Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi Biasanya Menunjukkan 9 Perilaku Ini, Apakah Anda Memilikinya?
Ilustrasi kelompok yang sedang berdiskusi sambil tertawa./Sumber Foto: (Freepik/tirachardz)
17:06
20 Maret 2024

Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi Biasanya Menunjukkan 9 Perilaku Ini, Apakah Anda Memilikinya?

 

 

Kecerdasan emosional bukanlah sesuatu yang datang begitu saja; itu adalah keterampilan yang dapat diasah seiring waktu. 

Kecerdasan emosional adalah tentang memahami dan mengelola emosi Anda sendiri, sambil juga berempati dengan emosi orang lain. 

Kecerdasan emosional bak kekuatan super yang sering kali terlupakan dan tertutupi oleh kecerdasan intelektual. 

Namun, jangan tertipu. Mereka yang tumbuh dengan kecerdasan emosional yang tinggi seiring bertambahnya usia sering menunjukkan perilaku halus tertentu.Perilaku yang menunjukan kualitas kedewasaan batin mereka. 

Untuk itu, simak sembilan perilaku seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi yang cenderung ditunjukan oleh perilaku berikut, menurut laman Geediting.com, Rabu (20/3).

1. Memiliki Kesadaran Diri atau Self-Awareness

Kecerdasan emosional sangat berakar pada kesadaran diri. Ini tentang memahami emosi Anda sendiri, mengenalinya saat itu terjadi, dan memahami bagaimana mereka mempengaruhi pikiran dan tindakan Anda. 

Orang-orang yang matang dan mengembangkan kecerdasan emosional menjadi lebih peka terhadap keadaan emosional mereka. 

Mereka dapat mengidentifikasi kapan mereka merasa bahagia, sedih, marah, atau cemas dan memahami mengapa. Kesadaran ini tidak hanya meluas ke emosi mereka; ini juga termasuk kekuatan, kelemahan, nilai, dan motivasi mereka. 

Individu dengan self-awareness yang tinggi juga mampu mengenali bagaimana emosi mereka dapat mempengaruhi persepsi mereka terhadap situasi dan orang lain. 

2. Regulasi Empati yang baik dan Cenderung Tinggi

Empati, kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain, adalah ciri khas orang yang secara emosional cerdas. Ini tentang melihat segala sesuatu dari perspektif orang lain, bukan hanya Anda sendiri. 

Empati memungkinkan Anda untuk terhubung dengan orang lain pada tingkat yang lebih dalam. Ini adalah perilaku yang ditunjukkan oleh orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi saat mereka matang dan menavigasi tantangan hidup.

3. Regulasi Emosi yang Cerdas

Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi memiliki kemampuan untuk mengatur emosi mereka. Mereka tidak akan mudah dikendalikan oleh emosi negatif dan tidak akan terlena oleh emosi positif yang sementara.

Mereka juga tidak membiarkan emosi negatif menguasai mereka dan dapat menemukan cara untuk tetap tenang dan terkendali bahkan dalam situasi yang menantang.

4. Mendengarkan Aktif

Mendengarkan aktif adalah keterampilan penting bagi mereka yang cerdas secara emosional. Mereka benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan orang lain, bukan hanya menunggu giliran untuk berbicara.

Kualitas ini menandakan Anda mendengarkan kebutuhan dan emosi di balik pembicaraan dan memberikan umpan balik serta respons lebih lanjut. Hal ini karena Anda adalah peserta yang terlibat dalam percakapan, bukan hanya penonton atau pengamat pasif.

5. Berpikiran Terbuka

Orang-orang dengan kecerdasan emosional tinggi  terbuka terhadap ide-ide baru dan perspektif yang berbeda. Mereka tidak takut untuk mengubah pendapat mereka berdasarkan informasi baru.

Dengan tingginya kecerdasan emosional, datanglah keterbukaan. Orang-orang yang cerdas secara emosional terbuka terhadap ide-ide, perspektif, dan pengalaman baru. 

Mereka memahami bahwa cara mereka bukanlah satu-satunya cara. Individu ini menghargai keragaman dalam pemikiran dan pendapat.

6. Memiliki Rasa Syukur yang Tinggi

Orang yang yang cerdas secara emosional memahami nilai rasa syukur dalam hidup mereka. 

Mereka mengenali hal-hal baik dalam hidup mereka dan mengungkapkan apresiasi untuk itu, tidak peduli seberapa kecil.

7. Menerima Kritik dengan Baik dan Tidak Mudah Tersinggung

Menerima kritik adalah keterampilan yang dikuasai oleh orang-orang yang cerdas secara emosional. 

Mereka memahami bahwa umpan balik, meskipun negatif, adalah alat untuk pertumbuhan pribadi dan profesional.

8. Ketahanan Emosional Mereka Tidak Diragukan Lagi

Ketahanan emosional bukanlah tentang mengabaikan perasaan Anda atau berpura-pura semuanya baik-baik saja ketika tidak. 

Hal ini tentang menghadapi emosi Anda secara langsung dan belajar mengatasinya dengan cara yang sehat. 

Orang-orang yang berhasil membangun ketahanan emosional setelah perpisahan sering menampilkan kekuatan unik tertentu.

9. Kesadaran Sosial yang Tinggi

Kesadaran sosial adalah pemahaman tentang dinamika sosial dan bagaimana emosi dapat mempengaruhi interaksi. 

Orang yang cerdas secara emosional peka terhadap emosi orang lain dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi situasi sosial.

Frasa yang digunakan oleh orang-orang dengan kecerdasan sosial tinggi mencerminkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi dengan jelas dan mempengaruhi, mendorong, dan memenangkan orang lain. 

Itulah sembilan perilaku seseorang dengan kecerdasan emosional yang tinggi. Apakah Anda memiliki kualitas-kualitas yang disebutkan di atas?

Kecerdasan emosional adalah aset yang tak ternilai dalam kehidupan pribadi dan profesional kita. 

Dengan mengenali dan mengembangkan perilaku ini, kita dapat memperdalam hubungan kita, meningkatkan kesejahteraan emosional, dan mencapai kesuksesan yang lebih besar. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #orang #dengan #kecerdasan #emosional #tinggi #biasanya #menunjukkan #perilaku #apakah #anda #memilikinya

KOMENTAR