7 Hal Ini Sangat Dibenci INFJ hingga Mengakibatkan Sakit Fisik, Salah Satunya Ketidakpastian dalam Hubungan
Ilustrasi orang INFJ yang membenci ketidakpastian dalam hubungan. (pexels.com/pixabay)
08:04
17 Maret 2024

7 Hal Ini Sangat Dibenci INFJ hingga Mengakibatkan Sakit Fisik, Salah Satunya Ketidakpastian dalam Hubungan

 

- INFJ merupakan kepribadian yang jumlahnya paling sedikit jika dibandingkan 15 kepribadian lainnya berdasarkan MBTI. Oleh karena itu, kepribadian ini tergolong unik dan langka.

Karakter INFJ cenderung introspektif dan sensitif terhadap perasaan orang lain. Mereka memiliki intuisi yang kuat dan seringkali mampu membaca sesuatu yang tersembunyi dalam interaksi sosial.

Karena kekuatan intuisi dan perasaannya yang sensitif, INFJ juga tidak menyukai beberapa hal yang mungkin dianggap wajar oleh orang lain.

Sesuatu yang tidak mereka sukai dapat membuatnya merasa stress, tidak nyaman, bahkan mengalami rasa sakit pada fisiknya.

Namun, hal-hal yang sangat dibenci oleh INFJ ini bukan berarti harus dihindari jika ingin berinteraksi dengan mereka.

Dikutip dari laman Introvert Dear pada (16/01/24), berikut ini 7 hal yang sangat tidak disukai oleh INFJ.



1. Manipulasi dan Kebohongan

Tidak ada orang yang suka dimanipulasi atau ditipu, dan hal ini terutama berlaku untuk INFJ.

Kemampuan mereka untuk membaca orang lain dengan baik sering kali membuat mereka memiliki perasaan intuitif yang kuat ketika seseorang tidak jujur.

Sulit untuk menyembunyikan sesuatu dari INFJ. Mereka sering kali idealis dan bangga mempertahankan standar moral yang tinggi.

Mereka berusaha untuk menjadi sejujur mungkin dengan orang lain. Oleh karena itu, mereka merasa sangat sedih ketika orang lain memilih untuk bertindak tidak jujur atau tidak bermoral.

2. Konflik

Argumen, ketegangan, dan drama bisa sangat menyusahkan bagi seseorang dengan kepribadian INFJ karena mereka cenderung sangat sensitif dan berempati.

Konflik semacam itu tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan emosional tetapi juga dapat membuat mereka merasa tidak sehat secara fisik.

Hal ini terutama terjadi saat bertengkar dengan orang yang mereka cintai atau di tengah-tengah ketegangan yang tak kunjung terselesaikan dalam suatu hubungan.



3. Berdebat Tanpa Solusi

Kebanyakan orang tidak menyukai konflik, tapi bagi introvert yang sensitif seperti INFJ, konflik dapat menjadi hal yang membuat mereka sangat kewalahan.

INFJ benar-benar membenci seseorang yang sering meremehkan perasaan dan mengkritik pernyataannya, atau berargumen tanpa alasan yang jelas. Bahkan, mereka bisa menjauhdari orang-orang seperti itu.

INFJ mencari keharmonisan dalam hubungan mereka. Jadi tidak heran jika mereka juga berani meng cut off hubungan dengan orang lain yang tidak sejalan.

Mereka membutuhkan cinta, dukungan emosional, dan merasa diterima oleh orang-orang terdekat.

4. Kekacauan dan Ketidakpastian

INFJ sangat jarang melakukan sesuatu dengan spontan. Mereka berkembang dengan keteraturan dan melakukan yang terbaik ketika mempersiapkan acara, percakapan, dan situasi yang akan datang.

Dalam lingkungan atau hubungan yang kacau dan tidak dapat diprediksi, INFJ mungkin berjuang untuk bertahan tetapi mengalami stres yang terus-menerus.

Mereka mungkin tidak selalu dapat menunjukkan dengan tepat apa yang sebenarnya mengganggu perasaan mereka.

Namun, kekacauan dan ketidakpastian terutama dalam hubungan dekat, biasanya lebih membuat mereka tertekan karena kebutuhan sifatnya yang introvert.



5. Kritik yang Terlalu Keras

INFJ menemukan kenyamanan dan dorongan melalui kata-kata yang positif dan membangkitkan semangat mereka.

Di sisi lain, kata-kata negatif atau kritis dapat memberikan pengaruh yang luar biasa bagi mereka. Terkadang, mereka memikirkan komentar-komentar negatif dan keras dalam waktu yang lama.

Mereka memahami pentingnya kritik dan saran yang membangun. Namun, cara penyampaian hal tersebut menjadi sangatlah penting bagi INFJ.

Mereka sangat tidak nyaman dengan kritik yang kasar, bertubi-tubi, atau menuduh. Mereka lebih menyukai saran yang disampaikan dengan cara yang lembut dan penuh perhatian.

6. Tidak Diperhatikan dan Dimengerti

INFJ biasanya sangat teliti dan memiliki kemampuan yang tajam untuk memahami orang lain. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan ini.

Ketika orang lain terlihat tidak peduli, atau ketika seseorang bersikap kasar atau kejam, hal ini sangat mengganggu individu INFJ.



7. Mengetahui Hal-Hal Umum Saja

INFJ selalu ingin menyelami segala sesuatu lebih dalam. Mereka ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam pikiran orang lain. Itulah mengapa mereka tidak terlalu menyukai hal-hal yang sudah umum.

Mereka bisa menyadari ketika seseorang mengatakan semuanya baik-baik saja, mungkin ada sesuatu yang ditutupi, dan itu bukan kebenarannya.

Karena kepekaan dan empati mereka, INFJ sering kali dapat membaca sesuatu yang ada di balik topeng yang dikenakan kebanyakan orang. Mereka biasanya menunggu dengan sabar sampai orang lain membuka diri.

Terkadang, mereka mencoba untuk mempercepat proses ini dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana. INFJ akan merasa kesulitan jika orang lain tidak mengizinkannya masuk lebih jauh.

Demikianlah 7 hal yang sangat tidak disukai oleh individu INFJ. Jika ingin berinteraksi dengan mereka, ada baiknya untuk menggunakan cara-cara yang lembut karena sifatnya yang sangat sensitif.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sangat #dibenci #infj #hingga #mengakibatkan #sakit #fisik #salah #satunya #ketidakpastian #dalam #hubungan

KOMENTAR