Tidak Mudah Dimanipulasi, Ini 10 Kebiasaan Sederhana Dilakukan Orang Cerdas, Salah Satunya Tidak Banyak Bicara
Ilustrasi orang cerdas yang terhindar dari tindakan manipulatif./(pexels.com/Lisa Fotios)
15:04
18 Maret 2024

Tidak Mudah Dimanipulasi, Ini 10 Kebiasaan Sederhana Dilakukan Orang Cerdas, Salah Satunya Tidak Banyak Bicara

 

 - Orang yang cerdas ternyata tidak hanya unggul dalam pemikiran-pemikirannya, tetapi juga memiliki kemampuan khusus untuk terhindari dari tindakan manipulatif.

Mereka memiliki kebiasaan sederhana yang tidak dilakukan banyak orang, dan inilah yang menjadi caranya untuk mempertahankan diri dari orang manipulatif.

Orang-orang yang cerdas bisa membaca sesuatu yang tersirat sehingga mampu menghindari perilaku manipulatif dari orang-orang yang berniat buruk kepadanya.

Selain itu, kebiasaan-kebiasaan sederhana lainnya dapat membantu seseorang untuk lebih kritis dalam menilai segala sesuatu.

Dengan mengikuti kebiasaan-kebiasaan orang cerdas, Anda juga bisa mempertajam intuisi dan melindungi diri sendiri dengan lebih baik.

Dilansir dari Geediting.com, Senin (18/3), berikut ini beberapa kebiasaan sederhana yang dilakukan agar terhindar dari tindakan manipulatif.



1) Selalu mengingat sesuatu

Ingatan membantu seseorang untuk bertahan hidup dengan mengenali pola. Untuk mengenali sesuatu, seseorang harus mengingatnya terlebih dahulu.

Orang yang cerdas bisa lebih mudah memeriksa ulang fakta dan informasi tentang orang lain karena mereka benar-benar mengingat apa yang dikatakan orang lain kepadanya.

Seseorang tidak akan mudah terpancing oleh tidakan memutarbalikkan fakta jika memiliki ingatan yang sangat baik.

2) Meluangkan waktu untuk mengenal orang lain

Hal ini memiliki dua manfaat untuk diri sendiri. Pertama, hal ini membantu Anda untuk tidak membuat prasangka terlalu cepat.

Kesan pertama datang begitu cepat sehingga banyak orang tidak terlalu memikirkannya. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa hal ini terjadi dalam waktu kurang dari sekejap mata.

Menahan persepsi sampai memiliki informasi yang cukup, membuat orang yang cerdas akan lebih kecil kemungkinannya untuk salah dan harus mundur.

Namun, mengambil waktu lebih lama untuk menilai seseorang juga memberikan perlindungan ekstra untuk diri sendiri.

Orang yang cerdas tidak terburu-buru dalam menjalin hubungan. Mereka butuh waktu untuk membangun kepercayaan secara perlahan sebelum membuka diri.

Ini adalah kesadaran untuk tidak mengekspos diri secara berlebihan. Kerentanan memang penting, namun harus melalui sebuah proses. Seperti yang akan selalu terlihat, intuisi perlu dipertajam.


3) Belajar dari pengalaman

Pengalaman adalah cara orang cerdas belajar dan bertumbuh. Begitulah cara mereka memperbaiki diri dan menjadi lebih baik.

Orang-orang yang pandai menilai karakter, mungkin telah belajar dengan cara yang sulit tentang kepercayaan terhadap orang lain.

Orang cerdas menggunakan informasi ini untuk menjadi lebih berhati-hati. Dengan begitu, mereka tahu tanda-tanda manipulatif di lain waktu.

Meskipun tidak ada yang senang memiliki pengalaman buruk, orang cerdas menggunakannya sebagai bahan untuk menjadi lebih bijaksana di masa depan.

4) Selalu memperhatikan

Keterampilan untuk memperhatikan sesuatu dengan detail membuat orang cerdas memperoleh isyarat dan petunjuk terkecil sekalipun.

Mereka menangkap ekspresi wajah yang dapat mengisyaratkan emosi yang ada dalam perasaan seseorang.

Mereka menganalisis bahasa tubuh untuk menentukan apakah seseorang merasa nyaman atau tidak nyaman, jujur atau mencoba menyembunyikan sesuatu.

Perhatian terhadap detail ini juga membuat seseorang lebih mudah menangkap kebohongan dan waspada terhadap manipulasi.



5) Lebih banyak mendengarkan daripada berbicara

Hal yang paling penting dilakukan oleh orang cerdas adalah menjadi pendengar yang baik dan melihatnya sebagai hal yang aktif dan bukan pasif.

Itu berarti tetap memberikan perhatian yang sama besarnya pada percakapan meskipun bukan Anda yang berbicara. Hal itu jauh lebih sulit dari yang dipikirkan.

Menjaga fokus pada apa yang dikatakan seseorang akan membantu seseorang untuk membaca yang tersirat dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang orang lain.

6) Berpikir secara kritis

Orang cerdas mampu melihat pola dan menghubungkannya, dan ini bisa menjadi penolong ketika mengetahui adanya orang lain yang manipulatif.

Mereka sadar ketika ada sesuatu yang tidak masuk akal karena selalu siap untuk mempertanyakan informasi, mencari sumber, dan mempertimbangkan dari berbagai perspektif.



7) Mengembangkan kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional tidak hanya membantu seseorang untuk lebih memahami diri sendiri, tetapi juga memberikan wawasan tentang apa yang membuat orang lain bersemangat.

Seorang yang manipulatif tidak akan mendapatkan sesuatu yang mereka harapkan karena orang yang cerdas dapat tetap tenang di bawah tekanan.

Dengan empati yang kuat, orang cerdas memahami motif orang lain, sehingga lebih mudah mengenali mereka yang berniat buruk.

8) Menggunakan kemampuan komunikasi

Seseorang yang kesulitan mengekspresikan diri, cenderung menjadi korban manipulasi.

Tidaklah cukup hanya dengan mengenali perilaku buruk di sekitar, seseorang juga harus bisa melindungi diri sendiri.
Itu berarti menetapkan batasan yang sehat dan menjelaskannya kepada orang lain.



9) Sensitif

Perasaan yang sensitif dapat memberikan keuntungan dan kerugian sekaligus bagi orang-orang yang memilikinya.

Perasaan berfungsi untuk membantu seseorang agar dapat menafsirkan pesan-pesan yang dikirimkan kepada mereka, dan beberapa di antaranya bersifat emosional.

Ketika seseorang sangat peka terhadap emosinya, mereka bisa merasakan sesuatu secara mendalam. Tindakan manipulatif akan sulit mempengaruhi seseorang yang memiliki kepekaan emosional yang baik.

10) Percaya intuisi

Orang yang manipulatif biasanya mempengaruhi orang lain dan menimbulkan keragu-raguan. Itulah sebabnya, orang-orang cerdas mempercayai diri sendiri dan penilaian pribadi.

Jadi, sulit bagi orang manipulatif untuk mempengaruhi pendapat atau tindakan mereka. Sebagian orang sering menganggap intuisi sebagai sesuatu yang mistis dan tidak masuk akal.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa intuisi jauh lebih praktis daripada itu. Intuisi yang kuat dapat memberi pengetahuan yang sulit diinterpretasikan.

Itulah sebabnya mengapa mempercayai intuisi ini dapat membantu seseorang untuk memahami situasi dengan lebih baik.

Dalam menghindari manipulasi dari seseorang yang memiliki niat jahat, orang yang cerdas telah mengantisipasinya dengan kebisaan-kebiasaan sederhana seperti itu.

Dengan mengikuti kebiasaan ini, besar kemungkinan seseorang untuk terlindung dari orang yang manipulatif dalam kehidupannya.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tidak #mudah #dimanipulasi #kebiasaan #sederhana #dilakukan #orang #cerdas #salah #satunya #tidak #banyak #bicara

KOMENTAR