6 Trik Jitu Agar Brand Lokal Raup Banyak Cuan Selama Ramadan Lewat Jualan Online, Catat Sekarang!
Ilustrasi Jualan Online (Freepik)
13:30
18 Maret 2024

6 Trik Jitu Agar Brand Lokal Raup Banyak Cuan Selama Ramadan Lewat Jualan Online, Catat Sekarang!

Indonesia selama ini dikenal sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Data The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) umat Muslim di Indonesia mencapai 86,7% dari seluruh populasi nasional (RISCC, 2023) atau setara dengan 240,62 juta jiwa. 

Situasi ini menjadi pangsa pasar menarik, terutama bagi para brand lokal. Meski demikian, untuk menjangkau konsumen dan memenuhi kebutuhan mereka, brand dan penjual lokal perlu memahami strategi yang tepat, terutama dalam menggunakan platform belanja online. 

“Sebagai seorang pemilik brand ataupun penjual di platform online, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari performa toko kamu dan menggunakan data penjualan yang bisa didapatkan secara real time untuk dijadikan referensi penyusunan strategi bisnismu. Khususnya di bulan Ramadan ini, jadikanlah momentum ini kesempatan untuk boost trafik toko dan memicu perkembangan bisnis hingga setelah Lebaran nanti,” kata Rika Yeo, seorang mentor bersertifikasi LazStar Trainer dan juga pemimpin komunitas penjual Lazada atau City Leader, dalam keterangannya.

Ilustrasi jualan online (Pexels/Kampus Production)Ilustrasi jualan online (Pexels/Kampus Production)

Berikut ini beberapa jurus jitu dari Rika agar performa bran lokal bisa raup cuan maksimal di platform Lazada!

1. Pelajari performa omset dan produk toko kamu

Gunakan dasbor Seller Center di platform Lazada untuk mengakses fitur Bisnis Analis dan menentukan target dengan tingkat omset saat ini. Selain itu, kamu juga bisa melihat rekomendasi produk yang cocok untuk dipromosikan di toko kamu, yang dihasilkan dari prediksi analitis berbasis AI yang ada di fitur Bisnis Analis. 

2. Gunakan promo dan diskon khusus bulan Ramadan

Fitur promo dan diskon menjadi daya tarik yang kuat untuk mendorong pembeli check out produk kamu, apalagi dengan penawaran promosi eksklusif selama bulan Ramadan, seperti hampers dan bundling produk. Jangan lupa untuk gunakan promo gratis ongkir dan voucher toko yang tersedia di Lazada!

3. Perhatikan kebutuhan pembeli dan tren produk di bulan Ramadan

Bulan Ramadan cocok dijadikan momen berbagi dengan kerabat atau sahabat tercinta. Rika menemukan bahwa bulan Ramadan memicu masyarakat untuk mencari produk-produk yang lekat dengan kata ‘kebersamaan’ seperti takjil dan kurma, ‘berbagi’ seperti parsel, hampers Ramadan, dan sembako, dan ‘lebih baik’ yaitu kosmetik, pakaian Muslim, peralatan salat serta perlengkapan rumah tangga.

4. Sesuaikan strategi penjualan dengan perilaku belanja konsumen

Setelah kamu mengetahui produk apa saja yang sedang dibutuhkan oleh konsumen, pastikan kamu sesuaikan strategi seiring dengan perubahan tanggal selama bulan Lebaran. Misalnya, di minggu pertama kamu fokus untuk mempromosikan kategori fesyen seperti gamis atau baju koko, kemudian di minggu kedua kamu fokus untuk mempromosikan kategori elektronik seperti ponsel hingga laptop.

Targetkan promosi untuk produk terlaris kamu di minggu-minggu terakhir jelang Lebaran untuk performa penjualan yang lebih baik mengingat adanya pencairan Tunjangan Hari Raya (THR).

5. Fokus pada penjualan produk populer di tokomu dan produk yang tren di masa Ramadan 

Lebih baik fokus menerapkan strategi untuk produk yang populer demi memaksimalkan keuntungan. Untuk mempromosikan produk populer tersebut, Rika merekomendasi empat langkah yaitu: gunakan fitur promosi kampanye Lazada, memasang harga yang kompetitif, pastikan stok produk cukup untuk menjawab kebutuhan konsumen, dan tingkatkan minat konsumen dengan diskon dan fitur gratis ongkir.

6. Terapkan layanan bintang lima bagi pembeli

Selama kamu bisa menjaga layanan toko yang konsisten dan memuaskan, kamu bisa mendapatkan loyalitas dari pelanggan kamu! Rika menerapkan 4 Langkah Service Bintang 5, yaitu memiliki customer service yang responsif, pastikan pengiriman dan penanganan pesanan yang cepat, ajak pembeli untuk aktif memberi saran untuk brand, dan terus menjaga interaksi dengan pembeli agar tidak gampang lupa dengan brand kamu.

Sebagai informasi, laporan dari Google bertajuk Recharge, Reconnect, Celebrate: Consumer Insights for Successful Ramadan 2024 Campaigns menunjukkan jumlah masyarakat yang berbelanja meningkat hampir 2 kali lipat dibandingkan saat tanggal kembar. Brand dapat memanfaatkan Ramadan  Sale 8 Maret – 8 April 2024 yang akan segera diluncurkan untuk memaksimalkan daya jual brand lokal di platform Lazada selama satu bulan penuh keberkahan. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #trik #jitu #agar #brand #lokal #raup #banyak #cuan #selama #ramadan #lewat #jualan #online #catat #sekarang

KOMENTAR