering alami kendala. Permasalahan ini yang menjadi perhatian dari artis Nadine Chandrawinata.

Sebagai artis sekaligus aktivis pencinta lingkungan, Nadine Chandrawinata mengaku prihatin karena banyaknya masyarakat yang belum sadar untuk menjaga lingkungan. Padahal, masalah sampah ini sangat berpengaruh pada kesehatan lingkungan dan alam yang juga jadi tempat tinggal manusia.

Nadine Chandrawinata. (Suara.com/Fajar Ramadan)Nadine Chandrawinata. (Suara.com/Fajar Ramadan)

“Aku prihatin melihat banyak yang belum aware dengan kondisi ini. Kalau bukan kita, siapa lagi. Alam kan nggak butuh kita, tapi kita yang butuh alam,” ucap Nadine Chandrawinata dalam REEFeal Your Perfect Sea Soul” with Sea Soldier, Rabu (20/3/2024).

Sebab hal itu, Nadine Chandrawinata berharap masyarakat bisa lebih peduli terhadap lingkungan. Menurutnya, dalam hal ini masyarakat juga tidak harus turun langsung ke lapangan. Masyarakat dapat memulai mempraktikannya mulai dari lingkungannya di rumah.

Nadine Chandrawinata menuturkan, masyarakat dapat memulai memilah sampah plastik di rumahnya. Sementara sampah organik yang ada di rumah dapat dibuat pupuk kompos. Hal ini dapat menjadi awal untuk mengelola sampah dengan baik.

“Sebenarnya banyak (cara) tinggal dipilih yang mana mau dilakuin dicoba, terus konsisten. Kalau memang banyak aktivitas dalam rumah ya cobalah memulai pemilahan sampah, kemudian kalau iseng-iseng bikin pengomposan sendiri kalau memang senang bermain tanaman, caranya ada banyak kok browsing aja di internet,” ungkap Nadine Chandrawinata.

Bagi Nadine Chandrawinata, meski sampah yang telah dipilah kemungkinan akan disatukan kembali, hal ini dapat belajar kedisiplinan dalam diri sendiri. Menurutnya, nantinya diri sendiri akan memiliki kesadaran untuk memilah sampah dengan baik.

Di sisi lain, cara untuk menjaga lingkungan ini bisa juga melalui mengurangi penggunaan plastik. Dalam hal ini, orang-orang dapat menggunakan tumbler untuk tidak memakai botol plastik lagi.

“Coba deh cari cara ke dirimu sendiri apa sih yang paling nyaman untuk buat lingkungan. Misalnya, mengurangi sampah plastik dengan menggunakan tumbler,” ucapnya.

Lakukan kerja sama

Sementara itu, dalam aksinya menjaga lingkungan, Nadine Chandrawinata bersama organisasinya, Sea Soldier mengadakan "Beach Clean Up" di Pantai Tanjung Pasir, Tangerang bersama puluhan relawan pada tanggal 9 Maret 2024 lalu.

Pihaknya bekerja sama dengan REEF, yakni produk alas kaki dari PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA). General Manager Brand Marketing PT. Map Aktif Adiperkasa, Martina Harianda Mutis mengatakan, melalui kampanyenya “REEFeal Your Perfect Sea Soul”, pihaknya dan Sea Soldier berkontribusi untuk menjaga kebersihan pantai.

“Kami berkomitmen tidak hanya untuk menawarkan semangat pantai yang menggembirakan, tetapi juga berkontribusi terhadap pelestarian pantai di Indonesia,” jelas Martina.

Pihaknya juga menghadirkan produk yang dibuat khusus untuk melakukan kegiatan di lingkungan alam. Uniknya, produk yang dibuat juga menggunakan bahan terbarukan, daur ulang, dan organik. Beberapa koleksinya ini seperti Oasis, Santa Ana, dan Vista Hi yang dikenakan saat proses pembersihan pantai beberapa waktu lalu.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #nadine #chandrawinata #bagikan #tips #menjaga #lingkungan #dari #rumah #intip #caranya

KOMENTAR